√ 8 Cara Mencetak Lovebird Konslet, Lengkap dengan Cara Perawatan Dan Settingan-Nya

Dalam Perawatan Lovebird, umumnya ada 2 tipe Lovebird yang paling disukai oleh kicaumania, yaitu jenis Lovebird Konslet dan jenis Lovebird Fighter.

Lovebird Konslet memiliki kondisi fisik yang sangat bagus dan mau menampilkan perform maksimal saat pertama kali naik ke gantangan. Selain itu, Lovebird Konslet ini juga memiliki durasi ngekeknya yang sangat panjang tanpa jeda hingga selesai penilaian juri.

Lovebird yang mampu ngekek panjang sangat digemari oleh penghobi Lovebird. Apalagi Lovebird Konslet yang mau ngekek panjang lebih dari 1 menit hingga 2 menit. Lovebird yang seperti ini sangat di cari-cari oleh para kicaumania.

Namun, untuk cara mencetak Lovebird Konslet tidaklah mudah, sebab diperlukan perawatan khusus. Semua orang mungkin saja mempunyai cara-cara yang berbeda. Namun, inti dari semua cara yang di lakukan ialah sama, yakni agar Lovebird Konslet sejak usia dini.

Rekomendasi:
√ 5 Cara Membuat Ramuan Pakan Lovebird Konslet, Lengkap Dengan Resep Dan Cara Membuat-Nya

Jadi, Anda bebas untuk memilih perawatan Lovebird Konslet yang mana saja, asalkan settingan Lovebird peliharaan Anda cocok dengan perawatannya.

Langkah Awal Untuk Mencetak Lovebird Konslet

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan untuk mencetak Lovebird konslet ialah melakukan perawatan yang baik dan benar, sehingga peluang untuk menjadi juara lomba sangat besar.

Jadi, cara untuk mencetak Lovebird Konslet tidak hanya didukung oleh potensi burung sejak menetas, namun cara perawatannya yang membuat Lovebird anda bisa ngekek panjang.

Dengan melakukan perawatan Lovebird yang baik tentu efeknya sangat luar biasa. Berbeda dengan Lovebird Konslet karena keturunan. biasanya Lovebird keturunan memang mendapatkan kemampuan dari indukannya Dan tidak sebagus Lovebird yang dilatih dengan cara perawatan harian yang tepat.


Cara Membuat Lovebird Konslet

1. Cara Perawatan Lovebird Konslet

Tips dalam cara merawat Lovebird agar Konslet yang mampu menghasilkan suara ngekek panjang adalah, perawatan yang konsisten dan tekun. Pastikan Bahwa Anda tidak sering mengubah-ubah metode perawatan sehari-harinya agar Lovebird tidak bingung.

Pertama Lovebird bisa dimandikan setiap harinya sekitar jam 06.00 pagi, kemudian dianjutkan dengan penjemuran. Nah, Untuk metode penjemurannya ini, Lovebird jangan dijemur langsung di panasnya terik matahari. Tetapi, biarkan dulu Lovebird merapikan bulu-bulunya, kemudian boleh dijemur atau bisa juga dibiarkan bulu-bulunya mengering tertiup angin.

Untuk proses penjemurannya dilakukan agar bulunya tidak rusak. Sedangkan untuk waktunya ialah sekitar 1 sampai 2 jam saja atau boleh dijemur sebelum jam 10 siang.

Perawatan Lovebird agar bisa Konslet yang seperti ini sangat penting dilakukan untuk mengatur tingkat birahinya agar tetap tinggi tapi tidak keluar batas. Lovebird yang memiliki birahi tinggi sangat bagus untuk di ikutsertakan dalam lomba, tetapi kalau birahinya terlalu tinggi justru malah tingkahnya tidak karuan.

Jika Burung Lovebird masih muda atau masih anakan, penjemurannya sekitar 30 menit saja, sebab Lovebird paud biasanya memiliki tingkat birahi yang cukup tinggi.

