√ Cara Merawat Kenari Sebelum Lomba Dan Setelah Lomba

Burung kenari ialah jenis burung yang memiliki tubuh mungil. Hal ini ternyata membuat para pecinta burung meminati burung kicau yang satu ini. Bukan hanya tubuhnya yang kecil, tetapi suara yang dihasilkan dari burung kenari juga sangat merdu.

Tak heran, burung kecil ini seringkali mengikuti acara perlombaan bergengsi. Nah, bagaimana cara merawat burung kenari untuk lomba?, berikut dibawah ini ulasannya.

Cara Merawat Burung Kenari Untuk Lomba

Pada dasarnya cara perawatan burung kenari sama halnya dengan burung kicauan yang lainnya. yaitu Dilakukan setiap hari secara konsisten menjadi kunci keberhasilan burung kenari dalam mengikuti perlombaan.

Perlu juga selalu memperhatikan kesehatan burung kenari agar tetap mengeluarkan suara merdu dan indah.

Untuk perawatannya, jangan lupa pada jam 07.00 diangin-angikan diteras rumah kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu, bisa dimandikan atau bisa juga disemprot menggunakan sprayer, tergantung dengan kebiasaan burung kenari yang anda miliki.

Jangan lupa, rutin membersihkan kandang agar terjaga kebersihannya, serta tambahkan pakan dan minumnya. 

Selanjutnya, burung kenari bisa dijemur sekitar jam 08.00 sampai jam 09.00 saja, atau kurang lebihnya bisa 1 sampai 2 jam saja.

Jika burung kenari sudah dijemur,  burung kenari bisa ditaruh kembali di teras rumah selama 10 menit untuk diangin-anginkan, dan setelah itu bisa dikerodong didalam sangkar.

Pada siang harinya, burung kenari bisa dimaster menggunakan burung yang sejenis atau bisa juga menggunakan suara masteran dari burung lainnya. 

Pada jam 15.30 atau pukul 16.00 burung kenari bisa diangin-anginkan kembali di teras rumah, dan jika perlu bisa dimandikan lagi.

Jangan lupa, untuk selalu cek makanan dan minuman pada wadahnya. 

Saat malam harinya, sangkar burung kenari bisa dikerodong kembali sambil diperdengarkan suara burung masteran selama 2 jam saja cukup.

Semua cara merawat burung kenari yang sudah di jelaskan diatas bertujuan untuk mempersiapkan mental burung kenari agar memiliki stamina dan birahi yang stabil ketika berada digantangan.

Perawatan Burung Kenari Setelah Mengikuti Lomba

Cara merawat burung kenari untuk lomba tidak hanya dilakukan ketika ada perlombaan saja, melainkan disarankan untuk terus dilakukan menjaga kondisi tubuh dan stamina burung kenari setelah mengikuti lomba.

Untuk memulihkan setelan kenari yaitu dengan memberikan vitamin supervit pada hari pertama setelah mengikuti lomba untuk mengembalikan kebugaran burung kenari.

Pemberian vitamin ini dianjurkan sampai 3 hari setelah lomba dan dilakukan penjemuran maksimal 30 menit setiap harinya.

Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Over Birahi

Untuk mengatasi kenari OB setelah lomba Bisa diberikan mentimun selama 2 hari berturut-turut, lebih sering di mandikan, lamanya penjemuran bisa dikurangi, dan untuk pengumbaran bisa lebih sering dan lebih lama.

Mengatasi Kenari Drop Setelah Lomba

Untuk mengatasi burung kenari yang drop setelah mengikuti lomba yaitu bisa diberikan apel selama 4 hari, perbanyak campuran lin seed, nigerseed dan biji fumayin pada makanan burung kenari.

Untuk porsi kroto bisa ditingkatkan lagi hingga 3x seminggu, mandikan burung kenari 2 hari sekali saja, dan lakukanlah isolasi pada burung kenari yang drop tadi.

Nah itulah penjelasan detail cara mempersiapkan burung kenari sebelum lomba dan setelah mengikuti lomba.

Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar