√ 14 Manfaat Kandungan Daun Ginseng Untuk Burung Murai Batu

Saat ini burung Murai Batu jarang sekali makan daun ataupun sayuran alami. Pasalnya, makanan utama burung Murai Batu ialah voer, jangkrik, cacing, ulat, dan lain-lainnya. Hampir semua makanannya berbahan hewani. meskipun begitu, ternyata Murai Batu juga sangat menyukai makan daun ginseng.

Manfaat daun ginseng untuk burung kicauan ialah untuk menjaga stamina agar daya tahan tubuh stamina dan kuat dalam tampil perlombaan. Tentu saja hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh Sigit WMP. Burung andalannya yaitu Lovebird Kusumo yang sudah wafat ternyata dulunya gemar memakan daun ginseng.


Manfaat Daun Ginseng Untuk Murai Batu

Tak hanya Lovebird saja, burung Murai Batu juga dikenal jarang mengkonsumsi daun-daunan ternyata juga menyukai daun ginseng. Kegemaran unik inilah diketahui dari Titanium Bird Farm. Salah satu Murai Batu milik mereka diberikan daun ginseng yang tumbuh liar di kebunnya. Ternyata burung Murai Batu tersebut menyukainya dan memakan daun ginseng tersebut. Bahkan, langsung melahap habis satu lembar daun ginseng yang di berikan oleh pemiliknya.

Mulanya pemilik Titanium Bird Farm hanya iseng saja memberikan daun ginseng ke burung Murai Batu tersebur. karena daun ginseng diketahui dapat menyehatkan tubuh.

Saat itu, ia melihat banyak daun ginseng di kebunnya. lalu diambilah 1 lembar daun ginseng yang berukuran kecil dan langsung diberikan ke Murai Batu. Tak disangka, ternyata burung murai batu tersebut langsung menyukainya. Begitu daun ginseng disodorkan, burung murai batu ini langsung mengamatinya dan mematuk-matuki daun ginseng tersebut. Setelah daun ginseng jadi potongan-potongan kecil, daun ginseng tersebut langsung dimakan hingga habis tuntas.

Rekomendasi:
√ 3 Racikan Pakan Murai Batu Agar Cepat Gacor Dan Rajin Bunyi Setiap Hari

Manfaat Daun Ginseng Untuk Burung Kicauan

Daun ginseng memiliki nama latin Talinum paniculatum. Di Indonesia sendiri daun ini memiliki beberapa sebutan yaitu ginseng jawa dan kolesom jawa. Tanaman ini dikenal dengan sangat baik dikalangan masyarakat karena untuk kesehatan manusia dan hewan peliharaan, termasuk burung.

Secara garis besar, manfaat daun ginseng ini untuk burung ialah meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara, manfaat lainnya sangat banyak sekali. Berikut dibawah ini saya jelaskan beberapa manfaat daun ginseng untuk burung kicau, termasuk Untuk Murai Batu:

1. Untuk Mendongkrak stamina burung.
2. Untuk Meningkatkan daya tahan tubuh burung.
3. Untuk Menstabilkan birahi burung.
4. Dapat Memberikan tambahan energi.
5. Untuk Mengatasi burung over birahi.
6. Membuat burung lebih aktif.
7. Mengembalikan stamina burung yang drop.
8. Mengobati burung stres.
9. Untuk Menambah power burung di lomba.
10. Untuk Menghangatkan tubuh burung saat musim dingin.
11. Membuat burung tidak mudah lelah.
12. Untuk Mengatasi burung yang lemah dan lesu.
13. Bagus untuk indukan burung yang ngloloh anaknya.
14. Dipercaya sangat bagus untuk indukan burung yang mengerami telur-telurnya.

Sangat banyak sekali manfaat ginseng untuk burung Murai Batu. Tetapi, jarang sekali kicaumania yang memberikan daun ginseng ini karena mungkin takut dan tidak terbiasa melakukannya.

Cara Memberikan Daun Ginseng Untuk Burung Murai Batu

Untuk memberikan daun ginseng ini ke burung Murai Batu, caranya ialah bisa melalui jangkrik ataupun ulat. Tetapi ada beberapa alternatif lain agar daun ginseng tersebut bisa menjadi santapan Murai Batu yang lebih mudah yaitu:

A. Daun ginseng diberikan langsung dalam lembaran yang masih utuh (segar). Jika tak mau repot, Anda bisa menggantungkan daun ginseng di dinding sangkarnya.

B. Selain itu, anda juga bisa memberikan daun ginseng dalam potongan yang kecil-kecil kedalam wadah pakan.

C. Daun ginseng juga bisa diberikan dalam bentuk makanan untuk jangkrik terlebih dahulu. jika sudah di makan oleh jangkrik yang selanjutnya jangkrik tersebut bisa langsung diberikan ke Murai Batu.

D. Cara pemberian lainnya ialah anda bisa mengubah daun ginseng tersebut menjadi tepung dan dicampurkan dengan voer. Cara ini lebih memudahkan untuk Murai Batu karena bentuknya sama dengan voer.

Waktu Yang Tepat Memberikan Daun Ginseng Untuk Burung Murai Batu

Kapan daun ginseng bisa kita berikan ke burung Murai Batu?

Untuk waktunya sendiri sebenarnya sangat fleksibel. Dalam artian, Anda bisa memberikannya kapan saja selama porsi pemberiannya tersebut cukup 1 lembar saja.

Namun, waktu terbaik dalam memberikan daun ginseng ini biasanya setelah burung mengikuti lomba. Selain itu, burung bisa diberikan daun ginseng ini ketika selesai melakukan perjalanan yang jauh atau ketika cuaca dingin.

Dalam tujuan ini ialah agar Murai Batu yang kelelahan bisa pulih dengan cepat karena diberikan daun ginseng. Sebab daun ginseng ini memang fungsinya untuk mengembalikan stamina burung yang drop.

Demikianlah manfaat daun ginseng untuk burung Murai Batu. semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar