√ Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Jalak Suren Yang Masih Muda

Salah satu jenis burung kicau yang banyak di gemari oleh penggemar kicau ialah burung jalak suren yang sering dijadikan sebagai penghias rumah dan kontest lomba.

adapun jenis jalak suren yang ada pada saat ini sudah jarang ditemukan di alam bebasnya, sebab karena lahan hutan yang sudah semakin gundul, membuat burung jalak suren ini sudah semakin langka dan jarang ditemukan di habitatnya.


Adapun orang yang mmburunya sudah semakin banyak dan membuat jalak suren ini semakin punah, maka dari hal tersebut banyak orang yang berusaha membudidayakan burung jalak suren ini agar keberadaanya tetap ada.

Rekomendasi:
√ mengenal 3 Jenis jalak suren

para penangkar juga berusaha agar burung jalak suren dikembang biakan, mengingat di alam liarnya sudah sulit ditemukan.

Ciri Khas Burung Jalak Suren

salah satu ciri khas pada burung jalak suren ialah pada warna bulunya dengan perpaduan warna hitam dan putih. seperti pada umumnya jalak suren memiliki kaki dengan type anisadoktil atau tiga jari yang mengarah ke depan, sedangkan kaki yang satunya mengarah kebelakang.

burung jalak suren termasuk jenis burung yang habitatnya ialah di dekat sumber air, sebab burung jalak suren bersarang di lubang-lubang yang terdapat sumber air.

untuk mencari makanan seringkali di permukaan tanah seperti jangkrik, ulat tanah, cacing, dan juga seringkali nampak di atas dahan pohon untuk mencari sumber protein dari makanan kroto.

burung jalak suren juga mempunyai ciri khas pada kedua jenis tersebut yaitu pada burung jalak suren betina dan jantan.

suara yang dihasilkan dari kedua jenis tersebut memiliki suara yang sama-sama lantang dan keras, maka dari itu banyak orang yang merasa kesulitan untuk membedakan kedua jenis burung jalak suren ini.

pada umumnya jalak suren betina mempunyai suara yang lantang dan keras namun tidak bervariasi, dan suara yang dihasilkan cukup singkat untuk menandakan komunikasi pada lawan jenisnya saja.

sedangkan suara yang dihasilkan dari jenis jantan ini cukup terdengar suara yang lantang dan keras dan juga bervariasi.

Cara Membedakan Jalak Suren jantan Dan Betina
Untuk membedakan jenis kelamin pada burung jalak suren jika anda belum memahaminya maka akan terasa cukup sulit jika dibandingkan dengan orang yang sudah ahli untuk membedakan  jenis burung jalak suren pada umumnya.

untuk cara membedakan jenis kelamin jalak suren bisa dilihat dari bentuk dan postur tubuhnya yaitu :
a. apabila burung jalak suren diposisikan dengan secara didekatkan atau berdampingan, maka pada umumnya postur tubuh yang jantan lebih panjang dan lebih besar dibandingkan dengan yang betina.

b. pada umumnya burung jalak suren jantan jika dilihat pada area dubur atau kloaka akan terdapat bundaran berwarna biru ke unguan. sedangkan pada betina tidak mempunyai warna tersebut. 

c. postur tubuh jalak suren jantan cenderung tegap, besar dan memanjang, berbeda dengan burung jalak suren betina yang cenderung dengan leher pendek, badan kecil dan juga terlihat lebih pendek dari postur tubuh jantan.

d. suara yang dihasilkan dari jenis burung jalak suren jantan lebih bevariasi dan memanjang, sedangkan pda jennis betina bersuara singkat dan tidak bervariasi.

itulah cara yang bisa anda lakukan untuk membedakan jenis kelamin pada burung jalak suren yang masih muda. biasanya jalak suren yang masih muda lebih mudah dilihat pada usia 3 sampai 5 bulan untuk memastikan jenis kelamin dari burung jalak suren tersebut.

semoga ulasan dan pembahasan ini bermanfaat.

Posting Komentar