√ Cara Ternak Jalak Suren Untuk Pemula Agar Sukses Dan Berhasil

Burung jalak suren adalah salah satu jenis burung yang sudah banyak di pelihara oleh banyak orang, sebab burung jalak suren merupakan jenis burung yang eksotis dan banyak penggemarnya.
selain hal tersebut, burung jalak suren juga termasuk burung yang sering di lombakan.

adapun orang yang membudidayakan burung jalak suren ini guna untuk mendapatkan keturunannya. 
dikarenakan pada saat ini keberadaan jalak suren sudah jarang ditemukan di alam bebas, oleh karena itu dengan membudidayakannya maka akan tetap ada keberadaan dari burung jalak suren ini.

Rekomendasi:
√ Penyebab Jalak Suren Macet Bunyi Dan Cara Jitu Mengatasinya..


Cara Ternak Burung Jalak Suren

Di pembahasan kali ini, saya akan mengulas cara membudidayakan burung jalak suren guna untuk tetap melestarikan habitatnya agar tetap terjaga keberadaanya.

1. Memilih Calon Indukan
langkah pertama yang harus anda lakukan ialah memilih calon indukan, pada umur jalak suren yang siap produktif ialah berusia 1 tahun hingga 2 tahun.

pastikanlah anda memilih calon indukan yang sehat, mempunyai stamina yang baik, dan juga tidak terkena penyakit apapun. agar pada saat proses produksinya tidak mengalami kendala apapun.

2. pastikanlah burung jalak suren tersebut betina dan jantan
hal terpenting ialah anda harus menentukan kualitas dan juga bisa membedakan antara burung jalak suren betina dan jantan, sebab jika anda salah membedakannya maka akan gagal untuk membudidayakannya.

untuk cara membedakannya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, silakan anda cek postingan tersebut untuk mengetahui cara dan langkah-langkah untuk membedakannya.

3. Membuat Kandang Penangkaran Jalak Suren
langkah kedua ialah dengan membuat kandang penangkaran untuk beternak jalak suren.
untuk pemilihan kandang jalak suren pastikan mempunyai kandng yang berukuran 90-100cm (lebar depan) x 90-160 cm (panjang kebelakang) x 180-250 ( tinggi kandang ).

4. Siapkan tempat untuk bertelur
setelah kandang sudah dibuat maka selanjutnya yaitu anda harus menyiapkan dan menempatkan tempat untuk bertelur, yaitu seperti kotak atau glodok yang bisa di gunakan untuk menempatkan telur burung pada saat berproduksi, dan siapkan juga bahan-bahan sarang pada umumnya ialah seperti serabut kelapa, rumput teki yang sudah mengering, dan juga bisa menggunakan jerami.


- jika anda bisa membuat kotak sarang burung jalak suren maka pembuatannya bisa menggunakan lempengan kayu atau bisa juga dengan triplek, dibuat kotak dan agak sedikit besar. mempunyai pintu kotak di depan sarang tersebut.

- untuk kotak sarang atau glodok, anda juga bisa dapatkan dengan membeli di pasar satwa atau toko hewan dengan harga yang murah.

5. Cara Menjodohkan Jalak Suren
setelah anda menyiapkan kandang ternak untuk burung jalak suren, maka selanjutnya kedua burung tersebut dimasukan kedalam kandang yang terpisah, usahakan jangan sampai dimasukan kedalam 1 ruangan kandang secara bersamaan, sebab akan menyebabkan perkelahian antara jantan dan betina tersebut.
namun anda bisa menggunakan sekat atau pembatas pada kandang tersebut.


Cara Menjodohkan Burung Jalak Suren 

perhatikan langkah-langkahnya:
>  Tempatkan calon indukan ke dalam kandang yang terpisah dan letakkan sekat di antara kedua kandang tersebut.
>  Aturlah posisi wadah pakan dalam sangkar dengan jarak yang berdekatan atau berhadapan.
>  Aturlah posisi tempat tangkringan burung searah dengan garis lurus dan berdekatan.
>  Tunggulah dalam beberapa hari, Apabila terdengar suara kicauan yang terdengar saling bersahutan dan ketika tidur telah mulai berdekatan, itu tandanya sudah mulai berjodoh.

setelah terlihat berjodoh, maka lepaskanlah sekat kandang tersebut agar burung jantan dan betina bisa menjadi satu kandang.

perhatikan : bahwa burung jalak suren yang telah mengenal dan tidak menyerang diantara keduanya tersebut, belum tentu kedua burung jalak suren tersebut sudah jodoh.
jika keduanya terlihat ada yang menyerang, maka lakukan segera di semprot menggunakan sprayer ke tubuh burung jalak suren tersebut dan pisahkan kembali.

jika cara penjodohan belum berhasil, maka lakukan sekatan pembatas pada kandang tersebut agar terpisah kembali.
ulangi masing-masing cara tersebut dengan mebatasi/sekatan kandang selama 5 hari agar penjodohan lebih maksimal.

langkah selanjutnya:
- ketika kedua jalak suren tersebut sudah terlihat berjodoh, maka selanjutkan tempatkan jalak suren yang betina pada tempat kandang jantan. dan biarkan agar kedua burung jalak suren tersebut saling mendekati.

- pada sore hari adalah waktu yang tepat untuk menggabungkan antara burung jalak suren betina dan jantan, sebab malam hari wktu yang di gunakan untuk beristirahat sehingga keduanya akan tidur bersamaan di tangkringan tersebut.

- jika sudah berjodoh dan menandakan perkawinan maka anda di tandai dengan burung jalak suren baik betina ataupun jantan akan mencari bahan sarang untuk bertelur di dalam glodok atau tempat kotak yang sudah disediakan.

Pakan untuk budidaya Jalak Suren
pakan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk pembudidayaan burung jalak suren, sebab pakan yang harus anda jaga agar berternak dengan maksimal.

selain makanan harian yang biasa anda berikan, maka anda juga memberikan makanan tambahan untuk penunjang birrahi pada burung  jalak suren tersebut.

untuk pakan VOER pilihlah voer yang berkualitas baik dan mempunyai sumber protein yang baik untuk kedua burung jalak suren tersebut.
selain voer anda bisa memberikan makanan ekstra fooding seperti ulat hongkong, jangkrik, pisang kepok dan juga ektra fooding lainnya.

jika proses perkawinan antara jantan dan betina berhasil maka jalak suren betina akan bertelur di glodok atau tempat kotak yang sudah disediakan dalam kurun waktu 14 hari setelah perkawinan.

nah itulah cara berternak burung jalak suren agar cepat berproduksi.
semoga bermanfaat.

Posting Komentar