√ Cara Mengatasi Lovebird Suara Serak Dengan Cara Alami

Penyebab utama munculnya suara serak pada burung lovebird sejatinya sama dengan jenis burung yang lainnya.

Umumnya, burung yang mempunyai suara kicauan serak itu diakibatkan oleh pola perawatan yang salah, Selain hal tersebut juga karena pola kebersihan dan lingkungan yang bisa berpengaruh pada seraknya suara burung tersebut.

Sebab, Hal ini bisa terjadi karena penyumbatan atau gangguan pada syrinx, yakni organ vokal yang dimiliki oleh burung lovebird.

Syrinx ini terletak pada bagian dasar batang tenggorokan (trakea) pada burung. hal ini terbagi menjadi saluran bronkus yang menghubungkan antara saluran trakea dengan organ paru-parunya.

Nah, pada bagian inilah seringkali terjadi suatu permasalahan yang berhubungan dengan suara menjadi serak.


Penyebab Lovebird Suara Serak 

Ada beberapa faktor utama yang bisa menyebabkan suara serak pada burung lovebird. Dan hal tersebut bisa berupa pemberian makanan, pola kebersihan, serta pada pola pelatihan yang salah.

untuk menghindari terjadinya suara serak pada burung lovebird anda, maka anda bisa menyimak beberapa ulasan penting di bawah ini mengenai penyebab serak pada burung lovebird.

Lovebird Serak Karena Faktor Makanan 

Makanan memang sangat berpengaruh sekali pada kondisi suatu burung lovebird yang terkena masalah serak.

Pada umumnya karena makanan yang tidak bersih dan masih terdapat kandungan pestisida, sehingga bisa menyebabkan lovebird menjadi serak.

Oleh sebab itu, sebagai tindakan untuk pencegahannya usahakanlah anda bersihkan terlebih dahulu makanan atau extra fooding tersebut sebelum diberikan ke burung lovebird peliharaan anda.

Misalnya seperti jagung muda, kangkung, sawi dll, dimaksudkan agar terhindar dari zat pestisida sisa-sisa petani.

Rekomendasi:
√ Tips Lovebird Paud Konslet Dan Ngekek Panjang

jangan lupa untuk selalu memberikan vitamin untuk penunjang performa dari lovebird agar lebih baik. Khususnya untuk menghilangkan suara serak pada bagian tenggorokan-nya, vitamin tersebut yaitu vitamin OrBird.

Lovebird Serak Karena Tempat Makanan Kurang Bersih

Lovebird yang terkena suara serak juga bisa disebabkan oleh tempat makanan dan minuman yang kotor, sebab selain dapat menimbulkan berbagai penyakit diare, tempat minum yang tidak bersih (kotor) akan menyebabkan burung lovebird tersebut menjadi serak. hal lainnya juga di sebabkan oleh kotoran yang ada pada wadah atau tempat minuman burung lovebird tersebut.

Lovebird Serak Karena Over Dilatih 

Banyak sekali yang menggunakan pola pelatihan yang cukup berat pada burung lovebird mereka, dengan pola yang seperti  ini mereka yakin bahwa burung lovebird tersebut akan mempunyai kemampuan kicau yang mumpuni. padahal jika over dalam pelatihanya akan berdampak buruk terhadap pita suara lovebird tersebut.

Sama seperti halnya pada manusia, burung yang seringkali dipaksakan untuk berkicau akan menjadikan tenggorokannya menjadi kering.

Dengan kondisi tenggorokan yang kering maka akan menjadikan burung tersebut semakin rentan terkena serak. misalnya Anda terlalu memberikan porsi pelatihan yang cukup berat, seperti memaster burung lovebird dalam berjam-jam, seharusnya anda juga membagi waktu untuk istirahat burung tersebut.

Tak hanya itu saja, Anda  juga harus menyiapkan minuman bermineral yang baik untuk kualitas suara dari burung yang sedang anda latih untuk di master.

Mengatasi Lovebird Serak 

Cara mengobati lovebird yang serak sebenarnya sangat mudah dan praktis yaitu dengan menggunakan jeruk nipis.

Jeruk nipis tergolong buah-buahan yang kaya dengan manfaat, Yaitu Mengandung Vitamin C yang sangat baik, untuk menyembuhkan batuk, sariawan serta untuk membunuh bakteri yang terdapat pada radikal bebas atau polusi.

Cara untuk penyajiannya juga sangat sederhana dan mudah yaitu ambilah 1 cepuk air bersih untuk minum burung lovebird peliharaan anda, Selanjutnya berikanlah air perasan jeruk nipis 3 atau 4 tetes.

campurkan pada cepuk air minum burung lovebird anda tersebut, Lalu berikanlah pada lovebird yang terkena suara serak tersebut.

untuk 1 cepuk hanya 1 hari saja, sehingga pada paginya harus di ganti dengan yang baru, sampai burung lovebird tersebut benar-benar sembuh dari sakit seraknya.

Bila sudah sembuh maka hentikan perawatan penyembuhan tersebut, lalu kembalikan pada perawatan seperti biasanya.

Penyebab burung lovebird serak memang sangat banyak, akan tetapi penyebab tersebut adalah penyakit yang ditimbulkan oleh beberapa perawatan yang salah.

Untuk mencegah suara serak pada burung lovebird  sendiri yakni dengan cara memberikan air mineral yang teratur pada lovebird, selain itu anda juga dapat memberikan vitamin untuk menjaga kondisi kesehatan burung lovebird peliharaan anda agar tetap bagus.

demikianlah penjelasan cara mengobati lovebird serak.

jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs ini untuk mendapatkan info perawatan lovebird dan burung lainnya.

terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar