√ 17 Cara Mengatasi Burung Mabung Agar Cepat Rontok Dan Tuntas

Semua jenis burung pasti akan mengalami proses mabung. Durasi waktunya juga terbilang cukup lama yaitu sekitar 2-3 bulan. Selama proses mabung, bulu-bulu burung akan berjatuhan dan ganti bulu yang baru. Cara untuk merontokkan bulu burung yang mabung agar cepat, caranya sangat beraneka ragam.


Ada yang hanya diberikan makanan bergizi, namun ada pula kicaumania yang memberikan bahan-bahan alami yang kemungkinan belum diketahui oleh banyak orang. Bahan tersebut di antaranya ialah seperti kulit jeruk, daun sirsak hingga daun pandan.

Rekomendasi:
√ Jenis-Jenis Cacing Yang Baik Untuk Pakan Burung Peliharaan

Sekilas bahan-bahan tersebut tidaklah penting untuk burung. Sebab, ketiga bahan itu lebih sering dipakai untuk memasak. Tetapi faktanya bahan-bahan alami dari tumbuhan tersebut ternyata dapat mempercepat proses mabung pada burung. berikut dibawah ini akan saya jelaskan cara cepat mengatasi burung mabung agar cepat tuntas.

Mengatasi Burung Mabung Agar Cepat Rontok Dan Tuntas

1. Kulit Jeruk
Cara cepat untuk merontokan bulu burung mabung bisa dilakukan dengan cara memasukan beberapa kulit jeruk kedalam dasar sangkar. Kemudian, burung dikerodong penuh seharian.

Setelah itu, ketika sedang terapi kulit jeruk letakkanlah burung tersebut pada tempat yang jauh dari suara burung lainnya. hal ini Tujuannya ialah agar burung bisa lebih fokus untuk merontokkan bulunya.

2. Mandi Sauna
Mabung pada burung akan cepat selesai apabila dilakukan dengan cara mandi sauna. Panas matahari yang masuk melalui celah-celah kerodong menjadikan bagian dalam sangkar menjadi kedap panas. Sehingga Udara dari luar hanya bisa masuk sedikit. Tentunya hal Ini akan membuat pori-pori pada burung menjadi melebar. Dengan begitu, maka burung menjadi cepat selesai mabung.

3. Biarkan Burung Sendiri (Karantina)
Tempatkanlah burung di lokasi yang tenang. Kalau bisa burung peliharaan Anda harus dijauhkan dari burung-burung lainnya yang dapat memancing burung tersebut untuk berkicau/bertarung.

Selain itu, Sebaiknya letakkanlah burung yang mabung tersebut di ruangan yang sedikit panas agar burung tersebut lebih cepat untuk merontokkan bulu-bulunya.

4. Dekatkan dengan Burung Betina
Burung yang betina sepertinya cukup ampuh untuk membantu proses mabung pada burung jantan. Hal ini di sebabkan karena birahi yang keluar ketika didekati oleh burung betina bisa membuat bulu rontok dengan cepat.

5. Berikan Jangkrik
Burung yang mabung juga membutuhkan asupan protein yang tinggi. Jadi, Anda bisa memberikan jangkrik setiap pagi hari agar burung yang mabung cepat selesai.

6. Berikan Ulat Hongkong
Agar burung mabung cepat tuntas berikanlah pakan tambahan berupa ulat Hongkong sebanyak 10 ekor. Pemberian ini sebaiknya setiap pagi hari 10 ekor dan siangnya di berikan 10 ekor lagi.

7. Manfaatkan Daun Pandan
Daun pandan juga di percaya dapat mempercepat burung yang mabung. Caranya ialah daun pandan dipotong menjadi kecil-kecil. Setelah itu letakkanlah daun-daun tadi pada dasar sangkar. Kemudian Tutup sangkar burung dengan kerodong secara full. Lakukanlah hal ini setiap hari hingga bulu-bulu burung berjatuhan. Apabila dalam beberapa hari daun pandan sudah terlihat mengering, maka gantilah dengan daun pandan yang masih baru.

