√ Keunikan Burung White Throated Dipper Yang Mampu Menerjang Arus Sungai

Jenis burung yang ada di alam jumlahnya sangatlah banyak, Mereka mempunyai karakter tersendiri, ciri khas, dan juga keunikan yang berbeda-beda. 

Berbagai jenis burung yang tersebar di alam, ternyata ada jenis burung yang memiliki keterampilan yang sangat unik.

Memang tidak semua jenis burung memiliki keterampilan berenang serta berlangsung lama di dasar sungai.

Akan tetapi, jenis burung yang akan kita bahas memiliki keunikan dan karakter yang menarik untuk di bahas, yaitu White Throated Dipper, ia jenis burung yang memiliki kemampuan untuk berenang dengan lincah, bahkan bisa melakukannya di sungai yang berarus deras sekalipun.

White Throated Dipper

Keunikan Burung White Throated Dipper

Burung ini diketahui sering menghabiskan waktunya hanya untuk bermain-main di aliran sungai, Seperti halnya burung cekakak atau tengkek udang.

Walaupun jenisnya berbeda, akan tetapi kedua spesies ini memiliki persamaan Diantaranya yakni untuk mencari makanan yang ada di dalam air.

Namun berbeda halnya dengan burung cekakak, burung White Throated Dipper ini justru akan berenang serta berlangsung lama di dasar sungai yang mempunyai arus deras.

Burung white throated dipper ini akan menggunakan kakinya serta kedua unsur bagian sayapnya untuk mengejar mangsa.

Daerah persebaran jenis burung White Throated Dipper ini dapat dijumpai diberbagai wilayah, di antaranya Eropa, Asia Tengah, India, dan Timur Tengah.

Perilaku Burung White Throated Dipper

Umumnya, berbagai jenis burung akan menghabiskan waktunya hinggap di dahan dan ranting pohon, Namun jenis burung White Throated Dipper ini justru menghabiskan waktunya hanya untuk bermain-main di air sungai.

Hal ini disebabkan karena burung white throated dipper sarangnya berada di celah-celah bebatuan yang ada di sekitar sungai. 

Burung ini terkadang menyusun sarang yang ada di batang pohon yang terbawa oleh arus serta tersangkut di tepian sungai.

Oleh sebab itu, tak heran jika jenis burung White Throated Dipper ini memiliki keterampilan berenang dan juga bisa berjalan di aliran sungai yang sangat deras.

Bahkan, burung White Throated Dipper (Cinclus cinclus) seringkali terlihat masuk ke dalam aliran arus air sungai yang deras untuk mengamankan dirinya apabila terlihat oleh predator lain yang hendak menyerangnya.

Dengan kelincahannya, semua predator akan merasa lengah untuk menyerang jenis burung tersebut karena perilakunya yang unik masuk kedalam arus sungai.

Burung White Throated Dipper ini seringkali dijuluki sebagai burung akuatik.

Burung white throated dipper seringkali mencari pasangannya yang ada di dekat aliran sungai.

Burung-burung ini akan membuat dan merangkai sarangnya tepat di celah-celah batu yang ada di sekitar sungai. 

Terkadang sepasang burung white throated dipper ini akan membuat sarangnya disebuah batang pohon atau tumpukan ranting yang terbawa oleh arus.

Dan pada saat dirinya merasa terganggu oleh predator yang hendak memangsanya, maka burung ini akan segera masuk ke dalam air untuk menyelamatkan diri.

Jenis Burung White Throated Dipper ini mempunyai perilaku yang sangat unik yaitu paling gemar menghabiskan waktunya dan bertengger di atas bebatuan yang ada di pinggir dan di tengah sungai. 

Perilakunya pada waktu mencari makanan ini juga dapat dikatakan hampir sama dengan tengkek udang yang mencemplungkan tubuhnya ke dalam air untuk menciduk mangsanya.

Keunikan dari jenis burung white throated dipper ini yakni burung ini akan tetap terlihat santai meskipun aliran air sungai sangat deras. 

Bahkan, Burung ini malah tetap asyik dan santai untuk mencari ikan-ikan kecil di sekitaran aliran sungai.

Tak hanya itu saja, burung ini juga seringkali mencemplungkan diri ke dalam aliran sungai sambil berjalan-jalan di dasar sungai. 

Meskipun terkadang tubuhnya sempat terseret oleh aliran sungai, burung ini akan tetap menerjang derasnya aliran air sungai.

Kemampuan yang dipunyai oleh burung Jenis White Throated Dipper ini tidak hanya berenang saja. Akan tetapi, burung ini juga mempunyai suara kicauan yang terdengar cukup merdu.

Kicauan yang sering dikeluarkan dari burung ini dipakai untuk memikat pasangan. 

Burung ini akan terus berkicau dan menari agar lawannya terpikat dan terpukau.

Posting Komentar