√ Penyebab Lovebird Belum Bertelur / Tidak Bertelur Setelah Penjodohan

tahukah anda? jika burung lovebird di alam liar sangat mudah sekali untuk bertelur, mengeram, hingga sampai menetas. bahkan sepasang lovebird akan terus menerus memperbanyak keturunan-nya selama sepasang lovebird tersebut masih dalam usia produktif.

namun kenapa ketika didalam penangkar sangat sulit untuk bertelur?

masalah tersebut seringkali di temukan oleh penangkar burung lovebird yang merasakan kesusahan untuk berternak burung lovebird.


Penyebab Lovebird Tidak Mau Bertelur / Belum Bertelur

di pembahasan kali ini saya akan menjelaskan alasan kenapa lovebird yang kita ternak tidak kunjung bertelur??

1. usia lovebird

usia lovebird sangatlah penting bagi anda yang sebagai penangkar. disamping sebagai catatan utama sebagai peternak, anda akan tau usia yang produktif pada sepasang lovebird.

namun jika anda belum tau usia  pada lovebird maka anda akan merasa kesulitan kapan saatnya usia yang produktif pada lovebird tersebut.

seringkali penangkar pemula melakukan penjodohan usia lovebird yang belum matang di jodohkan dengan usia lovebird yang jauh lebih tua sehingga untuk proses perkawinan-pun akan terhambat.

Rekomendasi:
√ Cara Supaya Lovebird Cepat Kawin Dan Bertelur

2. lovebird yang di jodohkan sama-sama jantan

penyebab lain kenapa lovebird sulit bertelur adalah karena lovebird tersebut sama-sama sejenis yaitu jantan dengan jantan.

kegagalan yang sering dilakukan seorang penangkar pemula ialah karena tidak cermat ketika menjodohkan sepasang lovebird yang ternyata sepasang lovebird tersebut ialah sejenis.

jangan heran jika sepasang lovebird jantan ternyata bisa kawin dengan jantan, namun durasi yang dibutuhkan hanyalah sebentar kira-kira 5-10 detik saja. berbeda dengan sepasang jantan dan betina ketika proses kawin membutuhkan waktu yang cukup lama sampai 2-3 menit.

ada juga lovebird betina kawin dengan betina, dalam perkawinan sejenis ini akan menghasilkan telur, namun telur yang dihasilkan tersebut tidak akan dibuahi (kosong). karena sel sperm tidak membuahi sel telur tersebut.

3. lovebird tidak jodoh

kegagalan lain bagi penangkar lovebird ialah karena terlalu memaksakan sepasang lovebird yang tidak berjodoh.

jika sepasang lovebird tidak jodoh, maka proses perkawinan-pun tentu akan terhambat.

kalaupun tercapai pada perkawinan. biasanya hanya sebentar saja karena salah satu lovebird tersebut tidak mau berjodoh sehingga akan menyebabkan stres pada salah satu lovebird tersebut.

4. lokasi kandang lovebird yang tidak nyaman / tidak tenang

perlu anda ketahui, burung lovebird jika di alam liar sangatlah menyukai ketenangan disaat membuat sarangnya. sebab ketenangan akan membuat nyaman ketika betina dalam proses mengerami telur-telurnya. tidak menutup kemungkinan jika telur lovebirds yang dihasilkan-pun bisa sampai 5 menetas semua.

jauh berbeda dengan penangkaran yang pada umumnya yang hanya menghasilkan telur sampai menetas 2 sampai 4 saja.

karakter dari burung lovebird-lah yang akan menentukan produktifitas penangkaran, jika kandang terlalu brisik dan bising akan membuat lovebird susah bertelur karena merasa terganggu.

jika anda menginginkan proses penangkaran berhasil, maka anda perlu memilih tempat yang tenang untuk sepasang lovebird, agar proses kawin dan bertelur tidak terganggu.

5. banyak hewan

penyebab kelima yang sering terjadi ialah karena merasa terganggu oleh hewan lain seperti kucing, tikus, dan hewan lainnya.

ketika lovebird akan bertelur, ia akan mengawasi glodok/sarang dari gangguan hewan lainnya. jika ia merasa terganggu karena hewan lain. biasanya salah satu dari lovebird tersebut seringkali melakukan tindakan yang tidak pernah kita harapkan seperti merusak sarang hingga sampai membuang telurnya sendiri.

6. Gara-gara rasa penasaran anda sendiri

penyebab lovebird sulit bertelur selain gangguan dari hewan lain ialah karena rasa penasaran anda sendiri. seperti sering membuka Glodok / sarang. sehingga sepasang lovebird tersebut akan merasa terganggu karena tindakan anda yang sering membuka glodok atau sarangnya.

biasanya penangkar akan mempunyai rasa penasaran yang tinggi dengan sepasang lovebird tersebut seperti ingin memastikan "sudah bertelur apa belum".

tetapi percayalah tindakan anda demikian akan mengganggu proses bertelurnya lovebird sehingga akan terhambat.

nah itulah beberapa sebab lovebird menjadi sulit bertelur.

semoga bermanfaat..

Posting Komentar