√ Cara Melatih Burung Trucukan Makan Voer (Pur)

Burung Trucukan ialah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki banyak variasi dan ropel. Selain itu burung trucukan juga memiliki gaya khas yang biasa disebut dengan trucukan nggaruda.

Sebagian besar para pecinta burung trucukan lebih suka membeli yang masih anakan atau bakalan. Meskipun terlebih dulu harus di latih makan voer.

Masalah utama yang harus anda atasi pada saat anda membeli burung trucukan anakan ialah, burung trucukan tersebut belum mengenal jenis pakan kering atau voer.

Sudah banyak penggemar pemula burung trucukan yang langsung diberikan berupa pakan voer kepada burung trucukan anakan tersebut tanpa diberikan pakan tambahan EF yang lainnya.

Oleh sebab itu, burung trucukan yang masih anakan dan baru saja dibeli tentu belum mengenal jenis pakan voer, sehingga burung tersebut pasti tidak akan mau makan karena belum terbiasa.

Apabila pemberian pakan berupa voer terus anda lanjutkan, pastinya burung trucukan tersebut akan merasa kelaparan, mudah terserang oleh penyakit, dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Agar burung trucukan tersebut mau makan voer, terlebih dahulu anda harus melatihnya untuk makan voer. baik itu dengan cara menggunakan serangga ataupun dengan cara pemberian buah buahan.


Cara Melatih Trucukan Makan Voer

Karena burung trucukan termasuk salah satu jenis burung pemakan buah, berikanlah buah pisang dan potong menjadi setengah bagian.

Kemudian Ambilah setengah bagiannya lagi dalam bentuk yang kecil-kecil. Setelah itu anda bisa masukan potongan buah pisang tersebut kedalam wadah pakan.

Selanjutnya, Ambilah setengah sendok makan voer ataupun menggunakan voer ayam, kemudian campurkanlah voer tersebut kedalam cepuk yang sudah berisi potongan pisang. Aduklah hingga buah pisang dan voer tersebut tercampur merata.

Rekomendasi:
√ Manfaat Kandungan Jahe Untuk Burung Trucukan Agar Cepat Gacor

Untuk memancing burung trucukan anda supaya mau makan voer, anda juga bisa menaburkan sedikit kroto diatas campuran buah pisang dan juga voer tadi. Dan jangan lupa untuk menempatkan kroto di bagian paling atasnya.
.
Sebaiknya, Anda memberikan makanan seperti ini setiap hari. Untuk mempercepat proses pelatihan, sebaiknya setiap 2 hari sekali anda berikan dengan cara perbandingan antara pisang dan voer. Caranya ialah mengurangi porsi buah pisang secara bertahap dan porsi voer-nya harus terus bertambah.

Apabila burung trucukan tersebut sudah terbiasa, cepuk pakan boleh hanya diisi voer saja.

Selama anda melatih burung trucukan agar mau makan voer, sebaiknya anda berikan pakan tambahan yang lainnya juga. Misalnya seperti jangkrik dan juga berupa ulat hongkong. Tujuannya ini ialah supaya burung trucukan yang anda pelihara tersebut memiliki energi yang cukup dalam aktivitasnya sehari-hari.

Cara melatih burung trucukan makan voer menggunakan ulat kandang

Ulat kandang juga salah satu makanan favorit burung pemakan serangga yang masih anakan.

Ulat kandang bisa anda beli dengan harga yang relatif murah serta ketersediaannya juga cukup banyak dipasaran.

Agar burung trucukan mau makan voer, anda bisa memberikannya dengan ulat kandang yang dicampurkan dengan voer setiap hari.

Namun perlu di ingat, dari hari ke hari jumlah ulat kandang yang dicampurkan dengan Voer harus dikurangi porsinya sehingga burung tersebut menjadi terbiasa makan voer.


Cara melatih burung trucukan makan voer menggunakan Kroto

Cara melatih burung trucukan agar mau makan voer yang paling cepat ialah dengan cara mencampurkan kroto dengan voer yang sudah dibasahi. Kemudian aduk hingga merata.

Selanjutnya anda bisa memberikan di setiap harinya dalam porsi kroto dikurangi, hingga burung tersebut mau makan voer yang masih basah.

Dan setelah burung trucukan mau makan voer yang basah, maka lama kelamaan burung trucukan milik anda tersebut akan mau makan voer yang kering.

Namun perlu di ingat, langkah seperti ini mempunyai kelemahan. Sebab adonan campuran pada kroto dan voer yang basah cepat basi. Maka dari itu, anda harus menggantinya setiap siang hari dengan adonan yang baru supaya burung trucukan peliharaan anda tidak terserang oleh berbagai macam penyakit.

Posting Komentar