√ Penyebab Lovebird Suka Menggigit Kuku Atau Benda Di Sekitarnya

burung berparuh bengkok ini seringkali menjadi salah satu hewan yang unik di pelihara oleh banyak orang karena suaranya, perilaku-nya hingga pada macam-macam warnanya yang sangat indah dilihat.


banyak seseorang yang menyukai burung lovebird karena bertujuan untuk hiasan rumah, hobi, dan berbagai kegiatan untuk berternak.

namun selain hal tersebut ada salah satu perilaku lovebird yang sering membuat kita belum tau, yaitu suka menggigit kuku, menggigit kawat sampai hancur, menggigit tangkringan yang terbuat dari ranting, bahkan ada juga yang menggigit glodok sampai berlubang.

Penyebab Lovebird Suka Mengigit

mari kita bahas penyebab dan perilaku lovebird yang suka menggigit.

di pembahasan kali ini saya akan menerangkan perilaku lovebird yang suka menggigit dari bermacam-macam perilaku lovebird.

1. perilaku suka menggigit di usia muda
hal pertama yang sering kita temui pada lovebird yang suka menggigit ialah karena usianya masih muda yang identik dengan rasa penasaran dan sifat alaminya.

jika kita cermati, burung paruh bengkok salah satu hewan yang memang menyukai menggigit ranting, dari perilaku mengunyah hingga sampai menghancurkannya.

jadi wajar saja jika perilaku menggigit di usia muda termasuk ada beberapa sebab seperti:

a. sifat alaminya
b. membentuk gigi yang kuat
c. membentuk paruh yang kuat
d. bermain
e. mengenali benda sekelilingnya

dari 5 sebab tersebut jika terjadi pada burung lovebird yang masih muda merupakan perilaku yang sangat wajar. anda tidak perlu mengkhawatirkan perilaku tersebut.

Rekomendasi:
√ Mengenal Lovebird KUSUMO, Melatih Karakter Dan Cara Perawatanya

2. di picu karena AGRESIF
hal kedua yang sering terjadi pada burung lovebird dewasa ialah menunjukkan sikap dan perilaku agresif yang berusaha menyingkirkan benda sekelilingnya.

Jika pada usia muda adalah suatu hal yang wajar, namun ketika terjadi pada usia dewasa ada sebab peralihan sikapnya yang berbeda dengan usia muda.

misal:
a. lovebird dewasa yang tidak menyukai benda sekelilingnya
lovebird bisa saja tidak menyukai benda disekeliling kandangnya  yang membuatnya suka menggigit atau berusaha menghancurkan benda tersebut.

perilaku ini normal jika pada usia muda, namun ketika sudah dewasa biasanya perilaku tersebut menunjukkan perilaku atau gaya bahasanya.

b. bosan dengan tempat kandangnya
penempatan kandang yang tidak sesuai dengan keinginan-nya bisa menyebabkan bosan pada perilaku lovebird suka menggigit sampai menghancurkan kandang, seperti kandang yang terbuat dari kawat.

biasanya jika kandang di tempatkan di tempat yang diinginkan lovebird, maka ia akan berhenti menggigit.

c. tidak diberikan jodoh atau lama menyendiri
burung lovebird adalah jenis burung yang hidup suka berkoloni (berkelompok), jika lovebird dewasa yang menunjuklan perilaku menggigit pada usianya, bisa jadi hal tersebut karena jenuh dan bosan karena menyendiri.

maka anda perlu memberikan teman atau jodoh untuk burung lovebird tersebut.

d. faktor birahi
seperti halnya di poin C, lovebird yang tidak diberikan pasangan akan memperlihatkan perilaku alaminya, dan ketika usianya yang siap produktif burung lovebird membutuhkan pasangan-nya.

e. over birahi (OB)
over birahi pada lovebird yang suka menggigit juga bisa disebabkan karena pakan tambahan yang anda berikan pada burung lovebird kesayangan anda.

misal : anda memberikan sayuran  kangkung, tauge, jagung manis setiap hari, maka perilaku menggigit karena over birahi bisa salah satu menjadi penyebabnya.

f. tidak disediakan bahan sarang untuk menyimpan telurnya
faktor terakhir yang sering terjadi di kalangan peternak ialah ketika usai menjodohkan namun tidak segera diberikan glodok atau bahan sarang untuk lovebird yang menyebabkan lovebird akan menggigit benda-benda sekitar karena mencari bahan untuk dijadikan sarang.

nah itulah penjelasan dan pembahasan yang bisa saya bagikan.

semoga bermanfaat.

Posting Komentar