√ Cara Memilih Lovebird Khusus Untuk Lomba

burung lovebird semakin dikenal oleh masyarakat luas di indonesia karena warnanya yang indah dan bervariasi.

ada banyak sekali burung kicau yang sering diikutsertakan dalam acara lomba, seperti  burung murai batu, burung kenari, burung lovebird, burung jalak, burung cucak ijo dll.

burung lovebird seringkali di jadikan untuk lomba karena pada suara khas dan ngekeknya yang mendominasi pada area perlombaan.


jika anda sering melombakan burung lovebird di area perlombaan, maka tentunya anda tau jenis dan karakteristik dari burung yang mempunyai kualitas baik.

ada beberapa cara khusus yang harus anda lakukan pada burung lovebird sebelum di area perlombaan, seperti perawatan, pelatihan serta pakan yang baik untuk burung lovebird peliharaan anda.

Cara Memilih Lovebird Berkualitas Baik Untuk Lomba

1. suara ngekek panjang identik dengan lovebird betina

suara lovebird yang identik dengan suara panjang serta ngekeknya ialah pada burung lovebird betina di bandingkan dengan lovebird jantan.

namun tidak menutup kemungkinan jika burung lovebird jantan juga mempunyai kemampuan yang sama dengan burung lovebird betina.

namun saya sarankan untuk memilih lovebird betina saja untuk di area perlombaan, sebab suara yang dihasilkan panjang dan bagus banyak di hasilkan dari burung lovebird betina. 

2. bentuk kepala

bentuk kepala sangat mempengaruhi kualitas pada burung lovebird tersebut.
misal untuk bentuk kepala yang dominan bagus dan baik ialah bentuk kepala yang besar di bandingkan dengan bentuk kepala yang kecil, sebab pada kepala lovebird yang besar mempunyai mental yang cukup kuat.


untuk perbandingannya, anda bisa gunakan dengan burung lovebird yang lain.
namun tidak menutup kemungkinan jika perawatan dan asupan pakan yang anda berikan juga bisa mempengaruhi pada burung lovebird yang bentuk kepala lebih kecil.

Rekomendasi:
√ Tips Cara Ternak Lovebird Khusus Untuk Pemula

3. bentuk leher pada burung lovebird lomba

leher sangat mempengaruhi suara ngekek dan panjangnya ketika berkicau, sebab leher adalah tempat berada pita suara disana.

dengan bentuk leher yang panjang akan membentuk pola suara yang lebih keras dan kicau yang panjang.

4.warna bulu

warna bulu sering dikaitkan dengan kondisi burung yang sehat dan tidak sehat.
yaa, memanglah benar jika warna bulu sangat mempengaruhi pada kesehatan pada burung lovebird itu sendiri.

jika kusam dan bulu terlihat botak atau gundul maka sudah di pastikan jika lovebird tersebut sedang kurang sehat atau stres.

jika anda memilih burung lovebird untuk dijadikan sebagai perlombaan, maka anda harus memilih warna yang cerah mengkilat.

5. kondisi bulu

hal kelima yang harus anda lakukan untuk memilih burung lovebird sebagai perlombaan ialah anda harus memastikan jika kondisi bulu pada lovebird tersebut mempunyai bulu yang lengkap tidak terlihat semper, patah ataupun gundul.

kondisi baik pada burung lovebird yang mempunyai kualitas bagus ialah bulu-bulu yang tidak cacat.

6. sayap

hal ke enam yang harus anda lakukan untuk memilih burung lovebird yang baik dan berkualitas bagus ialah pada bagian sayap yang menjepit, atau tidak merenggang ke bawah.

pada bagian sayap juga bisa menentukan kualitas dan kesehatan pada burung lovebird itu sendiri.

jika pada bagian sayap yang merapat, menjepit maka sudah dipastikan burung tersebut mempunyai mental yang bagus dan baik.

7. postur tubuh

postur tubuh yang baik pada burung lomba ialah mempunyai sisi tegap, dan proposional, sebab burung lovebird yang mempunyai sikap demikian akan mempengaruhi pada kicau atau suara yang di hasilkannya.

pastikan jika burung tersebut mempunyai postur tubuh yang sebanding dengan sayap, kaki, serta ekornya.

8. bagian kaki

lovebird yang baik dan mempunyai kualitas bagus di area perlombaan ialah yang mempunyai kaki yang sehat.

jangan memilih lovebird yang berkaki cacat maupun bersisik.

9. mata

untuk melihat kualitas pada burung lovebird ialah seperti pada bagian mata yang besar, bersih dan cerah. Sebab kesehatan juga bisa terlihat pada bagian mata lovebird.

jangan anda pilih lovebird yang mempunyai mata berair, sipit sebelah, atau memerah sebagian.

10. cara makan dan gerakannya yang lincah

cara memakan yang bagus dan baik pada burung lovebird ialah yang sangat aktif memakan daripada berdiam dan bertengger saja.

untuk gerakan yang cepat dan lincah menjadi acuan jika lovebird tersebut mempunyai kesehatan yang baik dan mampu dengan kondisi area perlombaan.

nah itulah beberapa kriteria yang perlu anda pilih untuk lovebird perlombaan.


Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar