√ Cara Seting Lovebird Di Malam Hari Yang Baik Dan Benar (Tips Setting Latberan Malam Hari)

Burung Lovebird Merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sering di ikut sertakan dalam acara kontest lomba. Dari sekian banyaknya macam kompetisi lomba Lovebird, tak sedikit para pecinta burung kicauan telah mengikuti Latberan atau Latihan Bersama di gantangan dimalam hari.

Akan tetapi, terkadang banyak juga yang melakukan setingan Lovebird pada pagi dan siang hari dengan disesuaikan setingan Lovebird malam harinya.

Padahal, untuk setingan Burung Lovebird lomba pada malam hari ini sebetulnya sangatlah berbeda dengan setingan Lovebird ketika pagi dan siang hari.

Apabila setingan di pagi atau siang hari, pada umumnya Burung Lovebird akan segera dimandikan setelah mengikuti latberan. maka jika mau mengikuti Latberan di malam hari, Burung Lovebird tersebut tidak boleh dimandikan. Sebab, hal ini sifatnya hanya optional saja, karena pada masing-masing burung Lovebird mempunyai karakter yang berbeda-beda berdasarkan setinganya.

Hal lain yang paling mudah terlihat dari setingan Lovebird dimalam hari ialah pemberian makanan tambahannya atau pakan Extra Fooding (EF). Sebab, cuaca dan udara di malam hari sangatlah dingin, Anda harus memberikan pakan EF yang sifatnya bisa menghangatkan tubuh Lovebird.


Cara Setingan Lovebird Di Malam Hari Yang Baik Dan Benar

Settingan lovebird di malam hari yang harus anda Lakukan ialah, pada saat pagi harinya Burung Lovebird tersebut harus dijemur seperti biasanya. Dan setelah dijemur, Burung Lovebird dikerodong Full dan anda bisa membiarkannya untuk beristirahat.

Setelah itu, ketika sore harinya pukul 17.00 Burung Lovebird tersebut bisa dimandikan kembali namun jangan sampai basah kuyup, cukup terlihat basah saja.

Rekomendasi:
√ Cara Setting Lovebird Lomba, Agar Birahinya Stabil Di Lapangan Dan Tampil Prima

1. Makanan Lovebird khusus latberan malam

Pada malam harinya ketika mengikuti latberan di malam hari usahakanlah diberikan pakan lebih banyak dari Lovebird lomba di pagi hari maupun pada siang hari.

Sehingga, burung Lovebird yang ikuti latberan dimalam hari, untuk setingan pakannya tidak hanya memberikan pakan milet putih dan EF saja. Namun, anda bisa memberikanya berupa pakan biji-bijian mix yang bergizi.

2. Setingan Lovebird dimalam hari

selanjutnya jika anda bisa melakukan dengan memberikanya pakan berupa ekstra Fooding(EF) maka sebaiknya berikan Juga pakan berupa racikan tradisional khusus untuk burung Lovebird yang terbuat dari jahe atau semacamnya yang sifatnya bisa menghangatkan tubuh.

Dan setelah mengikuti latberan di malam hari sudah selesai, biarkanlah Lovebird anda beristirahat kembali.

3. Pakan Lovebird untuk latberan di malam Hari 

Untuk mengerjakan setingan Lovebird di malam hari usahakanlah anda tetap memperhatikan pada masalah pakannya.

Pakan yang diberikan pada burung Lovebird tersebut sebaiknya lebih bergizi yaitu berupa biji-bijian mix, Diantaranya seperti milet putih, milet merah, canarry seed, biji sawi, nigerr seed, linseed, dan juga berbagai macam berupa biji-bijian yang lainnya. Dalam hal ini agar burung Lovebird peliharaan anda tidak kedinginan pada saat settingan malam hari.

Selain hal itu, burung Lovebird anda juga dapat diberikan berupa pakan racikan tradisional seperti jahe atau racikan pakan yang bisa menghangatkan tubuh.

Di samping itu, anda tidak boleh lupa untuk tetap memberikan pakan suplemen dan juga memberikan multivitamin untuk burung Lovebird agar staminanya selalu tetap terjaga dan fit. Untuk Pemberiannya paling tidak seminggu tiga kali. Atau anda juga bisa meyesuaikan dengan karakter burung Lovebird yang anda pelihara.

4. Pantangan Lovebird  untuk setingan di Malam Hari

Untuk settingan Lovebird dimalam hari usahakanlah anda tetap menghindari pantangan yang ada, salah satunya anda jangan memberikan pakan ekstra seperti halnya kangkung.  Sebab malam hari sifatnya dingin, dengan demikian tidak cocok bilamana dipakai untuk burung setingan pada saat malam hari.

Sebaiknya anda mengubah pemberian kangkung ini dengan jagung manis saja yang dapat memberikan tenaga pada burung Lovebird peliharaan anda.

Sesudah mengikuti atau gantangan malam sudah selesai, usahakanlah anda juga tidak boleh langsung memandikannya di hari yang sama.

Jadi dapat disimpulkan jika burung Lovebird yang mengikuti latberan dimalam hari tidak boleh dimandikan setelah selesai namun boleh dimandikan keesokan harinya.

Dengan mengerjakan settingan burung Lovebird di malam hari yang baik dan benar, maka burunh lovebird peliharaan anda bisa menjadi lebih berkualitas dari segi kicauannya.

Posting Komentar