√ Cara Mengatasi Kacer Sakit Tenggorokan Dan Penyakit Flu

pada saat musim penghujan, sebagian burung kicau banyak yang tidak menyukai dengan musim ini, sebab ketika musim penghujan, maka aktifitas burung liar menjadi lebih banyak diam disarangnya. seperti pada burung kacer ini yang tidak menyukai dengan musim penghujan. 

sebab, pada burung  kacer ketika musim penghujan, akan menyebabkan sakit tenggorokan dan menjadi batuk serta Flu. lain halnya dengan jenis burung yang tipe dingin. justru akan menyukai dengan musim penghujan.

Rekomendasi:
√ 7 Pakan EF Untuk Kacer Agar Bertambah Gacor Dan Rajin Bunyi ...


Di pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang burung kacer yang mengalami sakit tenggorokan, batuk dan flu karena disebabkan oleh musim penghujan.

Penyebab Burung Kacer Batuk Dan Sakit Tenggorokan

penyakit yang sering terjadi pada burung kicauan yang sering terjadi ialah karena beberapa faktor yang menyebabkan burung tersebut menjadi sakit. salah satunya ialah karena musim dingin atau penghujan.

begitu pula dengan burung kacer yang bisa mengalami penyakit karena beberapa faktor seperti musim penghujan ini. Akibatnya burung kacer mengalami batuk, sakit tenggorokan dan flu yang disebabkan karena adanya angin yang kencang serta suhu udara yang sangat dingin.

Burung kacer merupakan jenis burung yang menyukai dengan suasana hangat atau suhu yang normal, sehingga anda sebisa mungkin merawat burung kacer dengan memberikan perawatan mandi dan penjemuran disaat pagi hari.

penjemuran yang baik untuk semua jenis burung ialah antara jam 07.00-10.00 , tidak disarankan untuk menjemur burung diatas jam 10.00 siang, sebab sinar ultraviolet dan suhu panas tidak baik terhadap badan burung.

namun ketika musim penghujan, maka jangan lakukan untuk memandikan burung kacer tersebut. sebab bisa mengakibatkan sakit.

Cara Mengatasi Burung Kacer Sakit Batuk

ketika musim penghujan, maka disarankan anda mengetahui perawatan yang harus dilakukan. sebab musim penghujan rentan sekali dengan hal sakit karena cuaca yang dingin bisa menyebabkan beberapa burung kicauan anda mengalami sakit, apabila tidak memberikan perawatan yang baik dan benar.

jika burung kacer anda mengalami batuk dan flu maka segeralah lakukan tindakan dengan memberinya obat sesegera mungkin.
salah satu yang bisa anda lakukan ialah dengan memberinya kerodong pada sangkar untuk mencegah angin dingin masuk dan berhembus ke burung kacer.

Penempatan Burung Kacer
langkah yang selanjutnya ialah dengan menempatkan burung kacer di ruangan yang hangat, untuk menyegerakan penyembuhan penyakit tersebut yang membuat burung kacer anda menjadi banyak diam dan murung.

tempatkanlah sangkar pada tempat atau ruangan yang mempunyai suhu baik atau hangat.

Keluarkan Lendir Di Tenggorokannya
Jika sakit tenggorakannya telah menghambat saluran pernapasan burung kacer anda, dan menyebabkan burung kacer menjadi sesak nafas, maka segeralah keluarkan lendir tersebut dari tenggorokannya.

Gunakanlah cutton bud untuk mengeluarkan lendir tersebut di tenggorokanya, lakukanlah dengan hati-hati agar burung kacer anda tidak tersedak.
jika anda tidak mengetahui lendir yang ada dalam tenggorokanya maka ada tanda yang perlu kamu ketahui yaitu:
- burung kacer terlihat sedikit membuka mulutnya dan mengeluarkan sedikit cairan.
- burung kacer terlihat murung atau ngantuk
- nafas pada burung kacer tersengal-sengal
- nfsu makan menjadi berkurang

Pemberian Vitamin dan Makanan Yang Tepat
untuk mengatasi burung kacer anda mengalami sakit tenggorokan dan sakit flu, maka anda perlu memberikan obat dan multivitamin untuk membantu penyembuhan penyakit burung kacer tersebut.
selain itu multivitamin dapat membantu badan burung kacer anda menjadi kuat dari musim penghujan.

untuk makanan burung kacer yang mengalami sakit tenggorokan atau flu, maka berikanlah makanan yang tepat. misalnya ketika anda biasa memberikan makanan jangkrik. maka berikanlah jangkrik yang paling kecil agar mudah untuk menelanya.

Pemandian
untuk burung kacer yang mengalami penyakit sakit tenggorokan maupun flu, maka tidak disarankan untuk memandikannya, sebab akan menjadi memperburuk keadaan burung kacer tersebut.

letakan wadah atau keramba air untuk mandi burung kacer 1 kali dalam 7 hari. biarkan kacer mandi sendiri.

itulah cara untuk mengatasi burung kacer yang mengalami sakit tenggorokan, batuk dan flu.
semoga bermanfaat.

Posting Komentar