√ Manfaat Dan Bahaya Laron Untuk Burung Peliharaan Yang Harus Anda Ketahui

Pada Saat Burung berada di habitatnya atau di alam liarnya, banyak sekali jenis burung yang suka memakan Laron pada saat musim hujan. untuk jenis burung yang suka memakan serangga laron ini ialah burung Murai Batu, burung Kacer, burung Seriti, burung Walet, burung Kutilang, burung Kenari, burung Cendet, burung Jalak, dan masih Banyak Lagi jenis burung kicauan lainnya.

Perlu anda ketahui, Ternyata Manfaat dari serangga laron untuk burung kicauan sangatlah banyak. Sebab di dalam serangga laron ini mempunyai banyak kandungan protein dan kandungan yang lainnya yang cukup baik untuk kesehatan burung kicauan.


Manfaat Laron Untuk Burung Kicauan 

Perlu anda ketahui, jika serangga laron ini bisa berfungsi untuk menjaga stamina pada burung. Di samping hal itu,  serangga laron juga dapat  menjaga daya tahan tubuh burung agar tidak mudah sakit. Kemudian, serangga laron juga dapat dijadikan sebagai pakan pilihan pengganti kroto ataupun jangkrik.

Rekomendasi:
√ Penyebab Kaki Burung Bersisik Tebal (Medang), Begini Cara Mengobatinya..

Manfaat serangga laron untuk burung kicauan yang selanjutnya yaitu untuk meningkatkan birahi burung dan juga menambah performa burung pada saat lomba.

Selain itu, laron juga   dapat menciptakan burung bisa menjadi lebih gacor seharian full. Bahkan serangga laron ini  juga bisa menambah frekuensi kicauan burung dan juga untuk mengatasi burung yang mengalami stres dan terlihat lesu.

Bahaya Pemberian Laron

Tidak hanya memberikan banyak manfaat saja, ternyata serangga laron juga bisa berdampak riskan pada burung peliharaan anda. Sehingga, sebaiknya anda juga harus berhati-hati dalam pemberian porsi berupa laron ini untuk burung.

Ternyata pada bagian gigi laron cukup sangat tajam, oleh sebab itu dapat menggigit selaput kulit yang ada pada burung atau melukai pada bagian tenggorokannya.

serangga laron ini berasal dari rayap yang sebetulnya mempunyai gigi yang cukup tajam. Oleh karena itu, tidak heran bilamana serangga ini juga  bisa merusak benda-benda yang keras.

Sedangkan pada bagian sayap laron juga mempunyai kandungan zat yang bisa lengket bilamana terkena oleh air. Hal ini juga sangat berbahaya bagi tenggorokan burung. Sebab, jika sampai sayap laron menempel pada unsur tenggorokan burung, maka dapat menyebabkan batuk, gatal, nyeri, dan yang lebih parahnya lagi dapat menjadikan macet bunyi.

Laron juga bisa menjadikan burung menjadi over birahi bilamana diberikan dalam jumlah yang terlampau banyak.

Serangga laron ini juga dapat menjadikan bulu burung rontok. Apabila memberikan laron ini dengan jumlah yang terlalu banyak.


Cara Pemberian Laron untuk Burung yang baik dan benar 

Setelah anda mengetahui bahaya laron bila diberikan secara belebihan pada burung, pastinya anda akan merasa takut untuk memberikan laron sebagai pakan burung pengganti kroto atau sebagai makanan pengganti jangkrik.

Akan tetapi, anda tidak usah khawatir, karena sebenarnya serangga laron tersebut cukup aman dan menyehatkan untuk burung jika diberikan dalam jumlah yang wajar.

Selain hal itu, burung-burung  yanag ada di alam liar juga suka mengonsumsi laron pada saat musim hujan. Meskipun demikian, usahakanlah anda tetap memberikanya dengan cara yang baik dan juga benar. Sebab, pada burung rumahan serta burung liar di alam bebas tersebut cukup berbeda.

Maka dari itu, anda harus memberikan tindakan pencegahan agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan pada kesehatan burung peliharaan anda.

Anda dapat memberikan serangga laron ini sebagai pakan burung harus dalam keadaan mati. Untuk bagian kepala laron usahakanlah dibuang/dipotong terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak melukai pada bagian selaput tenggorokan burung. Pada bagian sayapnya usahakanlah dibuang juga, agar tidak menempel pada tenggorokan burung.

Untuk pertama kalinya anda bisa memberikan laron 1-2 ekor saja. Berikanlah laron pada saat burung terlihat lemas dan lesu. Selain itu, Sebaiknya anda jangan memberikan serangga laron setiap hari. Sebab efeknya bisa jadi tidak baik pada kesehatan burung kicauan peliharaan anda. Untuk pemberianya bisa dilakukan setiap 2x dalam seminggu dalam porsi 3 ekor serangga laron.

Manfaat laron untuk burung kicauan bisa anda dapatkan jika pemberiannya dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Posting Komentar