√ Penyebab Cendet Nyepah Utuh dan Cara Mengobatinya Menggunakan Ramuan Alami ...

Pada saat memelihara burung cendet pastinya anda akan mengalami berbagai macam permasalahan. Dan salah satu persoalan yang sering dialami oleh burung Cendet yakni burung cendet nyepah jangkrik utuh.

Nyepah yang terjadi pada burung cendet ini merupakan salah satu hal yang dinilai sangat wajar. Namun justru sebaliknya, jika anda menjumpai burung cendet peliharaan anda tidak nyepah utuh, maka ini butuh sekali untuk dipertanyakan, Yaitu tentang pakan apa yang telah diberikan.

Sepahan dari burung cendet ini terkadang berbentuk bulat dan lonjong. Sebenarnya ini tergolong bentuk ampas dari hasil pencernaan burung karena pakan utamanya berupa voer.

Maka dari itu, sepahan yang dikeluarkan oleh burung cendet ini warnanya akan sesuai dengan voer yang dimakan oleh burung cendet tersebut.

Rekomendasi:
√ Manfaat Mandi Sauna Untuk Burung Cendet, Beginilah Cara Yang Baik dan Benar..

Apabila voer yang dimakan oleh burung cendet berwarna cokelat, maka warna dari sepahan yang dikeluarkan dari paruh burung itu akan berwarna cokelat juga.

Begitu juga bila voer yang dimakan ini berwarna hijau, maka sepahan itupun akan berwarna hijau.


Penyebab Cendet Nyepah Jangkrik Utuh 

Nah, untuk masalah burung cendet nyepah utuh, ternyata ada salah satu yang berbeda, yaitu kondisi dimana burung cendet nyepah jangkrik utuh.

Untuk kondisi sepahan dalam bentuk jangkrik yang masih utuh ini juga masih banyak terjadi pada burung cendet pada umumnya. Penyebab utamanya yaitu karena kondisi burung cendet tersebut dalam kondisi kurang fit.

Selain itu bisa juga disebabkan karena burung Cendet tersebut mengalami stres akibat masalah tertentu. Hal ini juga bisa disebabkan karena burung cendet yang sedang mengalami tidak enak badan, flu, demam atau gangguan yang lainnya. Namun dalam hal ini biasanya tidak disadari oleh sang pemiliknya.

Untuk kondisi burung cendet nyepah utuh ini juga sangat berkaitan dengan kesehatan yang ada pada sistem pencernaannya.

Maka dari itulah, burung cendet yang mengalami gangguan pencernaan seringkali dijumpai banyak mengalami nyepah jangkrik utuh.

Sebenarnya, tidak hanya pakan jangkrik saja. Akan tetapi bisa juga dari jenis pakan Ekstra Fooding apapun yang dimakan oleh burung cendet. Sebagai contohnya seperti pakan kroto atau ulat hongkong, juga bisa dikeluarkan lagi secara utuh. Meskipun burung cendet tersebut telah memakan voer, namun tetap saja yang dikeluarkan ialah sepahan kroto atau ulat hongkong.

Apabila hal tersebut tidak segera diatasi dengan baik, biasanya bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan bisa membahayakan burung cendet kesayangan anda.

Cara Mengatasi Cendet Nyepah Jangkrik Utuh 

Untuk menanggulangi atau mengatasi burung cendet nyepah jangkrik utuh, maka anda dapat memberikan obat-obatan yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Anda juga dapat memilih obat-obatan yang mempunyai indikasi membuat burung cendet menjadi fit.

Akan tetapi, apabila anda ingin melakukan pengobatan secara tradisional, maka anda bisa mencoba memberikan bahan alami seperti jahe dan kunyit serta (daun) ginseng untuk burung cendet nyepah utuh.

Keseluruhan dari bahan-bahan ini bisa anda parut untuk diambil sari-sarinya. Selanjutnya diberikan pada burung cendet ini sebagai pengganti air minumnya.

Apabila anda yang sebagai pemelihara cendet ingin lebih praktis lagi, maka anda cukup memberikan jahe, kunyit, dan (daun) ginseng itu pada jangkrik sebagai pakannya.

Sebelum diberikan, usahakanlah anda belah terlebih dahulu. Atau bisa juga anda potong kecil-kecil seluruh bahan-bahan di atas, selajutnya anda bisa berikan pada jangkrik sebagai pakannya.

Dan pada saat anda memberikannya pada burung, paling tidak selisih 1 hari sebelumnya jangkrik itu sudah diberikan makanan bahan alami di atas.

Tujuanya ialah supaya bahan-bahan di atas lebih meresap ke dalam tubuh jangkrik.

Posting Komentar