Nah, Untuk settingan Lovebird hariannya setiap jam 11 siang Lovebird diangin-anginkan di tempat yang teduh sampai sore hari. Proses ini bisa anda lakukan di teras rumah atau bisa juga disamping rumah yang udaranya sejuk.

Kemudian, pada pukul 17.30 sore, burung Lovebird dimandikan. Mandi ini sifatnya opsional saja, bisa dilakukan bisa tidak. Setelah dimandikan, burung Lovebird dimaster sambil tidur hingga esok harinya.

2. Makanan Lovebird

Untuk mencukupi asupan nutrisinya, jangan lupa anda harus bisa mengontrol menu makanannya. Berikan makanan yang disukai oleh Lovebird, misalnya seperti buah-buahan, sayuran, air mineral, dan yang paling penting ialah vitamin Lovebird terbaik.

Nah, untuk pemberian pakan voer, Anda juga bisa memberikan voer Lovebird di setiap pagi hari. Untuk bisa membuat Lovebird ngekek panjang, maka berikanlah multivitamin sebanyak 2-3 tetes saja dalam cepuk air minum-nya, lalu ditambahkan dengan jagung muda.

Agar lebih maksimal performanya, Anda juga boleh menambahkan kangkung. Tetapi, pemberian kangkung ini harus dengan takaran yang seimbang. Sehingga birahi Lovebird ketika ikut lomba tetap terkontrol.

Dengan perawatan tadi, maka Lovebird akan cenderung memiliki birahi tinggi yang bisa membuat ngekek panjang. Namun, perlu anda ingat, Anda harus memperhatikan, apakah Lovebird tersebut mengalami over birahi atau tidak.

3. Memilih Anakan Lovebird

Bakat yang dimiliki oleh setiap burung Lovebird belum tentu kita bisa merawat dan melatih lovebird tersebut menjadi Lovebird prospek Konslet. tetapi, anakan Lovebird terbaik sangat berpotensi memiliki kemampuan untuk ngekek panjang dan konslet.

Bila Anda memilih Lovebird Konslet dari indukan Lovebird Konslet, pada umumnya satu dari sekian anakan tersebut akan memiliki suara yang sangat bagus seperti induknya. Beberapa ciri-cirinya ialah anakan Lovebird Konslet tersebut memiliki mental yang sangat baik dan memiliki bentuk tubuh yang proporsional.

Jika anda membeli dari indukan Lovebird Konslet, kemungkinan besar anakan Lovebird tersebut akan menjadi konslet di kemudian hari. Namun, bukan berarti Anda hanya diam saja dan menunggu anakan Lovebird menjadi konslet sendiri. Pastinya Burung seperti ini juga membutuhkan perawatan dan latihan yang baik agar kemampuan yang diturunkan oleh induknya muncul.

4. Mengontrol Pemberian Pakan Berupa Ekstra Fooding (EF) Untuk Lovebird

Lovebird Konslet bisa dilatih atau didapat dari keturunan indukan-Nya. Tetapi, yang terpenting ialah pemberian pakan berupa EF (ekstra fooding) untuk Lovebird tersebut. Sebab, pakan tentu sangat berpengaruh untuk menjadikan Lovebird bisa Konslet.

Jika salah dalam memberikan pakan, maka Lovebird bisa over birahi. Tentu Hal ini malah menjadikan burung akan kesulitan mengatur birahinya. Sehingga, kelakukan lovebird dilapangan menjadi tak terkendali. Oleh sebab itu, mengontrol pakan berupa EF sangat penting untuk di lakukan. Berikanlah pakan yang tidak membuat Lovebird menjadi over birahi atau malah menurunkan birahi.

Jadi sebaiknya siapkanlah pakan EF untuk menaikkan dan menurunkan birahinya. Kemudian pahami juga mengenai perilaku Lovebird Anda, apakah lovebird sedang over birahi atau justru malah kurang birahinya. Bila lovebird sedang over birahi maka berikan pakan untuk penurun birahinya, begitu pun sebaliknya. sebab dalam mengikuti lomba, perilaku lovebird harus stabil.