8. Ganti Voer Burung dengan Voer Ayam
Ternyata Voer ayam juga dapat merangsang burung agar cepat selesai mabung. Pasalnya voer ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dari voer burung. Sehingga meskipun hal ini terdengar sangat aneh, tetapi sejatinya bisa membuat burung yang mabung segera tuntas.

9. Berikanlah Campuran Susu dan Voer
Apabila burung sudah terlanjur gagal mabung, maka sebaiknya berikan susu bubuk campur dengan voer. Campuran kedua bahan tersebut menjadi satu wadah, karena telah dipercaya mampu menjatuhkan bulu-bulu burung dengan sempurna.

10. Gunakanlah Daun Sirsak
Siapkan 7-10 daun sirsak yang sudah menguning, selanjutnya letakkanlah di dasar sangkar. Kalau daun-daun sirsak tersebut sudah kering, maka ganti dengan daun sirsak yang baru. Dengan demikian, maka burung yang mabung akan tuntas dengan cepat.

11. Berikan Nutrisi BirdMolt-Pre
Burung yang mengalami mabung tentu membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Anda bisa memberikan nutrisi dengan kandungan protein yang tinggi yaitu berupa metioni dan sistin pada BirdMolt-Pre.

12. Burung Mabung Jangan Dimandikan
Pada saat burung mengalami mabung, sebaiknya Anda jangan pernah memandikan burung. Sebab, Hal ini justru akan membuat burung gagal mabung.

13. Kain Kerodong Sangkar Disemprot Dengan Air
Perawatan burung mabung biasanya menggunakan kerodong secara full. Namun, agar keadaan didalam sangkar tidak terlalu panas, Sebaiknya Anda menyemprotkan kerodongnya dengan air terlebih dahulu.

14. Telur Bebek Dicampur Dengan Voer
Ambil-lah kuning telur bebek kemudian dicampurkan dengan voer. Setelah itu, angin-anginkan adonan tersebut hingga mengering.
Selanjutnya berikan racikan tadi secara rutin pada burung yang mabung. Jika proses mabung sudah selesai, berikan voer seperti biasanya tanpa dicampurkan dengan telur bebek.

15. Kroto Dicampur dengan Susu Bubuk
Racikan pakan yang satu ini bisa membuat burung mabung cepat tuntas. Bahan-bahannya hanyalah 1 cepuk ulat Hongkong, dan kroto dicampurkan dengan susu bubuk.

Setelah diberikan ke burung yang mabung, selanjutnya sangkar dikerodong full. Periksa selama 3 hari, dan lihat bulu-bulu burung akan berguguran di dasar sangkar. Kemudian lanjutkanlah perawatan ini selama seminggu agar mabung cepat selesai dengan sempurna.

16. Jauhkan dari Tempat Bising
Apabila Anda sudah terbiasa meletakkan burung di pinggir jalan, maka saat burung sedang mabung sebaiknya tempatkan burung di ruang yang tersendiri. Intinya berikan ketenangan pada burung yang mengalami mabung tersebut sehingga suara-suara bising tidak mengganggunya.

17. Sangkar Harus Dibersihkan Secara Rutin
Jangan lupa sangkar juga harus dibersihkan secara rutin. Gantilah pakan dan minumnya serta bersihkan kotoran burung.

Kandang harus tetap bersih agar tidak ada penyakit yang berdatangan. Sebab, Hal ini sangat berhubungan dengan kondisi burung yang lemah saat mengalami mabung. Takutnya ketika kondisi burung tengah menurun, penyakit dari luar malah menyerangkan secara bertubi-tubi.

Demikianlah beberapa cara ampuh untuk merontokkan bulu burung dengan cepat ketika mengalami mabung. Proses mabung ini memang terbilang cukup lama. Oleh sebab itu, burung-burung lomba sedikit mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri saat mabung.

Posting Komentar