√ Cara Melatih Lovebird Balibu Juara (Lovebird Paud)

Lovebird ialah salah satu jenis burung kicauan yang sampai saat ini masih banyak peminatnya. Sebab lovebird memiliki suara khas yang bisa ngekek panjang dan warnanya yang sangat indah.

Banyak sekali pecinta lovebird yang memelihara dan merawatnya semenjak usia muda (paud). tujuannya yaitu supaya penangkar mempunyai banyak waktu untuk memaster dan melatihnya pada usia muda ini.

Sebab lain yaitu, ketika lovebird di usia muda masih mudah sekali untuk di latih pemasterannya. Sehingga ketika dewasa nanti, lovebird tersebut sudah memiliki suara yang Gacor.


Meskipun Untuk memaster lovebird yang masih muda jauh lebih mudah dibandingkan dengan yang sudah berusia dewasa, untuk memasternya juga sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menciptakan Lovebird balibu atau paud tersebut agar cepat fighter serta ngekek panjang di lapangan.

selain itu, pecinta burung kicau haruslah jeli untuk memilih bahan Lovebird yang memiliki sifat fighter dan sifat latahnya.

Cara memilih Lovebird Balibu atau Paud

Sebelum anda memelihara Lovebird Balibu (usia 5 Bulan) lebih baik anda memperhatikan dan mengetahui terlebih dahulu asal usul dari Lovebird tersebut. Apakah Lovebird itu asalnya dari keturunan indukan Lovebird ngekek panjang, ataukah hanya keturunan dari indukan Lovebird harian saja.

Rekomendasi:
√ Penyebab Indukan Lovebird Sembunyikan Telurnya Di Bawah Sarang

Jika sudah dijamin lovebird balibu tersebut peliharaan berasal dari indukan jawara, maka untuk memaster jauh lebih mudah dibandingkan dengan keturunan lovebird harian.

Cara Merawat Lovebird Balibu paud Juara

Untuk melatih lovebird balibu atau paud sebenarnya sangat singkat, yaitu sekitar 2 minggu sampai dengan 3 mingguan saja, namun cepat atau tidaknya semua itu tergantung pada keuletan dan ketekunan anda sendiri ketika melatihnya.

Saat perawatannya, Lovebird balibu diberi dua tangkringan yang setiap tangkringan tersebut harus diberi pakan serta wadah air minum.

Pemberian dua tangkringan tersebut bertujuan untuk melatih otot sayap dan otot dada. Dengan begitu pernafasan Lovebird Paud akan menjadi lebih panjang.

tidak hanya itu saja, pakan dan wadah air juga bermanfaat agar lovebird lebih aktif bergerak pada masa pelatihannya.

Pakan harian Lovebird Paud balibu ini cukup milet putih serta jagung muda saja. Kemudian, dalam beberapa hari sekali, Lovebird tersebut bisa anda berikan dengan pakan ekstra (EF) berupa kangkung segar, kwaci 5-6 biji yang sudah dikupas untuk menambah stamina burung.

selain itu, Anda juga bisa memberikan daun bayam, daun gingseng, daun binahong, serta pucuk daun mengkudu. Pemberiannya secukupnya saja sekitar 1 minggu sekali dan tidak boleh berlebihan.

Mandikanlah dalam keramba atau bak mandi kecil dalam sangkar. Memandikan Lovebird balibu ini secara rutin akan menjadikan nafas dan suaranya menjadi lebih panjang.

Setelah mandi, untuk cara merawat Lovebird balibu selanjutnya yaitu dengan dijemur agar lebih sehat dan memancing lovebird untuk berkicau.

Untuk penjemuran di usahakan ketika pagi hari sekitar jam 7 sampai dengan jam 9 pagi.

Cara Melatih Lovebird Balibu atau Paud Juara

cara selanjutnya yaitu dengan melatih mental pada lovebird balibu atau paud agar mempunyai sifat fighternya, di sarankan kandang di tempatkan di tempat yang  ramai, agar mental pada lovebird tersebut menjadi bagus.

Cara pelatihan Lovebird Paud juga bisa anda lakukan dengan cara masteran burung secara langsung yang mempunyai suara yang lantang dan keras.

Yang dimaksud disini ialah Lovebird Paud didekatkan dengan burung yang sering berkicau ramai, antara lain yakni burung Kenari, Cililin, Tengkek Buto, dan jugga burung Pelatuk.

Lovebird Paud yang anda latih juga bisa dibawa langsung ke tempat area lomba dua minggu sekali untuk mendongkrak mental tarungnya.

dengan membawa lovebird ke area perlombaan, maka lovebird tersebut akan terbiasa dengan lokasi tersebut.
nah itulah cara melatih dan merawat burung lovebird balibu juara.
semoga bermanfaat.

Posting Komentar