√ Jenis Cacing Parasit Yang Membahayakan Lovebird Kesayangan Anda

Di pembahasan atikel ini saya akan membahas poin penting terkait penyebab lovebird mudah terkena penyakit, karena disebabkan beberapa jenis cacing parasit yang sering mengganggu kesehatan burung lovebird peliharaan anda.

banyak sekali jenis cacing parasit yang mengganggu kesehatan pada burung lovebird, sehingga burung lovebird tersebut mudah terjangkit oleh penyakit seperti pada saluran pencernaan, kulit menjadi tidak sehat, dan beberapa hal lainnya yang bisa membuat burung lovebird anda menjadi terkena penyakit.

Burung yang dengan suara merdu ini sangat rawan terkena oleh penyakit dari berbagai jenis cacing. itupun jika anda kurang merawatnya dengan benar.

Jenis cacing pengganggu lovebird juga banyak sekali dan memang cukup beraneka ragam seperti yang sudah saya jelaskan.

Tak hanya menjadi parasit saja, melainkan jenis cacing pengganggu ini juga akan selalu mengganggu kesehatan serta keselamatan pada burung lovebird.

Hampir semua jenis burung Lovebird bisa terkena cacing, tanpa terkecuali dengan jenis lovebird lutino mata merah yang harganya mahal juga sangat rentan dengan jenis cacing parasit apabila merawatnya tidak benar.

Dengan demikian jika anda memelihara burung lovebird, maka Anda harus berusaha untuk bisa menjaga kesehatan burung peliharaan tersebut.

Jenis Cacing Parasit Yang Membahayakan Lovebird

Sebenarnya jenis cacing yang suka mengganggu burung lovebird bisa dikatakan paling banyak, cacing tersebut akan menjadikan burung lovebird peliharaan anda menjadi tidak nyaman, stres, bahkan rentan dengan nyilet atau badan kurus.

Tak hanya disebabkan oleh cacing parasit saja, akan tetapi bisa juga memengaruhi kualitas kesehatan pada burung lovebird itu sendiri.

Apabila kualitas dari kesehatan burung lovebird menjadi terganggu, maka bisa dipastikan jika burung tersebut akan berhenti berkicau atau macet bunyi.

untuk menangani masalah kesehatan yang disebabkan oleh cacing parasit, maka usahakanlah Anda memahami jenis-jenis dari cacing tersebut. Adapun jenis cacing pengganggu lovebird tersebut ialah sebagai berikut:

1. Cacing tenggorokan
Cacing jenis ini akan menyumbat pada bagian saluran pernafasan burung lovebird. Selain itu, pada saat yang lama akan menyebabkan burung favorit Anda bisa mati mendadak.

untuk gejalanya yakni seperti bersin dalam waktu yang berkepanjangan. serta pada Bagian hidung burung akan mengeluarkan cairan seperti lendir.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Mata Lovebird Bengkak Menggunakan Daun Kitolod, Begini Caranya ...

Tak hanya itu saja, burung lovebird anda akan sering menggerakkan kepalanya, hal ini diakibatkan agar cacing tersebut keluar dari tenggorokannya.

2. Cacing rambut


Gejala pada burung lovebird yang terserang oleh penyakit cacing rambut ini ialah pada bagian tubuhnya memang sangat minim. sehingga tidak memiliki ciri khusus, yang menandakan bahwa burung lovebird tersebut sedang mengidap cacingan.

Akan tetapi yang sering terjadi ialah burung lovebird tersebut akan terkena diare dan fasesnya sangat encer.

Sedangkan, untuk yang lebih parahnya lagi yakni diare ini akan mudah menyebar ke burung lovebird yang lainnya.

Penyebab adanya cacing ini pada umumnya ialah berasal dari makanan, minuman, kandang, wadah makanan serta wadah minum yang kotor dan tidak pernah dibersihkan.

3. Cacing gelang 
Jenis cacing parasit ini pada umumnya akan menjadikan burung lovebird peliharaan anda akan mengalami anemia serta keracunan.

Kemudian pada beberapa kejadian sering disebutkan, bahwa jenis cacing gelang ini bisa mengakibatkan kematian. Hal ini  disebabkan karena cacing yang sedang hidup berkelompok akan terus menyumbat pada bagian usus burung lovebird.

Apabila usus burung tersebut ada sumbatan, maka Ia tidak akan bisa mencerna makanan lagi dengan baik dan bahkan berdampak pada kematian.

4. Cacing pita 
Jenis cacing parasit selanjutnya yakni berupa cacing pita, cacing ini akan menjadikan burung lovebird menjadi terlihat lesu, lemas, serta kehilangan nafsu makannya.

Tak hanya itu saja, tanda yang lebih terlihat ialah pada bagian paruh burung akan sering terbuka seperti sedang kehausan.

sebenarnya berbagai macam cacing tersebut dapat dibasmi dengan cara memberikan vitamin terbaik. Akan tetapi bila sudah terlanjur terserang oleh penyakit cacingan, maka bisa dengan cara memberikan vitamin sebagai pengobatannya.

untuk menghindari lovebird Anda agar bisa jauh dari penyakit cacingan tersebut, disarankan Anda selalu memberikan perawatan yang extra dan juga teratur.

Kemudian anda juga bisa berkonsultasi pada ahlinya atau dokter hewan maupun menanyakan secara langsung dengan breeder yang sudah senior.

demikianlah penjelasan terkait beberapa jenis cacing parasit yang bisa mengganggu dan membahayakan kesehatan burung lovebird, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan juga tempat makanan agar terhindar dari segala macam peyakit.

Posting Komentar