√ Cara Meloloh Lovebird Anakan (piyek) - Untuk Pemula

ternak burung lovebird sampai saat ini masih di gemari oleh berbagai macam kalangan dari yang muda hingga orang dewasa.

membudidayakan burung lovebird  bukanlah suatu hal yang mudah karena sangat memerlukan perawatan dan perhatian khusus agar ternak yang di harapkan berjalan sukses.

lovebird berasal dari negara afrika yang menyebar di beberapa negara, adapun warna yang sangat variasi disebabkan karena hasil dari persilangan indukan dari jenis spesies yang berbeda.

uniknya ada beberapa peternak yang menyilangkan indukan lovebird dengan jantan burung parkit dan menghasilkan anakan yang sangat unik.


dibawah ini saya akan menjelaskan cara meloloh anakan lovebird dengan baik.


Cara Meloloh Anakan Lovebird Yang Masih Kecil


mungkin bagi anda yang baru memulai merawat anakan lovebird ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips dan kiat dibawah ini, cara merawat lovebird anakan hingga membesarkanya.

- saya sarankan agar anda tidak terburu-buru mengambil anakan burung lovebird dari indukan-nya, jika anda tidak mempunyai keahlian khusus untuk merawatnya. sebab bisa menyebabkan kematian pada anakan lovebird tersebut.

- anda juga perlu mempertimbangkan sebelum mengambil anakan lovebird dari indukan, jika anda mempunyai jam kerja yang padat/kesibukan rutinitas.

ingat, perawatan membesarkan anakan lovebird membutuhkan waktu yang banyak, layaknya anda menggantikan posisi indukannya seperti menyuapi sampai penghangatan.



kapan waktu yang tepat untuk pemula?
jika anda yang tidak mempunyai keahlian khusus, disarankan mengambil anakan lovebird di usia 3 minggu atau umur 1 bulan. sebab di usia 3 minggu atau 1 bulan ini kondisi badan anakan sudah cukup kuat, disertai sudah tumbuh bulu sisir dan paruh pada anakan, juga sudah cukup kuat.

cara meloloh dan merawat anakan lovebird

siapkan tempat atau keranjang kecil yang nantinya akan di gunakan untuk menaruh anakan lovebird. berikan juga alas yang dapat menghangatkan anakan burung lovebird tersebut.

( saya sarankan anda bisa menggunakan bahan sarang seperti yang di gunakan oleh indukan-nya, misal serabut kelapa, rumput teki kering,dll yang terdapat sirkulasi udara dan menghangatkan).

Rekomendasi:
√ Penyebab Lovebird Suka Menggigit Kuku Atau Benda Di Sekitarnya

persiapkan:
untuk meloloh anakan lovebird anda bisa gunakan spet atau mainan suntikan yang di jual di toko mainan.

Buang jarum suntikan-nya (bila ada). Ganti ujungnya mnggunakan karet ketapel untuk meloloh anakan burung lovebird.

gunakan makanan bubur bayi CERELAC atau bubur SUN untuk umur 0-6 bulan atau 0-12 bulan.

untuk rasa bubur CERELAC ATAU SUN saya sarankan anda memilih rasa BERAS MERAH, sebab berdasarkan pengalaman saya menggunakan cerelac rasa beras merah lebih di sukai oleh anakan lovebird dan pertumbuhanyan juga cukup cepat.

cara meracik makanannya
a. siapkan tempat atau wadah untuk bubur cerelac atau mangkok kecil.
b. 1 anakan lovebird membutuhkan 1 sendok teh bubur cerelac (jika anakan lovebird ada 4 maka siapkan 4 sendok teh bubur cerelac ).
c.  campurkan air hangat dengan bubur cerelac tadi, dan di aduk sampai merata. (jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental).
d. masukan kedalam suntikan mainan tadi.

cara melolohnya:
untuk meloloh anakan lovebird anda harus hati-hati jangan sampai kena mata, masuk hidung atau telinga.

perlahan-lahan ketika memberikan makanan ke anakan lovebird yang masih kecil. sebab jika masuk ke hidung akan menyebabkan tersumbatnya pernafasan.

- perhatian: anda tidak perlu memberikan minuman pada anakan lovebird, sebab bisa mengakibatkan kembung, mencret, dan tersumbatnya pernafasan.

waktu yang di butuhkan untuk menyuapinya (meloloh lovebird)

meloloh pada anakan lovebird membutuhan 4 suapan sehari dengan jeda 4 jam.

jadi misal anda memberikan makanan ke anakan lovebird pada jam 6 pagi, maka anda bisa kembali menyuapinya pada jam 10 siang, jam 2 siang, dan 5 sore.

untuk penghangatannya:
- cukup anda gunakan penghangatan dari sarang yang bagus. atau bisa juga menggunakan lampu bohlam 5 watt.

- tempatkan wadah anakan lovebird di bawah lampu 5 watt dalam jarak 25-30cm.

nah itulah cara merawat dan meloloh anakan lovebird untuk pemula.
semoga bermanfaat..

Posting Komentar