√ Mengenal Lovebird Kusumo, Cara Melatih Karakter Dan Perawatanya

siapa yang tidak kenal dengan burung lovebird kusumo peliharaan sigit?

burung lovebird betina ini yang selalu jadi jawara di area perlombaan dan aksinya yang memukau membuat para peserta seringkali melongo melihat kicauan dari lovebird kusumo ini.


nama lovebird kusumo berasal dari jawa tengah hasil perawatan dari sigit yang menjadikan lovebird tersebut menjadi burung yang berkualitas jawara di gantangan.

burung lovebird kusumo sudah menjuarai berbagai perlombaan hingga lebih dari 400 kemenangan yang di perolehnya.

burung lovebird kusumo seringkali menduduki posisi tingkat kemenangan teratas dalam perlombaan, selain itu burung lovebird kusumo sering menjadi daya tarik yang begitu dipuji.

Lovebird Kusumo pernah di tawar seharga 2,2M


Lovebird kusumo pernah di tawar seharga 2,2M. Namun sigit menolaknya lantaran burung lovebird kusumo sudah seperti bagian dari hidupnya.

dengan merawatnya tidaklah mudah, ada perawatan khusus dan perhatian khusus yang  membuat burung lovebird menjadi sosok jawara setiap perlombaan.

apa keistimewaan dari lovebird kusumo?
kehebatanya sangat di acungi jempol, sebab ketika burung lovebird kusumo ngekek durasinya sangat panjang dari burung lovebird lain-nya. sikapnya yang anteng di tangkringan menggambarkan jawaranya lovebird kusumo.

bahkan burung lovebird kusumo ngekeknya yang panjang bisa mencapai durasi 3 menit-an.

burung lovebird kusumo memang diakui kehebatan-nya dalam ngekeknya yang tak mau berhenti, adapun jeda berhenti hanya sebentar saja dan melanjutkan aksi ngekeknya.

Rekomendasi:
√ Mengenal Lovebird KUSUMO Yang Menjadi Sejarah Kicau Mania

karakter dari burung kusumo memang cukup fenomenal, banyak yang memuji dan ingin mengetahui rahasia dari perawatan dari jenis burung kusumo ini. Sebab, lovebird kusumo memiliki suara ngekeknya yang panjang dan anteng ketika dalam perlombaan.

namun perlu anda ketahui ternyata burung kusumo ini memiliki cerita yang sama dengan lovebird lain-nya pada saat belum menjadi jawara di gantangan.

contoh suka ngeruji, tidak mau berkicau, bahkan suka turun tangkringan apabila sedang di area perlombaan.

berkat perawatan sigit yang begitu telaten dan usaha yang keras untuk merawatnya, yang pada akhirnya burung kusumo ini menjadi jawara yang cukup fenomenal di setiap perlombaan.

apa saja perawatan-nya?
untuk perawatanya hampir sama dengan perawatan lovebird pada umumnya seperti memandikan, memberi pakan pada umumnya, dan pemberian vitamin khusus.

adapun menciptakan burung lovebird kusumo ini hanya butuh ketelatenan, sabar dan selalu memberikan perawatan khusus.

memandikan
jika burung lovebird identik di mandikan dengan cara di semprot menggunakan air pam/sumur.

namun berbeda dengan perawatan dari sigit yang membuat kualitas pada kusumo menjadi jawara, yaitu dengan memandikan dengan keramba dan menggunakan air hujan yang sebelumnya sudah di tampung di ember.

pakan 
untuk pakan dari burung kusumo-pun sama dengan perawatan pakan burung lovebird pada umum-nya. Namun ada cara tertentu seperti pakan rahasia yang memang tidak mau di umbar.

untuk pakan yang sering menjadi andalan lovebird lomba ialah seperti pakan tambahan sayuran dan pakan yang dikhususkan untuk lovebird ngekek panjang yang biasa di jual di toko burung.

pengembunan
seperti halnya pengembunan pada perawatan lovebird lainya.

burung lovebird kusumo-pun memerlukan pengembunan, seperti yang sudah dilakukan oleh sigit memberikan perawatan pengembunan pada burung lovebird kusumo pada jam 05.30 dengan cara di semprotkan sedikit air untuk membasahi bulu-bulunya. yang kemudian di jemur di teras rumah sampai terbit matahari.

pemberian vitamin
dalam perawatan agar menciptakan burung lovebird yang berkualitas, disarankan anda memberikan vitamin kepada lovebird, yaitu vitamin untuk membentuk hormon dan menambah volume pada suara burung.
anda bisa membeli berbagai vitamin di toko burung terdekat.

nah itulah karakter dari burung kusumo dan cara perawatan-nya.
semoga bermanfaat.

Posting Komentar