√ Mengetahui Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Peliharaan

Pada saat anda Memelihara burung kicauan tentunya wajib dipelihara dengan cara memberikan berbagai macam jenis makanan yang bernutrisi tinggi. Diantaranya ialah seperti voer, jangkrik, belalang, ulat, serta berbagai macam buah-buahan.

Nah, di antara jenis pakan yang biasa di berikan pada jenis burung kicauan yang anda pelihara yakni ulat kandang. Mungkin anda sudah mengenal salah satu jenis pakan ini.

Kandungan protein yang ada dalam ulat kandang memang sangat baik sekali bila diberikan untuk burung kicau pemakan serangga. Misalnya seperti burung tledekan, burung murai batu, burung Kacer, burung ciblek, burung pleci dan lain sebagainnya.

Rekomendasi:
√ 2 Metode Cara Memaster Burung Yang Baik Dan Benar Pakai MP3

Sebaiknya Burung tersebut di berikan pakan ekstra fooding seperti ulat kandang agar burung dapat menjadi fresh, rajin bunyi dan juga Gacorr. Untuk efek utama dari ulat kandang ini yaitu dapat menjernihkan suara.


Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung

Makanan burung berupa ulat kandang ini ukurannya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan ulat hongkong maupun ulat jerman.

Selain hal tersebut gerakan dari ulat kandang juga sangat agresif, sehingga bisa menjadikan burung kicauan tertarik untuk memakannya.

Manfaat ulat kandang untuk burung kicauan ini cukuplah banyak. Sebab, Ulat kandang tidak akan menjadikan burung kicauan menjadi gemuk. bahkan bisa menjadikan burung tersebut menjadi tidak mudah loyo ataupun lelah, dan juga tidak membuat bulu rontok.

Ulat kandang ini adalah sejenis larva dari kumbang Alphitobisu diaperinus (Tenebrionaidae). Sebenarnya untuk bentuknya juga hampir mirip dengan ulat hongkong. Akan tetapi pada ukurannya yang jauh lebih kecil, serta warnanya yang tampak lebih gelap.

Untuk bisa mendapatkan jenis ulat kandang ini ternyata sangatlah mudah. Sebab, banyak sekali dijumpai pada kotoran ayam dalam jumlah yang banyak dan sudah difermentasi atau yang sudah kering.

Selanjutnya ulat-ulat tersebut akan bermunculan dari kotoran yang telah menggunpal yang sudah difermentasi dalam jumlah banyak.

Sedangkan pada kandungan nutrisi yang ada dalam ulat kandang tersebut antara lain yaitu:

- Protein kasar sebanyak 48%
- Lemak kasar sebanyak 40 %
- Kadar abu sebanyak 3%
- Kandungan ekstrak non-nitrogen sebanyak 8%
- Kadar air sebanyak 57%

Khasiat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan

Ulat kandang memang kalah populler dengan jenis ulat hongkong, namun untuk hasil riset atas kandungannya bisa menjadi bukti jika ulat kandang ternyata lebih memiliki banyak manfaat jika bandingkan dengan ulat hongkong.

Manfaat dari ulat kandang untuk burung kicauan salah satunya ialah untuk menaikkan stamina pada burung. Dengan demikian, maka burung menjadi lebih aktif dan juga rajin berbunyi.

Ulat kandang juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan ulat hongkong. Jenis ulat ini diketahui mempunyai kulit yang tidak terlalu keras, sehingga tidak akan memunculkan efek samping pada saat diserahkan dalam jumlah yang banyak seperti halnya pemberian ulat hongkong.

Perawatan Ulat Kandang Sebelum diberikan pada Burung Kicauan 

Merawat ulat kandang memang dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan cara merawat ulat hongkong yang akan dijadikan sebagai pakan burung kicauan.

Agar bisa menjaga ulat kandang itu tetap segar dan sehat, maka pemberian pakan sebaiknya diutamakan. Sedangkan untuk cara yang bisa anda lakukan pada saat merawat ulat kandang yakni dengan cara menaburi voer halus dan menyimpan ulat kandang tersebut.

Anda juga bisa memberikan pakan seperti halnya sayuran irisan kentang, wortel, ataupun jenis sayuran yang lainnya.

Jangan lupa untuk menjaganya dari serangan hama seperti semut atau hewan perusak yang lainnya. Simpanlah jenis ulat ini di tempat yang teduh dan juga lembab, serta tidak terpapar oleh sinar matahari secara langsung.

Posting Komentar