√ Penyebab Indukan Lovebird Sembunyikan Telurnya Di Bawah Sarang

Di kesempatan kali ini saya akan membahas perilaku indukan lovebird yang tega menimbun atau menyembunyikan telurnya di bawah sarang.

Sebab ada beberapa lovebird yang memang melakukan tindakan diluar kendali, pada saat indukan merasa terganggu oleh aktifitas manusia, sekitar, maupun hewan lain.


Sebab lain, burung indukan membutuhkan waktu untuk beristirahat yang cukup untuk mengerami telur-telurnya. Jika merasa di ganggu oleh binatang lain ataupun terganggu oleh aktifitas manusia, biasanya indukan lovebird akan membuang telurnya, memecahkan telur-telurnya, sampai menimbun telurnya di bawah sarang.

Perilaku tersebut disebabkan oleh faktor stres pada indukan lovebird yang membuat melakukan tindakan diluar kendalinya.

Namun untuk memahami hal tersebut penangkar perlu mempelajari karakter pada indukan tersebut untuk meminimalisir kegagalan produktifitas pada indukan lovebird. Sebab karakter indukan lovebird tentu berbeda-beda, ada yang agresif, ada juga yang tenang dengan kondisi apapun. Maka pentingnya anda mempelajari karakter lovebird tentu sangat di utamakan.

Selain hal tersebut, tertimbunya telur juga bisa di sebabkan oleh bahan sarang yang terlalu banyak. untuk memahami lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Penyebab Indukan Lovebird Menimbun Dan Sembunyikan Telur-Telurnya


1. Anda Telat Memberikan Bahan Sarang Lovebird

Penyebab pertama telur tertimbun ialah karena anda telat memberikan bahan sarang ke kandang ketika indukan lebih dulu mengeluarkan telur-telurnya.

indukan sudah lebih dulu bertelur namun sarang baru dibuat oleh indukan, sehingga telur tersebut akan tertimbun ketika indukan jantan dan betina membuat sarangnya.

"Jadi seharusnya anda lebih dulu mempersiapkan bahan sarang sebelum indukan bertelur"

Misal : ketika kedua pasangan lovebird sudah terlihat kawin, maka anda harus cepat mempersiapkan bahan sarangnya lebih dulu.

Rekomendasi:
√ 5 Penyebab indukan Lovebird Membuang Telur-Telurnya Dan Memakan Anaknya Sendiri

2. Bahan sarang yang terlalu banyak

Penyebab yang kedua ialah bisa di sebabkan karena bahan sarang yang anda berikan ke kandang melebihi kapasitas glodok.

Pada umunnya lovebird akan terus mengangkut dan menghabiskan bahan-bahan sarang yang anda taruh kedalam kandang, yang kemudian indukan akan membuat sarangnya di dalam glodok.

"Sebaiknya, anda harus memberikan bahan sarang secukupnya saja"

untuk mengukur kapasitasnya sarang yang akan diberikan ke lovebird, anda mengumpulkan sarang dengan membuat di kepalan tangan atau sesuaikan dengan kapasitas dari glodok yang anda gunakan, berikanlah bahan sarang jangan terlalu banyak-banyak, dan juga jangan terlalu sedikit.

3. Karena faktor stres

Penyebab yang ketiga ialah karena indukan lovebird stres terhadap lingkungan sekitar, seperti gangguan dari binatang lain, kondisi kandang yang tidak mendukung, bising, banyak aktiftas manusia, dll.

apalagi jika anda sering membuka glodok, maka sudah jelas jika lovebird akan stress dan melakukan penimbunan pada telur-telurnya.

Dari beberapa gangguan-gangguan tersebut  biasanya akan menyebabkan lovebird menjadi stres dan merasa terganggu ketika mengerami telur-telurnya. Indukan akan tega menyembunyikan telurnya bahkan tidak segan-segan memecahkan telur-telurnya.

Itulah beberapa penjelasan terkait telur lovebird yang disembunyikan dan tertimbun di bawah sarang.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar