√ Perawatan indukan Lovebird Yang Sedang Bertelur, Inilah Yang Harus Di Lakukan ...

Di pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang cara Perawatan yang wajib untuk lovebird pada saat indukan bertelur, sebab perawatatan lovebird pada saat bertelur sangatlah penting dan juga di tekankan.

Sebenarnya perawatan pada saat burung lovebird sedang bertelur sangat mudah sekali, Kita hanya menyiapkan dan memberikan makanan pokok disertai dengan makanan tambahan untuk menjaga kondisi indukan pada saat bertelur.


Umumnya pada saat kita merawat burung lovebird yang sedang bertelur cukup dengan memberikan makanan pokok berupa milet putih dan makanan kenari yaitu canary seed dengan porsinya 2 banding 1.

Perawatan Indukan Lovebird Yang Bertelur

Tujuan pemberian makanan tambahan berupa jagung muda sebelum indukan lovebird bertelur yakni sebagai makanan ekstra protein yang bertujuan agar telur-telur yang dihasilkan kedepannya menjadi bagus dan bisa menjadi embrio.

Memang banyak sekali telur yang bisa dihasilkan oleh indukan lovebird, akan tetapi semua telur-telurnya tidak bisa menjadi benih embrio, yang kemudian tidak dapat menetas (kosong).

pada umumnya sesudah sepasang lovebird kawin, indukan lovebird selama 8 hari hingga 10 hari akan bertelur.

Setelah indukan betina mulai mengerami telur-telurnya, anda hentikan dulu pemberian makanan tambahan seperti jagung muda atau pakan EF yang lainnya. Jadi cukup berikan saja milet putih dan canary seed dengan porsi 2:1.

Hal ini bertujuan untuk mencegah burung lovebird betina menjadi nglemak pada bagian dadanya. Istilah nglemak ini tak jauh berbeda dengan kegemukan.

Sedangkan pada lovebird jantan menjadi birahi apabila terus diberikan pakan EF, akibatnya lovebird jantan bisa mengganggu betina yang mengerami telur-telurnya.

Rekomendasi:
√ Manfaat Telur Rebus Untuk Lovebird Agar Rajin Ngekek Dan Gacor

Setelah indukan lovebird mengerami selama 21 hari maka telur akan segera menetas. Burung lovebird ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu untuk telurnya tidak bisa menetas secara bersamaan.

Ada yang menetas pada saat usia telur 21 hari dierami kemudian menetas. Bahkan ada juga telur yang  menetas pada saat usia telur mencapai 25 hari, dan disusul dengan telur lainnya yang ikut menetas.

Banyak ahli peternakan yang mengungkapkan jika burung lovebird pada saat mengerami telurnya yaitu sekitar 21 hari hingga dengan 27 hari. namun ada juga yang mengatakan menetasnya telur lovebird membutuhkan waktu mencapai 21 hari sampai 30 hari. Jika lebih dari 30 hari maka telurnya tidak akan menetas (kosong).

Makanan Lovebird Saat Bertelur

Perawatan lovebird pada saat bertelur harus anda perhatikan secara khusus pada pola makanannya. Makanan terbaik untuk lovebird yang sedang bertelur yakni berupa makanan yang berbobot atau berkualitas seperti banyak mengandung sumber protein.

perhatikan pada saat sepasang lovebird sudah terlihat kawin, maka dalam satu minggu atau 7 hari selanjutnya biasanya akan bertelur.

Untuk siklus bertelur lovebird yakni dua hari sekali. Jumlah telur yang didapatkan juga sesuai dengan keturunan indukan serta bergantung pada makanan yang anda berikan.

Canary seed Untuk Indukan Lovebird Bertelur

Canary seed mempunyai kandungan dan sumber proteinnya lebih tinggi daripada makanan utama lovebird seperti milet putih.

Makanan canary seed mengandung karbohidrat yang cukup baik untuk kesehatan lovebird. Berikan juga makanan secara bervariasi atau dengan dicampurkan dengan milet putih.

Sesudah indukan lovebird terlihat kawin, berikanlah porsi canary seed lebih banyak daripada makanan milet putih, Jadi untuk Perbandingannya yaitu canary seed dua takar dan milet putih yakni satu takar saja.

Anda bisa membeli canary seed di toko burung terdekat dengan harga yang cukup murah.

Dengan perawatan lovebird pada saat bertelur yang tepat dan pemberian makanan yang tepat, maka indukan akan menghasilkan telur yang berkualitas.

Jika telurnya berkualitas, bakal anakannya yang akan ditetaskan nantinya juga akan berbobot dan berkualitas.

demikian cara perawatan yang wajib anda berikan pada saat indukan lovebird bertelur.

Posting Komentar