√ 11 Cara Merawat Lovebird Yang Baik Dan Benar Supaya Rajin Bunyi

Burung lovebird merupakan burung yang sering dijadikan hewan peliharaan dirumah, bukan hanya karena suaranya saja yang bagus, namun juga karena keindahan bulunya dan sifatnya yang menyenangkan..

Burung lovebird selain dijadikan burung pilihan untuk hobby, burung lovebird juga hewan yang setia dan suka bermain dengan pemiliknya.

Jika dipelihara dengan baik dan penuh perhatian, seekor burung lovebird dapat hidup hingga 7 sampai 15 tahun.

Untuk itu berikut ini kami akan memberikan tips cara memelihara burung lovebird untuk pemula, agar burung lovebird yang anda pelihara dapat hidup dengan sehat dan berumur panjang.


Cara Merawat Lovebird Yang Baik Dan Benar


1. Menyediakan Kandang dengan ukuran Luas yang Cukup

Burung Lovebird adalah burung yang aktif sehingga burung ini membutuhkan kandang yang cukup luas untuk bergerak bebas, agar tetap terjaga kenyamananya seperti di alam-nya. Semakin luas kandang yang cukup, maka burung ini akan semakin nyaman tinggal di dalamnya.

Kandang yang ideal untuk burung lovebird adalah kandang yang dengan ukuranya 45 cm x 45 cm Atau lebih.... Semakin luas maka akan semakin bagus.

Selain itu juga dianjurkan agar kandang memiliki palang horizontal paling tidak pada kedua sisinya.
Jarak antara palang dianjurkan tidak lebih dari 2 cm untuk mencegah cidera pada burung lovebird.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Jenis Burung Lovebird Dan Daerah Persebaran-Nya

2. Letakan Batang ranting Untuk bertengger burung lovebird

Sangat di anjurkan jika didalam kandang lovebird, anda harus menyediakan batang ranting pohon untuk burung bertengger, kira-kira sebanyak 2 atau 3 dengan ukuran yang sesuai pada kaki burung lovebird, dan jangan lupa untuk memperhatikan bentuk, dan tekstur yang berbeda agar kesehatan kaki burung dapat terjaga.

Batang Ranting yang digunakan harus cukup tebal agar dapat menopang burung dengan nyaman ketika bertengger.

Anda bisa menggunakan batang yang terbuat dari kayu, batang asam, batang pohon lainya yang mempunyai ukuran sekitar 1,5 cm.

3. Letakkan Kandang di Tempat yang Tepat

Letakkanlah kandang burung lovebird di tempat/ruangan yang jauh dari lantai, aliran angin kencang, Asap dapur.

Burung lovebird akan mudah merasa kedinginan dan terkena flu jika terpapar dengan aliran angin yang kencang, hindari juga dari asap, karena akan menyebabkan mata burung lovebird menjadi sakit/snot. Selain itu burung lovebird juga sangat sensitive terhadap asap dan bau yang menyengat.

4.letakkan Kandang di Ruangan yang Tenang dan Pencahayaan yang Cukup

Selain kandang harus di tempatkan di ruangan yang tepat, maka hal yang harus diperhatikan yaitu Anda harus meletakkan kandang burung lovebird di tempat yang tenang dan memiliki pencahayaan yang cukup.

Jangan meletakkan kandang burung lovebird di ruangan yang gelap karena akan menyebabkan burung lovebird anda bertingkah aneh dan mengalami masalah pada kesehatan.

Untuk Idealnya letakkanlah kandang di dekat jendela dengan sinar yang tidak terlalu kencang, karena burung membutuhkan sinar ultraviolet B untuk menjaga kesehatannya. Anda bisa memberikan lampu bolam untuk menghangatkan burung lovebird ketika malam hari.

5. berikan Makanan berkualitas pada lovebird

Anda dapat memberikan makanan pada burung lovebird yang mengandung biji-bijian berkualitas dan disertai dengan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral.

Untuk seekor lovebird biasanya membutuhkan 2-3 sendok teh pellet/millet atau makanan burung dalam sehari. Anda dapat mendapatkan makanan burung di petshop terdekat.

Selain pellet/millet dan biji-bijian, anda juga harus memberikan buah dan sayuran yang segar untuk lovebird anda. Sekitar 5-10% makanan lovebird haruslah berupa buah dan sayuran. Buah yang bisa diberikan misalnya adalah apel, pepaya, dll. Sedangkan sayuran yang dapat kita berikan ialah wortel, brokoli, zukino, labu, ubi jalar matang, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainya.

