√ Cara Seting Lovebird Lomba, Agar Birahinya Stabil Di Lapangan Dan Tampil Prima

Burung Lovebird Merupakan salah satu jenis burung kicauan yang mempunyai suara merdu dan juga warna bulu yang cantik dan Indah bervariasi.

Tidak hanya itu saja, sebab kicauannya yang cukup merdu, Burung Lovebird pun sering diikut sertakan dalam ajang kontes lomba.

Dalam Hal ini, yang harus anda perhatikan dalam setingan Lovebird Lomba tentu sangat penting yakni pada kondisi birahinya.

Apabila birahi pada Burung Lovebird sedang stabil, maka lovebird tersebut dipastikan bisa tampil maksimal saat mengikuti perlombaan. Akan tetapi, bilamana burung Lovebird tersebut over birahi, atau birahinya sedang tinggi maka performa pada burung Lovebird tersebut pasti menjadi menurun.


Burung Lovebird yang sedang over birahi (OB) pada umumnya akan terlihat ngeruij, ngering, dan juga menempel pada jeruji sangkar. Terkadang pula sering tampak berputar-putar pada jeruji saja. Di samping hal itu, burung lovebird yang OB akan sering ngelantai atau turun ke dasar sangkar.

Rekomendasi:
√ Cara Membuat Jamu Tetes Untuk Lovebird Agar Tampil Gacor Dan Ngekek Panjang

Jika Burung Lovebird berperilaku demikian, maka bisa dijamin birahi Burung Lovebird tersebut sedang tinggi. Jadi, sebaiknya anda harus mengetahui tips untuk setingan birahi Lovebird lomba agar kondisi birahinya menjadi stabil dan normal.

Cara Seting Birahi Lovebird Lomba Dengan Pemberian Pakan EF

Pakan EF atau Ekstra Fooding memang mempunyai peran yang sangat penting untuk menurunkan birahi pada Burung Lovebird. Sebab, setingan EF untuk burung Lovebird Lomba ini diketahui dapat dengan cepat menurunkan birahi, serta bisa mendongkrak birahi burung Lovebird tersebut.

Cara Menaikan Birahi Lovebird Dengan Pakan EF

Ada Beberapa Jumlah pakan EF yang pada umumnya dipakai untuk setingan birahi Burung Lovebird lomba. pakan EF tersebut dantaranya yakni berupa jagung muda, biji matahari, dan juga kangkung. Sehingga, bilamana Burung Lovebird tersebut Kurang birahi, maka anda bisa memberikan pakan cacahan kangkung atau jagung muda. Anda juga bisa tambahkan dengan sedikit garam pada air minum Lovebird agar birahinya naik.

Namun, pada saat pemberian biji matahari ini janganlah sembarangan, usahakan burung Lovebird hanya diberikan 10 hingga 25 biji saja.

Untuk awalannya, anda bisa berikan 10 butir biji matahari terlebih dahulu. Jika Lovebird sudah terlihat nyaman dan performanya menjadi baik, maka anda bisa menambahnya. Dan jika burung Lovebird Anda memiliki birahi yang cukup tinggi, maka bisa diberikan 10 butir biji matahari saja. Namun  apabila Burung Lovebird Anda Kurang birahi, sebaiknya berikan biji matahari cukup 5 butir saja.

Cara Seting birahi Lovebird lomba memang berbeda-beda disesuaikan dengan jenisnya.

Setingan Harian Burung Lovebird Menjelang Lomba 

Di samping setingan menggunakan Pakan EF saja, sebenarnya ada juga perawatan harian pada burung Lovebird Lomba. Setingan harian untuk burung Lovebird ini hampir serupa dengan Burung Lovebird rumahan yang lain.

Burung Lovebird di usahakan dijemur di bawah terik sinar matahari ketika jam 06.30. Kemudian biarkanlah burung Lovebird peliharaan anda mandi sendiri di dalam wadah cepuk.

Apabila Burung Lovebird anda sudah terbiasa dengan disemprot, sebaiknya Lovebird tetap disemprot saja dengan setingan pelan.

Selanjutnya Anda bisa mendekatkan Burung Lovebird Lomba dengan jenis burung masteran, seperti Cucak Jenggot, serta burung Kenari.

Untuk Cara mendekatkannya yakni dengan menempatkan sangkar burung masteran secara berdampingan dengan burung Lovebird peliharaan anda.

Pada saat proses penjemuran, mandi, serta pemasteran, jangan dekatkan Lovebird yang lain dengan Lovebird lomba tadi. Yang terpenting ialah burung Lovebird Anda tidak boleh sampai mendengar suara burung Lovebird lain sebelum diikut sertakan dalam lomba.

Setelah penjemuran dan sudah jam 09.30, usahakan burung dipindahkan kedalam rumah. Atau bisa juga diangin-anginkan di teras rumah terlebih dahulu. Setelah dirasa cukup lama, anda bisa mengerodong sangkar Lovebird Full dan pindahkan ke dalam rumah.

Pada saat sangkar Burung Lovebird Lomba sedang dikerodong Full, sebaiknya burung masteran juga senantiasa di tempatkan secara berdampingan.

Jika anda bisa setting birahi Lovebird lomba dengan baik dan benar, maka pada saat burung Lovebird anda dilombakan birahinya bisa stabil dan mempunyai performa yang prima dan berkualitas.

Posting Komentar