√ 5 Dampak Bahaya Menjemur Murai Batu Terlalu Lama

Penjemuran merupakan salah satu perawatan penting untuk semua jenis burung, termasuk pada burung Murai Batu.

Tetapi, anda juga harus tau, ternyata ada sisi negatif atau bahaya fatal jika menjemur murai batu terlalu lama.

Mungkin masih banyak orang yang tidak memperhatikan proses penjemuran yang baik itu bagaimana. terkadang masih banyak yang beranggapan jika menjemur burung jam berapapun dianggap menyehatkan.

Padahal setiap perawatan penjemuran burung harus diperhatikan dengan baik, yaitu durasi penjemurannya.

Jika durasi penjemuran burung terlalu lama justru akan sangat berbahaya bagi tubuh, bulu-bulunya, bahkan kesehatannya.

Berapa durasi penjemuran burung yang baik Dan benar?

Durasi penjemuran burung yang baik dan benar ialah dilakukan  selama 1-2 jam saja. sebab, 2 jam saja sebenarnya sudah cukup.

Walaupun 2 jam menurut anda terkesan sebentar, tetapi bagi burung sudah merasa cukup lama.

Nah sekarang pertanyaannya berapa durasi penjemuran burung murai batu yang baik dan benar?

Jawabannya yaitu SAMA, Penjemuran yang baik dan benar untuk murai batu dilakukan selama 2 jam, misal dari jam 07.00 pagi hingga jam 09.00, atau batas maksimalnya hingga jam 10.00 siang.

Kalau di alam liar, burung Murai Batu terbiasa berjemur dengan cara terbang dari satu ranting ke ranting pohon yang lainnya. Dengan begitu, maka bisa kita hitung bahwa penjemuran di satu ranting tidak terlalu lama karena dia terbang-terbang ke ranting satu ke ranting lainnya.

Rekomendasi: √ 7 Masalah Burung Murai Batu Ketika Mengikuti Lomba

Apa saja efek bahaya menjemur murai batu terlalu lama?

Simak ulasannya dibawah ini

Bahaya Menjemur Burung Murai Batu Terlalu Lama

1. Mata Murai Batu Katarak
Jarang ada yang mengetahui, jika mata murai batu bisa dengan mudah terkena katarak kalau dijemur terlalu lama.

Ya, pada bagian mata burung akan mengeluarkan selaput putih yang menutupi bola matanya. Bahkan, lebih parahnya mata burung Murai Batu bisa mengalami kebutaan. Semua ini di sebabkan karena Murai Batu dijemur terlalu lama lebih dari 3 jam.

2. Bulu Murai Batu Kusam
Akibat murai batu di jemur lama yang selanjutnya ialah, burung Murai Batu akan mengalami penurunan kualitas pada warna bulunya. Sehingga bulu Murai Batu menjadi tampak kusam, mudah rontok, mudah pecah, hingga kerusakan fatal.

Hal Ini di sebabkan karena zat lilin pada bulu Murai telah hilang. Kalau sudah demikian sudah pasti bulu indah pada burung Murai Batu menjadi kusam atau pudar.

3. Pita Suara Burung Murai Menjadi Rusak

Tidak hanya rusak pada bagian mata dan bulu saja, akan tetapi pita suara Murai Batu juga bisa rusak jika dijemur terlalu lama.

Gejala awalnya, suara burung murai akan terdengar serak. Sementara Anda tidak menyadarinya. Lalu Anda menjemurnya lagi terlalu lama. Dengan demikian, maka Suara burung murai batu menjadi semakin kecil dan lama kelama'an hilang.

4. Pembuluh Darah Murai Pecah
Akibat menjemur murai batu terlalu lama, pembuluh darah pada burung murai batu menjadi pecah.

Gejalanya, burung murai akan terlihat sempoyongan atau tidak bisa berdiri tegak pada tangkringan. Hal Ini menandakan bahwa pembuluh darah Murai Batu telah pecah karena terlalu lama dijemur.

5. Murai Batu Lumpuh

Selanjutnya, setelah pembuluh darah telah pacah akan mengakibatkan mati rasa pada bagian kakinya. Dampak terparahnya ialah kaki burung murai batu bisa lumpuh atau tidak bisa digerakkan lagi. Lama-kelamaan burung murai batu stres dan mati.

Rekomendasi Durasi Penjemuran Burung Murai Batu

Sebaiknya jemur burung Murai Batu sesuai kadarnya saja atau sebentar saja sekitar jam 07.00-08.00 atau batas maksimalnya ialah 07.00-09.00.

Sebagai sarannya lebih baik kurang dari 2 jam, Sebab burung memerlukan sinar matahari untuk mengeringkan bulu-bulunya setelah mandi, untuk menghilangkan jamur dan kutu, serta untuk menghangatkan tubuhnya.

Jika untuk penambah stamina burung, tidak perlu dijemur terlalu lama. Anda bisa menambahkan stamina burung dengan pelatihan umbaran. Untuk Penjemuran murai batu sebaiknya sebentar saja.

Anda bisa perhatikan sendiri bahwa burung terkadang sampai berteduh dibawah wadah pakan kalau sinar mataharinya terlalu panas.

Lebih baik menjemur burung murai batu sewajarnya saja. perawatan penjemuran Murai setengah jam saja sebenarnya sudah cukup.

Kalau saat musim hujan, menjemur burung bisa lebih lama lagi karena matahari jarang muncul dan tidak terlalu panas.

Posting Komentar