√ Mengatasi Lovebird Tidak Mau Makan Sayuran Kangkung

burung lovebird pada umumnya menyukai dengan makanan biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. namun ada juga lovebird yang sama sekali tidak mau makan sayuran maupun buah-buahan, padahal burung lovebird sangat membutuhkan asupan gizi yang terkandung pada sayuran dan buah-buahan.


Penyebab Lovebird Tidak Suka Sayuran Dan Buah

ada beberapa penyebab yang membuat lovebird tidak menyukai sayuran ataupun buah-buahan yaitu:

a. sayur atau buah yang kita berikan mengandung pestisida (zat kimia).
b. lovebird mengalami thrauma pada rasa sayur atau buah-buahan.
c. lovebird tidak terbiasa melihat sayuran atau buah-buahan sebelumnya.

penjelasan:

a. sayur atau buah yang kita berikan mengandung pestisida (zat kimia)

burung lovebird tidak akan makan sayuran atau buah-buahan, jika dirasa aneh menurutnya. Misalnya sperti berbau pestisida atau zat kimia yang terdapat pada sayuran atau buah-buahan yang anda berikan.

b. lovebird mengalami thrauma pada rasa sayuran atau buah-buahan

ketika anda memotong sayuran atau buah-buahan menggunakan pisau dapur mungkin sudah terkontaminasi oleh cabai, sehingga ketika memotong buah atau sayuran menjadi terkontaminasi oleh rasa cabai tersebut yang menyebabkan thrauma pada lovebird kesayangan anda.

c. lovebird tidak terbiasa melihat dengan sayuran atau buah-buahan sebelumnya

jika lovebird anda sama sekali tidak pernah diberikan sayuran atau buah-buahan sejak kecil/piyek maka bisa terjadi hal aneh bagi lovebird tersebut. karena akan menganggap bukan makanan yang biasa dikonsumsinya.

itulah penjelasan penyebab pada umumnya. di bawah ini saya akan merangkum cara mengatasinya agar lovebird kesayangan anda mau makan sayuran atau buah-buahan:

1. Wajib cuci bersih sayuran dan buah-buahan sebelum diberikan ke lovebird

jika lovebird anda sebelumnya tidak mau makan sayuran atau buah-buahan, maka anda harus melatih dan membiasakan agar lovebird tersebut mau makan sayuran atau buah-buahan dengan cara bertahap.

perlu diperhatikan, sebelum anda memberikan buah atau sayuran  hendaknya di cuci bersih agar terhindar dari pestisida sisa dari obat petani.
(untuk jenis sayuran bisa direndam terlebih dahulu)

2. cuci pisau sebelum digunakan untuk memotong sayuran atau buah-buahan

seringkali kita menggunakan pisau dapur untuk memotong buah atau sayuran, maka hendaknya sebelum kita memberikan makanan sayuran atau buah-buahan untuk lovebird, kita mencuci bersih pisau tersebut agar tidak terkontaminasi oleh sisa Cabai.

3. gantungkan sayuran atau buah-buahan didalam sangkar

jika lovebird anda sejak piyek/kecil tidak pernah diberikan sayuran atau buah-buahan, maka anda bisa memancingnya dengan memberikan sayuran atau buah dengan cara di gantungkan di tengah sangkar.

untuk membiasakan cukup berikan satu helai sayuran (misal satu tangkai kangkung), atau anda bisa memberikan kupasan buah di dalam tempat makanan. (di campurkan)

4. lakukan secara rutin agar terbiasa..

nah itulah penjelasan cara mengatasi burung lovebird yang tidak mau makan sayuran ataupun buah-buahan.

semoga bermanfaat..


Posting Komentar