√ Mengetahui Jenis Burung Lovebird Dan Daerah Persebaran-Nya

Burung lovebird atau burung cinta adalah salah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agap0rnis (dari bahasa Yunani "agape" yang berarti "cinta" dan "ornis" yang berarti "burung").

Dari Jenis burung ini adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, serta bersifat sosial dan berkelompok.

Dari Delapan jenis spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies "burung cinta berkepala abu-abu" berasal dari Madagaskar.

Nama mereka burung lovebird berasal dari sikap dan kelakuan yang umum diamati, yaitu sepasang burung cinta/lovebird akan duduk berdekatan dengan pasanganya dan saling menyayangi satu sama lain.

Sifat pasangan burung cinta ini adalah monogami di alam bebas.
Umur hidup rata-rata mereka adalah 10 sampai 15 tahun.

Jenis-Jenis Burung Lovebird

Burung cinta secara umum mempunyai tinggi 13 sampai 17 cm dan berat sekitar 40 sampai 60 gram, spesies burung ini berekor pendek dan berparuh bengkok dan besar.

Secara tradisional, burung lovebird terdiri dari tiga group besar yaitu:
1. Grup dimorfic (berpenampilan fisik beda antara jantan dan betina): Madagascar, Abyssinia dan Red-headed Lovebird.
2. Grup menengah: Peach-faced Lovebird
3. Grup kacamata: Black-Masked, Fischer's, Liliane (Nyasa) dan Black-cheeked Lovebirds.

Burung Lovebird ini juga merupakan salah satu burung kicau yang cukup populer ditanah air.
Ada beberapa jenis lovebird yang dikenal oleh masyarakat dari jenis spesies ini.

Rekomendasi:
√ 5 Cara Agar Telur Lovebird Menetas Semua Tanpa "GAGAL"

Pasti sudah banyak yang tahu ciri-ciri dari burung cinta ini, yang paling menonjol dari burung lovebird adalah bentuk paruh bengkok dengan mata membulat cukup besar dan juga bulunya yang sangat cerah dan indah, membuat mata yang memandang bisa terpesona.

Perlu kita ketahui bahwa ada banyak jenis lovebird yang sudah beredar di Indonesia.

Apa saja jenis-jenis burung lovebird yang ada didunia ini?

1. Lovebird Madagaskar


Jenis Burung lovebird Madagaskar ini bentuk tubuhnya terlihat sangat imut dan mungil, dan berat tubuhnya hanya sekitar 30 gram.

tubuh bagian atas warnanya hijau, sedangkan tubuh bagian bawah warnanya hijau muda. Untuk yang jantan ada ciri khas yaitu pada bagian kepala hingga sampai bagian dadanya berwarna abu-abu, sedangkan yang betina hijau muda..

2. Lovebird Black-cheeked


Spesies dari jenis love bird ini dinamakan black cheeked disebabkan warna di bagian pipinya hitam, sedangkan tubuhnya berwarna hijau.
Spesies dari Burung lovebird yang ini banyak terdapat di Zimbabwe dan Zambia.

3. Lovebird Masked


Mengapa dinamai lovebird masked / topeng?

karena dari jenis spesies burung ini dibagian kepalanya sampai kebagian lehernya berwarna hitam-hitam agak kecoklatan. Terlihat seperti burung yang bertopeng. Burung jenis ini telah menyebar di wilayah Tanzania.

4. Lovebird Abyssinian


Jenis burung Lovebird Abyssinian ini sayapnya berwarna hitam, dan terdapat lingkar warna hijau di bagian muka betina, sedangkan pada jantan warnanya merah. Warna tubuh lovebird betina berwarna hijau, dan hijau muda.
Lovebird jenis ini paling banyak menyebar di daratan eropa .

5. Lovebird Peachfaced

Love birds Peach faced yang artinya adalah muka salem, jenis lovebird inilah yang termasuk lovebird pertama yang berhasil didomestikasi.
Burung jenis ini merupakan lovebird yang paling banyak diternak oleh para penangkar lovebird, dan penyebarannya paling banyak di barat daya Afrika.

6. Lovebird Black-collared


Burung jenis lovebird yang ini memang sangat unik, karena terdapat kerah atau lingkaran berwarna hitam pada lehernya. Dan kebanyakan menganggap bahwa jenis ini termasuk jenis lovebird yang sangat sulit untuk diternak, dan penyebarannya sampai di wilayah Afrika Barat dan Afrika Tengah.

7. Lovebird Fischeri


Ciri khas pada lovebird jenis ini ialah pada bagian lingkaran matanya yang berwarna putih, sedangkan pada tubuhnya berwarna hijau, serta warna bagian dadanya yaitu oarange agak kemerah-merahan.
Jenis Lovebird Fischeri ini penyebarannya terbanyak di wilayah Tanzania.

8. Lovebird Nyasa


Jenis Lovebird yang satu ini tubuhnya hampir keseluruhan berwarna hijau, sedangkan pada bagian kepalanya berwarna orange agak kemerahan.
Ukuran panjang tubuh lovebird ini sekitar 13 cm, dan jenis lovebird ini telah menyebar luas di wilayah Mozambik, Tanzania, dan Malawi.

9. Lovebird Redfaced lovebird


Lovebird ini dinamai love birds red faced karena memang warna bagian muka dan dahinya merah.
Pada jenis lovebird red faced betina mukanya agak oranye. Warna kakinya abu-abu, serta badannya sebagian besar berwarna hijau.
Lovebird yang ini juga termasuk susah untuk ditangkar, dan penyebarannya sampai di wilayah Afrika Tengah dan Afrika Barat.

Nah..Itulah beberapa spesies jenis burung lovebird yang perlu anda ketahui, setiap jenis diatas memiliki ciri-ciri yang khas  dan warna bulunya yang berbeda.

Posting Komentar