√ Mengetahui Penyebab Lovebird Macet Bunyi, inilah Sebabnya ...

burung lovebird mempunyai banyak keindahan seperti pada variasi warna dan suara ngekeknya yang panjang.

namun ternyata banyak penangkar yang merasakan aneh dan masalah pada burung lovebirdnya seperti suara ngekek pada burung lovebird terhenti atau macet berbunyi.

pada saat lovebird macet berbunyi atau macet berkicau ada baiknya anda melakukan beberapa kiat untuk mengembalikan suara ngekeknya.


apa sajakah itu?
dibawah ini saya akan membahas penyebab lovebird macet bunyi.


Penyebab Lovebird Macet Bunyi

1. lama menyendiri

perlu anda ketahui, burung lovebird ialah burung yang hidup suka berkoloni (berkelompok). ada baiknya lovebird diberikan teman untuk menjaga komunikasi antara lovebird yang satu dengan yang lainnya.

meskipun tidak dalam 1 kandang, anda bisa memberikan teman lovebird lainya di kandang lain yang bisa menjangkau dengan lovebird tersebut.

2. tidak pernah di perhatikan kondisi kandang-nya

hal kedua yang sering terjadi ialah karena kandang tidak diperhatikan lagi. situasi atau keadaan pada lovebird akan menjadi berubah saat kandang dan tempat yang ia sukai tidak lagi di perhatikan oleh pemiliknya.

anjuran yang bisa anda lakukan ialah berikan kenyamanan pada lovebird tersebut seperti kebersihan kandang, tempat kandang yang sejuk, dan posisikan kandang dengan tempat kesukaan-nya.
anda juga bisa memberikan mainan di dalam kandang tersebut.

3. berikan makanan secara teratur dan sesuai kesukaan-nya

ada beberapa hal yang menyebabkan lovebird tersebut macet bunyi seperti makanan yang tak lagi di perhatikan atau makanan kesukaanya sudah tak lagi diberikan oleh pemiliknya.

anjuran yang bisa anda lakukan ialah berikan pola makanan yang ia sukai, alangkah baiknya anda memberikan dengan menggunakan tangan anda seperti menyuapi jagung ke lovebird tersebut. hal ini dapat membuat lovebird anda mampu berkomunikasi dengan bahasanya.

4. pelajari karakter burung lovebird

mempelajari karakter burung lovebird yang anda pelihara sangatlah penting, sebab lovebird membutuhkan perawatan khusus dan perhatian khusus.

anda bisa merawatnya secara rutin dari mulai memandikan, memberi makanan, dan mengajaknya bermain. dll.

5. lovebird sakit

hal kemungkinan yang terjadi karena lovebird tersebut macet berbunyi ialah karena sedang sakit.

karena kurang perhatian khusus oleh pemiliknya terkadang  burung tersebut tidak terawat lagi yang menyebabkan burung sakit dan berhenti berkicau.

6. kegemukan

hal ke enam karena faktor kegemukan. mungkin di bahasan nomor 6 ini jarang terjadi.

namun tidak menutup kemungkinan jika penyebab macet berbunyi ialah karena kegemukan.

maka langkah yang harus anda lakukan ialah berikan makanan secukupnya dan berikan pula vitamin yang dapat membantu menyehatkan burung lovebird anda.

nah itulah penyebab dan cara mengatasi lovebird macet berbunyi.

semoga bermanfaat

Posting Komentar