6.Sediakan Air Bersih

Pastikan bahwa lovebird anda diberikan air bersih dan terbebas dari kuman maupun bakteri. Jangan memberi burung lovebird dengan air keran atau air yang belum tersaring.

Anda bisa memberikan air putih bersih seperti apa yang kita minum sehari-hari. Misalnya air yang berasal dari PAM..Air aqua, ataupun air mineral lainya.

7. Berikan Snack Sehat pada lovebird

Anda juga dapat memberikan snack kepada burung lovebird seperti biji utuh yang matang seperti brown rice, whole grain pasta, multigrain breads, dan juga cereal free-sugarr. Ketika anda memberi makanan pada burung lovebird, pastikan anda menyingkirkan semua hal yang tidak dapat di makan di dalam kandang burung.

Jangan pernah memberikan lovebird anda makanan yang mengandung cokelat,manisan, alk0hol,kafe!n dll. Sebab makanan seperti ini sangat berbahaya bagi kesehatan burung lovebird, bahkan dapat membunuhnya. Bahkan dalam jumlah yang kecil.

Selain itu anda juga harus menghindari pemberian makanan dan buah seperti alpukat, asparagus, bawang, kacang polong mentah, dan produk-produk yang mengandung susu.

8. Berikan Mainan yang Aman pada kandang

Burung lovebird adalah burung yang suka bermain.
anda dapat meletakkan beberapa mainan burung di dalam kandang.

Selain itu anda juga dapat membuat mainan sendiri untuk burung anda dengan menggunakan botol plastik, bekas gulungan tissue, daun-daunan dan ranting pohon. Selalu tukar atau rotasi mainan yang ada di dalam kandang agar lovebird tidak terasa bosan.

9.Memandikan Burung Lovebird

Burung lovebird juga membutuhkan mandi secara teratur untuk mencegah dari penyakit.

Untuk memandikan burung lovebird, anda bisa menggunkan penyemprot air, dan di semprotkan secara pelan-pelan ke arah kaki atau anda juga bisa menyemprotkan dari atas kandang burung sehingga butiran air dapat turun seperti hujan.

Ingat.. Ketika memandikan burung lovebird jangan gunakan air hangat. Gunakanlah air kolam/sumur yang bersih.

Lakukanlah beberapa kali, sehingga lovebird anda akan terbiasa dan akan mencuci dirinya sendiri.
Setelah anda memandikannya, jangan lupa untuk segera mengeringkan burung lovebird anda dibawah terik matahari.

Dalam penjemuran di bawah terik matahari jangan terlalu lama, karena burung lovebird bisa kepanasan. Maksimal 2 jam di jemur di bawah terik matahari.

Dalam penjemuran di usahakan jangan di atas jam 11 atau jam 12 siang. Karena burung lovebird akan kepanasan dan bisa mati.

10. Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

Waktu untuk tidur bagi seekor lovebird sangatlah penting untuk menjaga stamina dan kesehatan pada burung lovebird.

anda dapat memberikan penutup kandang untuk membantu lovebird tidur di malam hari. Dalam sehari pastikan bahwa lovebird anda tidur selama 10 sampai 12 jam dan tidak terganggu dengan sekitarnya.

Lingkungan yang aman dan tenang merupakan salah satu faktor yang dapat membantu lovebird anda tidur dengan nyaman dan nyenyak.

11.bersihkan Kandang Seminggu Sekali

Anda juga wajib membersihkan kandang agar tampak bersih, bebas dari kuman dan bakteri.
Kotoran-kotoran yang menumpuk di usahakan di bersihkan, agar kesehatan burung lovebird tetap terjaga.

Tempat makanan yang ada di dalam kandang lovebird harus dibersihkan setiap hari.

Anda dapat menggunakan air hangat dan sabun untuk mencuci kandang burung lovebird.

Keluarkan dan pindahkan lovebird anda dari kandang dan anda dapat menggosok kandang, batang untuk bertengger, dan semua mainan yang ada di dalam kandang. Setelah selesai dicuci, pastikan kandang sudah dikeringkan terlebih dahulu sebelum memasukkan kembali burung lovebird anda.

Itulah cara merawat dan memelihara burung lovebird dengan benar untuk pemula

Posting Komentar