√ Penyebab Kaki Burung Bersisik Tebal (Medang), Begini Cara Mengobatinya..

Apabila kita merawat dan memelihara burung kicauan, pastinya harus  bisa mengetahui bagaimana kondisi yang dialami oleh burung kicauan yang kita miliki. Sebab, dengan memahami kondisinya, maka kita bisa tahu jikalau burung peliharaan yang kita pelihara memiliki berbagai macam permasalahan.

Selanjutanya pada saat kita memahami permasalahanya tersebut, maka kita akan mudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah yang terjadi pada burung peliharaan kesayangan kita.

Salah satu persoalan yang sering terjadi pada burung kicauan yakni adanya sisik medang pada bagian kakinya. Sebab, Pada persoalan yang seperti ini tidak bisa dibiarkan berlama-lama. Jadi, sebisa mungkin harus cepat diatasi dengan berbagai macam cara.


Pokok inti dari suatu permasalahan sisik medang pada kaki burung ini ternyata tidak saja dialami pada burung yang telah tua saja, namun pada burung yang usianya masih muda juga rentan dengan mengalami sisik / medang yang ada di bagian unsur kakinya.

Penyebab Kaki Burung Bersisik (Medang)

Perlu anda ketahui, jika salah satu penyebab medang atau kaki bersisik pada burung kicauan peliharaan  yaitu berupa tingkat kebersihan kandang.

Kandang adalah tempat berdiam diri dan tempat untuk tidur burung setiap harinya. Oleh karena itu sangatlah dibutuhkan kondisi kandang yang harus tetap bersih dan juga sehat. Memanglah, pada kandang yang kondisinya kotor bisa menjadi salah satu sumber penyakit pada burung kicauan yang kita pelihara.

Rekomendasi:
√ 9 Manfaat Oyong Untuk Burung Peliharaan Yang Harus Anda Ketahui

Permasalahan burung kicauan yang seringkali terjadi seperti medang atau bersisik pada bagian kaki burung bisa di tularkan melalui tempat tangkringan bekas yang pernah dipakai oleh burung lain yang mengalami penyakit sisik atau penyakit medang dibagian kakinya.

Apabila tangkringan bekas burung yang mempunyai masalah kaki bersisik itu belum dibersihkan ataupun tidak diganti, maka bisa saja beberapa bulan kemudian akan berdampak fatal pada burung lain yang menggunakan tangkringan bekas tersebut. dan Diantaranya, burung baru yang menggunakan tangkringan itu dapat menjadi tertular dan mulai tampak sisiknya pada kaki burung yang baru menduduki kandang tersebut.

Jika sudah mengalami hal demikian, maka anda perlu mencari cara untuk menghilangkan sisik medang pada kaki burung peliharaan anda tersebut agar tidak semakin parah.

Cara Menghilangkan Sisik Pada Kaki Burung 
Apabila burung yang anda pelihara telah mengalami sisik atau medang di bagian kakinya. maka, sebaiknya anda sesegera mungkin untuk mengobatinya.  Salah satu cara yang pada harus di lakukan yaitu dengan cara mengobati kaki burung tersebut:

Cara pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan cara membersihkan bagian kaki burung (sisik putih yang menempel pada bagian kakinya) dengan menggunakan minyak kayu putih.

Akan tetapi, pada saat anda akan membersihkan sisik pada kaki burung peliharaan anda tersebut ada suatu hal yang harus anda perhatikan yakni tidak boleh sampai melukai kaki burung tersebut. Terlebih lagi  jika sampai mengeluarkan darah atau timbulnya lecet pada kaki burung peliharaan anda tersebut.

Cara Lain Menghilangkan Sisik Medang Pada Kaki Burung 
Selain cara menghilangkan sisik medang pada kaki burung kicauan seperti diatas, ada cara dan pilihan lain yang bisa anda lakukan untuk membersihkan kerak atau sisik pada bagian kaki burung. Diantaranya ialah dengan Menyemprotkan pada bagian kaki yang berkerak itu dengan menggunakan air garam. Atau Mengolesinya dengan menggunakan kapur sirih atau bisa juga dengan mengelet dengan cara hati-hati dan benar.


Setelah melakukan hal-hal tersebut, maka anda bisa membersihkanya dengan menggunakan kapas atau memakai tisu untuk membersihkan sisa-sisa sisik yang masih menempel pada bagain kaki burung.

Dan selanjutnya jangan lupa untuk selalu mencuci dan membersihkan kandang dan juga memandikan burung dengan rutin dan secara teratur setiap harinya. Dengan demikian, maka kaki burung yag menalami sisik atau medang lama-lama bisa hilang dan sembuh.

Posting Komentar