√ Cara Supaya Lovebird Cepat Kawin Dan Bertelur

burung yang berkualitas dan sehat ialah burung yang beranak pinak. slogan tersebut sering terdengar bagi orang yang menangkar burung kicau.

jika anda adalah orang yang termasuk membudidaya burung kicau, maka sudah dipastikan anda berusaha agar burung kicau yang anda ternak dapat berbuah hasil dan mempunyai banyak keturunannya.

mengharapkan anakan dari indukan termasuk perawatan yang ekstra agar menjadi burung yang berkualitas. Namun di pembahasan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya agar burung lovebird yang kita pelihara cepat kawin dan mempunyai banyak keturunan.


berdasarkan pengalaman  yang pernah saya lakukan, banyak sekali kiat dan cara agar burung kicau yang kita pelihara memproduksi dengan baik. Untuk karakter tiap-tiap burung pun berbeda-beda, ada yang tenang ketika bertelur, dan ada juga yang tidak bisa di ganggu ketika bertelur.

begitupun ketika proses kawin, maka biasanya lovebird yang mapan dan yang siap kawin akan mempunyai durasi kawin yang cukup lama. Agar tidak mengganggu ketika proses kawin tersebut maka tempatkanlah kandang pada tempat yang tenang.

jadi hal utama yang harus anda lakukan untuk pencapaian sukses budidaya lovebird ialah mengenali karakter pada burung lovebird yang anda pelihara, agar nantinya ketika sudah kawin dan bertelur kita bisa menjaga kondisi saat mengerami dan menghasilkan telur dan tetas yang maksimal.

baiklah lanjut ke pembahasan yaitu cara agar lovebird cepat kawin dan bertelur. Cara yang saya gunakan di bilang tidak repot atau tidak susah, namun hanya dengan makanan penunjang dan mendukung proses birrahi pada kedua lovebird tersebut saja.

Cara Agar Lovebird Cepat Kawin Dan Bertelur

1. kangkung
sayuran kangkung dipercaya menambah birahi pada kedua burung lovebird yang anda pelihara.

selain itu sayuran kangkung juga dapat menstabilkan birahi burung jantan dan betina. Sayuran kangkung terdiri dari 2 jenis, yakni kangkung darat dan kangkung air.

untuk para penangkar burung lovebird biasanya menggunakan kangkung darat karena disamping higienis juga bersih dari hewan kecil yang terdapat di batang kangkung.

2. jagung muda
jagung muda adalah makanan yang di sukai oleh burung lovebird, selain baik bagi kesehatan burung lovebird, jagung muda juga mampu menaikan birahi lovebird.

jagung muda mengandung protein, kalsium dan banyak vitamin yang di butuhkan oleh lovebird.

3. tauge
tauge sering di gunakan untuk mempercepat proses perkawinan pada burung lovebird, para penangkar burung  lovebird biasanya memberikan tauge agar mempercepat lovebird cepat kawin di usia muda atau mapan.

tauge sangat dpercaya dapat menambah birahi pada kedua sepasang burung  lovebird tersebut. maka berikanlah secukupnya untuk menunjang birahi pada burung lovebird peliharaan anda.

anda juga bisa mencampurkan tauge tersebut dengan millet di wadah pakan.

4. mandi dan jemur setiap pagi hari
proses penjemuran sangat penting bagi burung lovebird yang akan kawin, jika di alam liar sepasang lovebird sering melakukan perkawinan setelah mandi dan berjemur.

jika anda menggunakan kandang ternak yang cukup besar, anda bisa memindahkan burung lovebird ke sangkar yang kecil untuk proses penjemuran. atau bisa juga anda memberikan celah cahaya matahari agar cahaya bisa masuk ke dalam sangkar.

ketika sudah terlihat kawin, anda tidak di perkenankan memindahkan burung lovebird ke kandang lainnya, agar tidak mengganggu proses kawin yang di sertai dengan mengambil bahan sarang ke dalam glodok.

nah itulah cara mudah agar lovebird cepat Kawin dan bertelur.

semoga bermanfaat

Posting Komentar