Racikan Pakan Untuk Lovebird Agar Konslet
Ada beberapa racikan khusus untuk Lovebird Konslet, salah satunya ialah dengan bawang putih tunggal.

Cara membuatnya, silahkan siapkan bawang putih tunggal (secukupnya saja), lalu diparut hingga halus. Selanjutnya direndam menggunakan air yang hangat dan saring hingga tampak bersih.

Air bawang putih tadi akan digunakan untuk merendam milet selama beberapa jam. selanjutnya silahkan di keringkan di bawah terik matahari. Setelah milet kering, pakan tadi bisa diberikan ke Lovebird peliharaan anda agar menjadi lovebird konslet.

5. Setingan Lovebird Koloni

Ternyata Lovebird Konslet juga bisa diciptakan dari setingan koloni. Nah, teknik ini tentu membutuhkan Lovebird jantan dan betina. lalu, Lovebird dijadikan satu kandang untuk mengontrol birahinya.

Ada beberapa Lovebird yang sudah berhasil menjadi konslet dengan cara seting koloni seperti Lovebird Biang Kerok, lovebird hokky chan, Lovebird Gendewo, Lovebird Condet, lovebird sarno, Lovebird Gandring dan masih banyak lagi.

6. Doping Agar Lovebird Konslet

Teknik Doping Lovebird Konslet sebenarnya bisa kita racik sendiri, atau anda juga bisa membelinya di toko burung. Namun, doping ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk burung Lovebird sebab efeknya tidak baik untuk jangka panjang.

Jika diberikan, tentu efek doping sangat menakjubkan, Lovebird anda akan konslet dan ngekek panjang seharian. Namun, jika melihat efeknya, lama kelamaan kondisi tubuh Lovebird akan rusak perlahan karena tidak kuat menerima asupan doping.

Meskipun begitu, hal ini kembali lagi pada kepercayaan masing-masing. Bila Anda merasa mampu merawat Lovebird Konslet dengan teknik doping, maka anda bisa memberikan doping. Tetapi, tanggung sendiri akibatnya karena bisa saja efek doping akan membuat Lovebird Anda mati.

7. Membuat Lovebird Latah

Latah ialah respon cepat yang dilakukan oleh Lovebird setelah mendengar suara Lovebird lain. Cara agar Lovebird Konslet salah satunya ialah dengan melatihnya agar lovebird bisa latah.

Nah, agar Lovebird anda bisa latah, caranya ialah menggunakan pancingan suara Lovebird lain. Selain itu, Anda juga bisa memberikan berupa pakan untuk menaikkan birahinya. umumnya, Lovebird yang birahinya agak naik, maka lovebird bisa lebih cepat latah.

Pakan yang paling cocok untuk menaikkan birahi Lovebird ialah jagung dan kangkung. Cara pemberiannya cukup satu batang kangkung dengan ukuran 4 cm pada saat sore atau malam hari. Setelah pakan tersebut telah habis, jangan lupa Sangkar Lovebird harus dikerodong hingga keesokan harinya.

8. Melatih Lovebird dengan Teknik Untulan

Lovebird bisa anda carikan berupa untulan atau pasangan agar birahinya bisa menjadi stabil. Jika sudah stabil, biasanya Lovebird tersebut mudah untuk dikontrol. Cara Perawatannya ialah, sebelum lovebird ikut lomba harus dimandikan bersamaan dengan untulan (pasangannya).

Begitu juga dengan penjemurannya, semua dilakukan dengan untulan (pasangan). Sedangkan untuk durasi penjemuran Lovebird dan untulan ialah cukup 15 menit saja.

Pada saat naik ke gantangan, Lovebird untulan harus dipisah ke sangkar yang berbeda. Kalau lomba sudah selesai, silahkan Lovebird tersebut disatukan kembali dengan untulannya.

Demikianlah cara mencetak Lovebird agar bisa konslet sejak masih anakan lengkap dengan cara perawatan dan setingannya.

Posting Komentar