√ Cara Mengatasi Jalak Suren Mabung Agar cepat Tuntas Dan Berhasil

mabung atau moulting - akan terjadi pada setiap burung kicau bahkan pada jenis hewan unggas lainnya. sebab mabung ialah suatu proses pergantian bulu lama dengan yang baru.

setiap burung akan mengalami proses mabung dengan waktu yang berbeda-beda.

seperti halnya pada burung jalak suren juga akan mengalami proses mabung yang pertama kalinya yaitu pada usia 4 hingga 5 bulan.

selama burung jalak suren mengalami proses mabung, maka kita dianjurkan untuk bisa merawatnya dengan baik dan benar, agar proses mabung bisa segera tuntas.

Rekomendasi:
√ Cara Memaster Jalak Suren Menggunakan MP3 Dengan Baik Dan Benar


jika perawatan pada burung jalak suren yang anda berikan tidak baik dan tidak benar, maka bisa menyebabkan berdampak negatif pada burung jalak suren tersebut. misalnya proses mabung akan menjadi sangat lama, dan proses munculnya bulu baru tidak kunjung tumbuh dll

di pembahasan artikel ini saya akan menjelaskan perawatan mabung pada burung jalak suren agar tidak terjadi hal-hal buruk pada burung peliharaan anda tersebut.

Cara Merawat Burung Jalak Suren Mabung

Ketika burung jalak suren mengalami mabung maka pada umumnya akan jarang berkicau, dikarenakan burung jalak suren tersebut akan mengumpulkan energi dan fokus dengan bulunya agar cepat tumbuh dan segera tuntas.

jalak suren yang sedang mabung akan di tandai dengan banyaknya bulu-bulu halus yang berserakan di dalam sangkar. maka pada saat itulah anda harus merawat burung jalak suren tersebut dengan baik dan benar.

pada proses mabung juga bisa mengalami kegagalan ketika proses sedang berlangsung dengan di tandai : pertumbuhan bulu yang sangat lama sekali seperti macet mabung, atau tumbuh bulu hanya setengah saja, bulu baru tidak kunjung tumbuh memanjang, dll

sebab lainnya juga bisa berdampak negatif apabila mabungnya tidak segera tuntas atau mengalami kegagalan seperti kondisi kesehatan burung semakin menurun, bulu yang tumbuh akan kembali rusak, bulu mabung ngeriting, bulu yang tumbuh terus menerus nyulam dengan ditandai rusaknya bulu-bulu baru.

di bawah ini akan saya jelaskan cara perawatan yang  baik dan benar ketika burung jalak suren sedang mengalami mabung.

1. pemberian multivitamin
berikanlah multivitamin untuk burung jalak suren yang sedang mengalami proses mabung tersebut agar burung jalak suren tetap vit ketika proses mabungnya sedang berlangsung.

sebab keadaan burung jalak suren pada saat mabung akan di tandai dengan banyak diam dan jarang berkicau. selain hal tersebut, burung jalak suren akan mengalami penurunan kondisi badannya dan kurang vit disebabkan banyaknya mengumpulkan energi untuk memunculkan dan menuntaskan bulu yang akan muncul.  

2. kerodong kandang
pada saat burung jalak suren mengalami mabung, maka tidak di anjurkan untuk menjemur kandang di tempat yang panas dan kering.
sebab suhu yang dibutuhkan jalak suren pada saat mabung ialah kondisi yang sejuk atau lembab agar mempercepat proses rontoknya bulu-bulu lama.

selain hal tersebut juga anda harus memberikan kerodong pada kandang agar berisitirahat dan mempercepat proses mabungnya.

3. jauhkan dari burung lain
hal ketiga yang harus anda lakukan pada saat burung jalak suren mengalami mabung ialah dengan mengasingkan atau memisahkan dari burung-burung lain yang mempunyai suara kicau yang kencang dan keras. sebab untuk menghindari burung jalak suren tersebut ikut berkicau yang mengganggu proses mabungnya.

energi yang keluar pada saat berkicau akan membuat proses mabungnya semakin lama. jadi anda harus jauhkan burung jalak suren tersebut dengan jenis burung lainnya.

4. penjemuran di pagi hari
jika penjemuran burung jalak suren diperlukan, maka anda cukup menjemur di pagi hari saja sekitar jam 07.00 sampai dengan jam 07.30.
penjemuran pada jarak suren yang mengalami mabung tidak boleh lama, sebab akan menghambatnya proses mabung tersebut.

berikan penjemuran maksimal setengah jam saja untuk mendapatkan vitamain D dari sinar matahari.

5. jaga kebersihan kandang
pada saat jalak suren mengalami proses mabung, maka anda harus tetap menjaga kebersihan kandang selama 2x dalam seminggu agar kondisi kandang tetap terjaga. sebab fases atau kotoran yang menumpuk akan menyebabkan berkembang biaknya parasit dan bakteri, dan bisa menyebabkan terganggunya jalak suren yang sedang mengalami proses mabung.

6. hentikan pemandian pada jalak suren mabung
pada saat mabung, anda tidak diperkenankan untuk memandikan burung jalak suren tersebut, sebab akan mengganggu proses munculnya bulu-bulu baru pada burung mabung.
sebaiknya anda memberikan pemandian pada saat mabung sudah selesai.

7. tambahkan makanan
proses mabung akan memerlukan energi yang sangat banyak untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya. maka pada saat mabung tersebut, anda harus memberikan pakan 2x lebih banyak daripada hari biasanya.

misalnya : jika pada hari biasanya anda memberikan jangkrik 3 ekor sehari, maka ketika sedang mengalami masa mabung anda bisa memberikannya 6 ekor jangkrik setiap harinya.

8. hindari pemberian suplemen peningkat birrahi pada burung
pada saat burung mengalami masa mabungnya, baik yang pertama kali ataupun yang kedua kali. maka anda tidak diperkenankan untuk memberikan makanan suplemen peningkat birahi jalak suren tersebut. sebab pemberian suplemen peningkat brrahi akan menyebabkan rontoknya kembali bulu-bulu halus yang akan mulai tumbuh.

9. pemasteran
pada saat jalak suren mengalami masa mabung, maka waktu yang sangat tepat sekali untuk melatih pemasteran agar menghasilkan suara yang panjang dan gacorr.
sebab pada saat mabung tersebut, burung jalak suren akan banyak diam dan istirahat, bahkan ketika proses mabung ini berlangsung bisa lebih fokus dengan suara yang didengarkanya.

nah itulah penjelasan terkait cara mengatasi mabung pada jalak suren agar cepat tuntas dan kembali ngoceh kembali.
semoga bermanfaat.

Posting Komentar