√ Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina

Burung hwamei (wambi) ialah salah satu jenis burung yang telah dikenal istimewa. Burung ini asal awalnya dari Negara China yang memang telah di Import oleh beberapa penghobi burung kicau diIndonesia.

Dahulu burung hwamei (wambi) paling terkenal di dunia, bahkan pecinta burung ketika tahun 90-an. Namun pada sa'at ini burung hwamei (wambi) ini telah langka dan juga sangat sulit untuk ditemukan.

Terlebih lagi sesudah itu pemerintah china tidak lagi mengizinkan untuk mengimportnya lagi pada sa'at tahun 2000-an. Sebab saat itu, di Negara China, banyak terserang penyakit dari virus flu burung. Dan untuk sa'at ini, kepemilikan burung hwamei (wambi) harus dilengkapi dengan surat-surat atau sertifikat dari pemerintah.

Rekomendasi:
√ Burung hwamei Mini, Ciri dan karakteristik suara Gacorr untuk masteran


Keistimewaan Burung Wambi (hwamei)
Burung wambi yang disebut dengan hwamei ini adalah salah satu jenis burung berdarah panas dan berjiwa petarung sejati. Sebelumnya di lokasi asalnya, burung dilaporkan dikarenakan keunikan kicauannya, akan tetapi juga beradu fisik seperti halnya orang yang mengadu ayam.

Di Indonesia sendiri, burung hwamei (wambi) ini dilombakan kicauannya karena dari kualitas berkicau cukup lumayan istimewa. burung hwamei (Wambi) ternyata juga bisa menirukan suara burung lainnya dengan nada yang terdengar keras dan juga tajam.

Selain itu, juga memiliki volume yang cukup kencang dan gaya ngototnya saat berkicau. burung hwamei (Wambi) yang istimewa dan bisa di ikutsertakan dalam kontest lomba.

Oleh karena itu anda harus bisa mengetahui tentang perbedaan burung wambi jantan dan juga betina sebelum memeliharanya.

Hal ini pastinya penting sekali, khususnya saat merawat burung hwamei (wambi) bakalan atau anakan.

Perbedaan dari Burung hwamei Jantan dan Betina.
Ukuran Tubuh burung hwamei jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan hwamei betina.
sedangkan Untuk burung hwamei yang betina bertubuh lebih besar atau gemuk dan terlihat sedikit membulat.

Leher
Perbedaan burung hwamei jantan dan betina juga bisa dilihat pada bagian lehernya.

burung hwamei jantan pada bagian lehernya yang lebih panjang dan kekar daripada betinanya.
Garis-garis yang ada di leher jantan terlihat lebih cerah. Sedangkan pada betina mempunyai garis-garis di leher yang terkesan halus dan juga memudar.

Garis-garis tersebut akan lebih jelas terlihat pada saat burung hwamei meliukan kepalanya.

Tulang panggul 
burung hwamei jantan juga mempunyai tulang panggul yang lebih sempit sedangkan pada burung hwamei yang betina tulang panggulnya tampak lebih lebar.

Vent
Vent/kloaka yang terdapat pada burung hwamei jantan lebih menonjol vertikal ke atas Sedangkan pada burung hwamei yang betina mempunyai vent yang berbentuk datar dan melebar.

Mata
Perbedaan burung hwamei jantan dan betina juga bisa dilihat dari bagian matanya.
Warna biru di sekeliling mata burung hwamei jantan terlihat lebih biru jika dibandingkan dengan betinanya.

burung hwamei jantan tetap membuka matanya lebar saat dipegang Sedangkan pada burung hwamei betina ingin menutup matanya jika dipegang.

Kaki
jenis burung hwamei jantan mempunyai bagian kaki yang mencengkeram kuat, dengan telapak kaki yang tebal dan juga jari-jarinya yang mempunyai daging besar, Sedangkan pada burung hwamei betina tidak terlalu besar..

Lubang hidung 
burung hwamei jantan juga mempunyai lubang hidung yang terlihat berbentuk lonjong dan posisinya tidak sedikit maju Sedangkan pada burung hwamei betina mempunyai lubang hidungnya terlihat bulat dan tampak lebih ke belakang.

Suara kicauan
burung hwamei jantan juga bisa merekam suara burung lain. Oleh sebab itu burung hwamei jantan mempunyai kicauan yang sangat bervariasi dengan volume yang kencang dan gayanya yang ngotot.
Sedangkan pada betina hanya monoton atau hanya mengeluarkan suara panggilan saja.

Warna bulu 
burung hwamei jantan mempunyai warna coklat yang pekat serta terlihat mengkilap.
Sedangkan pada burung hwamei betina tampak sedikit kusam.

Bulu ekor yang dimiliki dari burung hwamei jantan lebih panjang jika dibandingkan dengan bulu ekor betinanya.

Posting Komentar