√ Cara Ternak Lovebird Sistem Poligami Supaya Berhasil

Dipembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara berternak lovebird dengan cara poligami. Dimana cara berternak lovebird ini dengan menyediakan 1 jantan, dan 2 betina hingga 3 betina.

Untuk menghemat pengeluaran ketika budidaya lovebird, maka peternak Lovebird biasanya melakukan ternak dengan cara poligami agar menghasilkan keturunan yang maksimal.

Perlu anda ketahui, jika lovebird poligami itu idealnya membutuhkan jumlah 1 jantan dan 2 betina, namun ada juga yang menggunakan lovebird dengan 1 indukan jantan dan 3 indukan betina.


untuk melakukan budidaya lovebird ada cara dan teknik khusus yang diperlukan untuk poligami agar berlangsung dengan baik dan maksimal.

Cara Ternak Lovebird Poligami 

yang pertama yang harus anda lakukan ialah Lovebird jantan di usahakan tidak boleh dijadikan satu kandang dengan tiga Lovebird betina sekaligus, akan tetapi buatlah 3 kandang untuk setiap betina dan 1 kandang untuk jantan. Jadi masing-masing lovebird mempunyai 1 kandang.

Uraian cara poligaminya seperti ini :

Lovebird jantan dan 1 betina dalam 1 kandang yang terpisah dari betina lainnya.
setelah lovebird jantan mengawini Lovebird betina yang pertama, lovebird jantan di pindah ke kandang lovebird betina yang kedua. begitulah selanjutnya sampai ke betina yang terakhir.

Kandang yang akan di gunakan untuk ternak Lovebird poligami ini diusahakan dengan memakai kandang soliter atau kandang yang digunakan khusus untuk ternak lovebird. Jadi, Diperlukan 3 kandang ternak Lovebird poligami dan 1 kandang untuk jantan.

Untuk umur indukan Lovebird jantan setidaknya memiliki usia 8 bulan. Sedangkan untuk usia indukan Lovebird betina paling tidak berusia 1 tahun.

Sebaiknya gunakanlah Lovebird betina yang telah menginjak masa birahi. Lovebird yang berjenis kelamin jantan usahakan yang memiliki kualitas bagus dan memiliki stamina yang bagus pula.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Kelebihan dan kekurangan Lovebird Konslet Dan Lovebird Fighter

Jika anda akan ternak Lovebird tipe suara, maka indukan Lovebird jantan maupun yang betina diusahakan mempunyai kualitas dari keturunan Lovebird masteran.
Sedangkan apabila anda hendak mencetak Lovebird pada warna-nya, maka dari tiga indukan Lovebird betina tersebut yang akan dipakai poligami, diusahakan harus memiliki warna yang berbeda-beda, Hal ini bertujuan agar nantinya memiliki keturunan dengan variasi dan warna yang berbeda-beda.

Langkah Ternak Lovebird Poligami 

Untuk teknik atau cara khusus ternak Lovebird poligami ini sebenarnya bisa berhasil dengan mudah jika anda menerapkannya dengan baik dan benar.

Untuk langkah yang pertama yaitu Lovebird jantan dimasukan ke kandang Lovebird betina yang pertama secara berkala.

uraianya seperti berikut ini:

Pada tiap pagi jam 06.00 hingga dengan jam 07.00, Lovebird jantan diusahakan dimasukan ke kandang Lovebird betina.
Dan setelah berada di dalam kandang Lovebird betina selama 1 jam, selanjutnya lovebird jantan diambil dan dimasukan kembali ke kandangnya sendiri.

Pada paginya lagi, usahakan Lovebird jantan tersebut di masukan kembali ke kandang betina yang pertama selama satu jam dari jam 06.00 sampai dengan jam 07.00. setelah satu jam lovebird jantan dikembalikan ke kandangnya sendiri.
( Lakukan selama 4 hingga 5 hari untuk 1 betina )

Setelah cukup sampai 4 hingga 5 hari.
Maka lakukan pula pada kandang betina yang kedua dan betina yang ketiga.
Untuk durasinya pun sama dengan lovebird betina yang pertama, Lakukan cara tersebut hingga benar-benar terlihat sudah kawin.

Biasanya, jika lovebird yang jantan memiliki birahi normal dan dalam masa-masa produksi, Maka diantara salah satu betina tersebut akan bertelur atau ketiganya akan bertelur.

Namun ketika betina dan jantan tersebut belum memperlihatkan tanda-tanda kawin, maka anda perlu mengulanginya lagi.

Selama sistem poligami ini dilakan jangan lupa memberikan makanan EF seperti kangkung, jagung, tauge dan kwaci untuk menambah birahi pada jantan dan betina.

dan siapkan perlengkapan untuk penangkaran seperti bahan sarang lovebird yang baik dan bagus, dll.

Nah itulah cara budidaya lovebird dengan teknik khusus Poligami.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar