√ 9 Manfaat Oyong Untuk Burung Peliharaan Yang Harus Anda Ketahui

Sayuran Oyong yang sering dijuluki dengan nama gambas atau nama latin Luffa acutungula, ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan manusia serta untuk burung kicauan.

Manfaat oyong untuk burung kicauan sangat banyak karena di dalam jenis sayuran oyong ini memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah seperti halnya serat, vitamin, dan juga kandungan mineralnya.

Kandungan vitamin yang ada pada sayuran oyong antara lain yakni vitamin A, B, C, dan vitamin E. Sedangkan untuk kandungan mineralnya yang ada pada sayuran oyong mencakup zat besi, seng, magnesium, riboflavin, thiamin, dan sebagainya.


Di dalam sayuranoyong atau gambas ini juga ada kandungan senyawa kimia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antara lain seperti saponin, luffein, cucurbitacin, citruline dan sebagainya.

Rekomendasi:
√ 3 Cara Maksimalkan Suara Burung Peliharaan Cepat Gacor, Lantang Dan Keras

Setiap 100 gram sayuran oyong ini ada kandungan berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Yang pastinya, kandungan yang ada pada buah oyong ini baik sekali untuk kesehatan manusia serta untuk burung kicauan.

Manfaat Oyong untuk Burung 

Sayuran Oyong paling baik untuk kesehatan burung, khususnya untuk burung pemakan biji-bijian. Untuk burung yang mengonsumsi oyong  ini yakni khusus burung yang memakan biji-bijian, Diantaranya seperti burung Kenari, burung Finch, burung Parkit, burung Lovebird, dan juga burung Pleci.

1. Mengatasi Gangguan Pernafasan 
Burung kicauan yang mengalami macet bunyi disebabkan adanya gangguan pernafasan. Maka dari itu, anda bisa mengupayakan dengan memberikan  sayuran oyong dengan cara rutin yaitu dalam beberapa hari sekali agar pernafasan burung menjadi kembali normal.

2. Mempertajam Penglihatan
Di dalam oyong juga ada banyak kandungan vitamin A yang paling baik untuk mata. Dengan memberikan oyong untuk burung secara teratur, maka bisa dipastikan penglihatan burung menjadi semakin tajam lagi.

3. Mengatasi Radang Tenggorokan 
radang tenggorokan tentunya mengakibatkan suaranya akan menjadi serak, bahkan jika sudah parah bisa menjadikan burung tidak ingin bunyi sama sekali.

maka dari itu, anda bisa memberikan sayuran oyong dengan cara berkala. Tujuannya agar gangguan radang tenggorokan pada burung menjadi sembuh, serta burung bisa kembali berkicau lagi.

4. Mengobati Burung yang Cacingan 
Ternyata di dalam oyong berisi senyawa yang bisa berfungsi untuk menanggulangi cacing yang ada pada tubuh burung.

Setelah burung mengonsumsi oyong, pada umumnya cacing akan mati dan keluar dengan sendirinya.

5. Antioksidan
Manfaat sayuran oyong untuk burung kicauan selanjutnya yaitu sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C yangter ada di dalam sayuran oyong bisa dijadikan sebagi antioksidan yang paling baik pada kesehatan burung. Sehingga burung tidak akan mudah sakit karena radikal bebas.

6. Mengatasi Kegemukan 
kegemukan atau Obesitas adalah salah satu masalah yang harus segera diatasi. Sebab, bisa menjadikan burung kurang aktif serta malas untuk berkicau.

Dengan memberikan sayuran oyong ini maka bisa membantu menurunkan berat badan burung agar terhindar dari obesitas atau kegemukan.

7. Penurun Panas 
Saat musim kemarau, suhu udara rasanya memang sangat panas, dengan begitu tidak baik untuk kesehatan burung.

Manfaat oyong ini untuk burung kicauan bisa menurunkan rasa panas yang biasa terjadi di musim kemarau.

8. Menstabilkan Birahi 
Pada saat burung mengalami over birahi, berikanlah sayuran oyong secukupnya sekitar dua minggu sekali.

Pada saat pemberian sayuran ini usahakanlah tidak boleh terlalu banyak, sebab dikhawatirkan burung malah tidak punya birahi sama sekali.

9. Memancing Suara Burung 
Burung yang mengkonsumsi sayuran oyong ini dapat menjadi mudah mengeluarkan suara kicauan. Sebab oyong  ini bisa memancing burung supaya bisa berkicau dengan lebih merdu. Sedangkan untuk burung anakan bisa dengan mudah ngriwik dan buka paruh.

Posting Komentar