√ Jenis Penyakit Burung Jalak, Cara Pencegahan dan Tips Untuk Mengatasinya ....

Burung Jalak merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh pecinta burung kicau, sebab kepandaianya pada saat berkicau atau bisa menirukan suara jenis burung yang lainnya. Akan tetapi, ketika merawat burung Jalak terkadang mengalami persoalan masalah seperti terserangnya oleh penyakit .

Burung Jalak yang sedang Mengalami gangguan penyakit pada umumnya akan memperlihatkan tanda-tanda. Diantaranya ialah nafsu makan menjadi menurun, mata burung terlihat sayu dan matanya juga terlihat mengantuk.

Selain hal tersebut untuk menganalisa gejala penyakit juga bisa dilihat dari kotoran/fases burung yang menjadi cair. Pada bagian bulunya yang terlihat kusam, sayap burung yang menjadi lunglai.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Jalak Suren Macet Bunyi Mendadak, Lakukan Cara Jitu Berikut ini Untuk Mengatasinya ...

Selanjutnya bisa juga ditandai dengan burung yang seringkali gemetaran, paruh burung menjadi sering terbuka, dan burung seringkali terlihat hanya  diam saja. Kemudian bisa dilihat pada bagian ekornya yang nampak kotorannya menempel pada kloakanya.


Pencegahan Penyakit Burung Jalak
Apabila berbagai macam gejala tersebut dialami oleh burung Jalak peliharaan anda, maka bisa diartikan bahwa burung tersebut bisa dijamin sedang mengalami salah satu penyakit.

Untuk burung Jalak ini, pada jenis penyakit yang sering mengganggunya diantaranya ialah berak darah, dan juga Susah berak. Selain hal tersebut juga bisa terserang oleh gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit cacingan, masuk angin, radang mata, dan lain-lain sebagainya.

Berak Darah 
Pada saat Burung Jalak terserang oleh penyakit berak darah, maka semua bagian tubuhnya akan terlihat lesu, mulai dari mata, sayap, hingga dengan bulunya yang berwarna kusam.

Tak hanya itu saja, ciri-ciri dari penyakit ini pada umumnya ditandai dengan kotorannya cair/mencret, atau kotorannya terlihat encer dan warnanya kemerahan. Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, maka cara pencegahan penyakit burung jalak tersebut harus segera dilakukan.

Sebaiknya sementara waktu anda bisa kurangi porsi makananya agar usus yang terluka bisa lebih baik kondisinya. Usahakan juga untuk memberikan pakan yang lunak atau halus-halus, seperti voer yang sudah dicampur dengan air hangat. Atau anda juga bisa memberikan obat yang ada untuk memberantas bakteri pada unggas.

Sesudah dilakukan dengan pengobatan, selanjutnya burung Jalak bisa terhindar dari penyakit berak darah lagi. Maka dari itu, anda perlu melakukan serangkaian cara pencegahan, diantaranya seperti mencuci sangkar dari kotoran serta bekas penumpukan makanan yang sudah basi. Perlu diingat juga untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Susah Berak 
Penyakit sulit berak yang sering menyerang pada burung Jalak ini lain halnya dengan penyakit berak darah. Burung Jalak yang terjangkit oleh jenis penyakit susah berak ini akan terlihat cukup riskan dan menderita. Hal ini biasanya diakibatkan karena adanya penyumbatan yang ada pada bagian kloaka yang menyebabkan kotoran tersebut menjadi tidak bisa keluar dengan lancar.

Untuk Pencegahan dari penyakit burung Jalak yang seperti susah buang air besar ini paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa mencobanya dengan memasukkan minyak goreng yang masih bersih/murni ke dalam dubur burung Jalak dengan menggunakan cutton bud.

Hal ini tujuannya tak lain ialah untuk mempermudah burung Jalak tersebut untuk mengeluarkan kotorannya. Bisa juga anda berikan pakan yang baik untuk proses pencernaannya seperti pakan kroto segar, pisang kepok, serta buah pepaya.

Gangguan Pencernaan.
Penyakit gangguan percernaan yang seringkali terjadi pada burung Jalak ialah tak  lain dengan penyakit berak darah. Akan tetapi, pada jenis penyakit ini menyebabkan burung Jalak bisa terlihat mengalami gangguan yang aneh. Misalnya saja seperti berjingkat-jingkat pada saat buang kotoran.

Untuk Pengobatan pada burung Jalak yang seringkali mengalami gangguan pencernaan ini bisa dilakukan engan cara membersihkan sangkar secara rutin. Entah itu membersihkan kotorannya  dan juga bisa dengan membersihkan semua wadah makanan dan minumannya.

Untuk mencegah penyakit burung Jalak juga bisa anda lakukan dengan cara pemberian makanan yang bernutrisi. Supaya burung Jalak tersebut tidak mengalami gangguan pencernaan lagi, usahakan jua anda memberikan makanan yang sehat dan juga bersih.

Pada saat anda akan memberikan pakan jangkrik terlebih dahulu hilangkan kaki dan juga kepalanya.

Posting Komentar