√ Perawatan Lovebird Mabung (Tumbuh Bulu) Setelah Rontok Bulu

apa itu mabung?

mabung atau (moulting) ialah proses tumbuh bulu kembali setelah terjadinya kerontokan pada bulu lovebird. kerontokan yang di timbulkan banyak sebabnya, seperti over birrahi, kutu, atau kurangnya sumber protein dalam tubuhnya.

itulah sebabnya mengapa kita harus menambahkan sumber protein untuk kebutuhan pada lovebird ketika terjadinya kerontokan.


bulu-bulu yang setengah jadi (selongsong) pada kulit lovebird terdiri atas 90% protein keratins. protein yang dibutuhkan pada proses mabung ini sangat berbeda dengan protein yang dibutuhkan tubuh dan telur.
pada proses mabung ini membutuhkan protein yang proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau sumber blok protein).

burung lovebird yang sedang proses mabung sangat membutuhkan makanan dengan kandungan asam amino, yang dibutuhkan untuk di serap yang kemudian di simpan sebagai protein keratins yaitu khusus untuk pertumbuhan bulu.

pada proses mabung biasanya burung lovebird akan bekerja keras untuk mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan untuk mencukupi pertumbuhan bulunya agar terlihat sempurna.

Rekomendasi:
√ 7 Perawatan Untuk Lovebird Yang Mudah Sakit Dan Lemas

selain protein keratin dan asam amino, burung lovebird juga membutuhkan energi yang besar untuk menumbuhkan bulu-bulunya. Energi yang besar memerlukan makanan yang banyak untuk menjaga bulu-bulunya terus berkembang.

perlu diketahui, energi yang diperlukan oleh burung yang dalam proses mabung membutuhkan cukup besar ketimbang ketika memproduksi telur.

hal-hal yang harus anda lakukan ketika burung dalam proses mabung ialah anda harus mensuplai makanan yang di perlukan oleh lovebird ketika proses mabung tersebut.


Cara merawat lovebird mabung

berikut ini saya akan menjelaskan cara merawat lovebird proses mabung:

1. tempatkan lovebird di tempat yang tenang

ketika malam hari anda harus memberikan kerodong pada sangkar agar memberikan kehangatan.

2. mandikan lovebird tiap pagi cukup 1x saja

selama proses mabung, anda harus memandikan lovebird dengan menyemprotkan air ke bulu-bulu lovebird dengan hati-hati agar tidak membuat lovebird tersebut stress. cukup mandikan 1x setiap pagi hari ketika jam 8 pagi (disarankan).

3. jemur lovebird di bawah matahari

hal kedua yang harus anda lakukan ialah menjemur lovebird di bawah terik matahari ketika jam 7-9. mungkin langkah ini sering anda lakukan untuk merawat burung lovebird.

sinar matahari sangat membantu pertumbuhan proses matahari karena terdapat vitamin D yang bisa menjaga metabolisme tubuh dan memperbaharui sel-sel yang rusak.

4. tambahkan porsi pakan

hal keempat yang harus anda lakukan ialah memberikan pakan secukupnya atau tambahkan 10% dari biasanya. krena dalam pembentukan sel-sel yang diperlukan lebih banyak asupan dari sebelumnya.

misalnya: tambahkan biji-bijian bunga matahari (kwaci), millet campuran, dan variasikan dengan sayuran-sayuran segar.

5. berikan vitamin

hal kelima anda bisa mencampurkan vitamin kedalam minuman lovebird, anda bisa membelinya di toko burung terdekat.

6. lakukan secara rutin

setelah perawatan cara diatas selama proses mabung, maka anda perlu melakukan kiat-kiat tersebut sampai proses mabungnya sempurna.

nah itulah cara perawatan ketika lovebird sedang proses mabung.

semoga bermanfaat

Posting Komentar