√ Mengatasi Mata Lovebird Bengkak Menggunakan Daun Kitolod, Begini Caranya ...

Di pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengobati penyakit mata burung lovebird yang terkena SNOT, biasanya lovebird yang terkena penyakit snot ini akan mempunyai gejala merah pada bagian Kelopak Matanya, atau kelopak mata lovebird membengkak.

maka dari itu, saya akan menjelaskan terkait cara mengobati penyakit mata atau snot pada lovebird dengan memberikan ramuan atau racikan khusus menggunakan daun KITOLOD.


Penyakit Snot atau Infectious Coryza tergolong jenis penyakit yang seringkali menyerang pada burung kicau lainnya.

Penyakit snot ini juga termasuk gangguan pada pernapasan yang disebabkan oleh bakteri haemophilus paragallinarum. Bakteri ini bentuknya seperti batang pendek, terccat polar, non motill.

Kemudian bakteri ini juga tidak membentuk jenis spora serta anaerob, akan tetapi Penyakit snot ini bisa berlangsung akut hingga sampai kronis.

Serangan penyakit ini biasanya terlihat pada bagian mata lovebird yang membengkak atau nafasnya terdengar ngorok.


Gangguan pada burung yang dinamakan dengan snot ini juga mempunyai sifat infeksius. karena bisa menyerang hampir seluruh burung kicauan yang anda miliki.

Lovebird termasuk salah satu jenis burung kicauan yang seringkali terserang oleh penyakit snot.

Cara Mengobati Lovebird Snot (Mata Bengkak)

pada saat anda mengobati penyakit ini, usahakan anda harus bisa mengobatinya dengan cara alami atau tradisional.

Perlu di ingat, penyakit snot yang menyerang pada burung lovebird peliharaan anda tersebut usahakanlah belum parah. sebab, jika sudah termasuk pada stadium lanjut, penyakit snot ini akan menjadi susah dan sulit untuk disembuhkan meskipun dengan obat hewan. melainkan harus cepat dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Rekomendasi:
√ Manfaat Daun Kemangi Untuk Lovebird Juara Dan Ternak Lovebird

Tak hanya itu saja, penyakit snot yang menyerang pada burung lovebird biasanya murni karena disebabkan karena faktor eksternal. Salah satu cara untuk mengobati penyakit snot ini yakni dengan memakai tumbuhan Kitolod.

"Cara mengobati penyakit snot pada lovebird dengan kitolod juga mudah untuk Dipraktekkan".

Manfaat Tanaman Kitolod untuk burung Lovebird

Tanaman Kitolod ialah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki nama ilmiahnya Isotoma Longiflora atau Laurentia longiflora.

Tanaman ini adalah jenis tumbuhan obat yang semenjak dahulu kala telah dikenal sebagai obat mata yang terdapat pada manusia seperti iritasi, katarak, rabun, minus, serta plus.

Bunga dari tumbuhan ini ada kandungan politerol, alkaloid, flavonoid, serta kandungan samponi yang dapat mencegah beraneka macam gangguan yang ada di dalam bagian mata.

Bagian tumbuhan kitolod yang sering dimanfaatkan untuk penyembuhan katarak pada burung yakni pada bagian bunganya.

Bunga yang akan digunakan untuk penyembuhan ini harus bunga yang kondisinya masih segar dan juga benar-benar dalam kondisi bersih.

Oleh karena itu, pada saat anda ingin memetiknya, lebih baik pilih bunga kitolod yang tampak terlihat benar-benar bersih dan masih segar.


Cara Mengobati Snot Lovebird dengan Kitolod


Tanaman kitolod tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan manusia saja, akan tetapi tumbuhan ini juga bermanfaat dan berfungsi untuk mengobati penyakit mata yang terdapat pada burung lovebird. Sehingga pada saat burung lovebird peliharaan anda sedang terserang penyakit snot, usahakanlah anda berusaha mengobatinya sendiri.

Anda juga bisa mengupayakan untuk menyembuhkannya dengan menggunakan ramuan bunga kitolod.

Mengobati snot pada lovebird dengan kitolod cukup mudah untuk dilakukan, caranya: Ambillah 1 bunga kitolod sampai pada bagian pangkal pahanya yang masih segar dan bersih.

Setelah itu, cucilah bunga kitolodnya dengan menggunakan air yang bersih agar kotoran yang menempel tersebut bisa hilang.

Masukkanlah bunga kitolod dalam gelas yang berisi air bersih lalu biarkan di rendam sekitar 5 hingga dengan 10 menit.

Kemudian anda bisa teteskan air rendaman bunga kitolod tersebut dari ujung tangkai bunga 2 sampai 3 tetes.

Mengobati snot pada burung lovebird dengan kitolod tersebut bisa dilakukan setiap tiga kali sehari. Diantaranya yaitu pada pagi hari, siang hari, dan pada sore hari.

demikianlah penjelasan cara mengobati snot atau penyakit mata pada burung lovebird kesayangan anda.

semoga bermanfaat.

Posting Komentar