√ 6 Cara Mengatasi Kacer Over Birahi (OB) Paling Ampuh Dan Jitu ...

burung kacer merupakan Salah satu jenis burung kicauan yang sering menjadi peserta ajang kompetisi perlombaan. sebab burung kacer termasuk jenis burung yang mampu bertarung di area gantangan.

burung Kacer merupakan jenis burung fighter sejati yang memiliki keterampilan gaya tarung yang begitu menawan dan eksotis.

ketika berkicau Ekornya bisa mekar seperti halnya kipas dan diikuti dengan kondisi sayapnya yang mekar membesar serta gaya kepalanya menghadap ke arah kebelakang. hal Ini menjadikan penampilan burung menjadi begitu indah dan unik.

tak heran, jika burung kacer ini merupakan jenis burung yang mempunyai penggemar begitu banyak, sebab dari keunikan burung ini memiliki gaya kicau dan sifat petarungnya yang sangat menawan.

akan tetapi meskipun mempunyai keunikan yang di dapatkan, ternyata burung kicau ini mempunyai masalah dengan over birahi atau yang biasa di sebut dengan 0B.

Rekomendasi:
√ Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Dan Rajin Bunyi Setiap Hari ...


Cara Mengatasi Kacer OB (Over Birahi)

Semua jenis burung kicau akan mengalami hal serupa yang menyebabkan over birrahi, penyebabnya bermacam-macam dari mulai aktifitas perawatannya, kondisi kandang, serta dari perawatan pakannya.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi burung kacer yang mengalami over birahi tersebut, pemiliknya harus tanggap dengan kondisi tersebut dari mulai perawatanya hingga pada pemberian pakannya.

kondisi over birahi akan membuat pemiliknya merasa bingung dengan perawatan yang harus dilakukannya, sebab over birrahi Atau OB pada kacer termasuk sulit di sembuhkan apabila anda tidak tau cara penanganannya dan perawatannya.

berikut ini akan saya jelaskan cara perawatan yang harus anda lakukan untuk mengatasi OB atau over birahi pada burung Kacer.

1. Embunkan Dengan Rutin

langkah pertama yang harus anda lakukan ialah dengan mengembunkan burung kacer tersebut dengan rutin, sebab Pada masa-masa burung kacer over birahi, pengembunan sangat penting untuk menyetabilkan over birrahi pada burung kacer.

caranya ialah pada saat pagi hari ketika menjelang subuh usahakanlah burung kacer dikeluarkan dan di gantangkan di luar rumah, disarankan di gantangan yang tanpa atap, artinya secara langsung dibawah langit.

2. Stop Pemberian Kroto
pada saat burung kacer anda mengalami over birrahi, maka hentikanlah pemberian makanan kroto, sebab jika diketahui kroto mengandung banyak sumber protein yang tinggi dan mudah sekali untuk menaikan birrahi pada burng kacer.

jika dalam masa over birahi ini anda masih memberikan pakan kroto, maka kacer akan sulit untuk disembuhkan dari aktifitas over birahi ini.

3. Kurangi pakan Jangkrik
langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah dengan mengurangi pakan jangkrik, sebab jangkrik juga mengandung sumber protein yang menyebabkan burung kacer anda menjadi over birrahi.

namun janganlah tidak diberikan sama sekali, artinya anda cukup mengurangi jumlah pakan jangkrik dari biasanya.

Tetapi jika dengan pengurangan pakan jangkrik tapi masih melakukan over birahi, maka untuk sementara anda stop pemberian pakan jangkrik ini.

4. Berikan Ulat Bambu
sebagaimana dengan cacing yang mempunyai sifat dingin, ternyata ulat bambu juga mempunyai sifat yang sama, yaitu dapat menurunkan over birahi  pada burung kacer anda.
oleh karena itu anda dapat memberikan ulat bambu untuk burung kacer seminggu sekali.

jangan berikan ulat bambu secara rutin, sebab ulat bambu yang mempunyai sifat dingin, jika diberikan secara berlebihan bisa mengakibatkan konstipasi pada burung kacer.

5. Ganti Voer Berprotein Rendah
langkah selanjutnya ialah dengan mengganti voer yang biasanya diberikan dengan voer yang mempunyai kandungan protein yang lebih rendah.

carilah voer yang mempunyai kandungan protein 14% atau sedikit diatas tersebut. sebab dengan banyak protein akan menyebabkan burung kacer anda menjadi over birrahi..

6. Tambah Frekuensi Mandi
langkah selanjutnya ialah dengan menambahkan frekuensi mandi, jika biasanya anda memberikan mandi selama 2 hari sekali. maka anda bisa memandikan burung kacer dengan lebih sering dimandikan, misal pada pagi hari dan pada sore hari.

hal ini bertujuan untuk mengatasi sifat over birrahi tersebut sekaligus mengurangi kebiasaan over birahi yang dilakukan oleh burung kacer anda.


nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi over birrahi pada burung kacer anda.
semoga bermanfaat.

Posting Komentar