√ Manfaat Kayu Manis Untuk Lovebird, Dan Cara Pemberian-Nya Yang Baik Dan Benar

Memiliki burung kicauan seperti Burung Lovebird sebaiknya selalu anda rawat dengan baik dan benar. Tentunya, Tujuannya agar kesehatannya tidak mudah terserang oleh bakteri ataupun virus.

Dengan melakukan berbagai macam perawatan secara rutin pada burung Lovebird tentunya akan menjadikannya sebagai burung yang terjaga kesehatanya. Mulai dari bulunya, kondisi fisikalnya, serta pada keindahan suara yang dikeluarkannya.


Di dalam perawatan yang baik yang diberikan untuk burung Lovebird, anda bisa melakukannya dengan cara pemberian rempah-rempah tradisional yang telah diketahui memiliki banyak macam khasiat untuk kesehatan burung.

Salah satunya jenis rempah yang bisa anda berikan untuk burung lovebird ialah berupa kayu manis.

Kayu manis (Cinnamomum Verum) ini sangat populer dan dikenal sebagai tumbuhan herbal yang mengandung banyak khasiat dan dimanfaatkan sebagai bahan baku di pembuatan makanan dan juga minuman herbal.

Tidak hanya itu saja, tumbuhan kayu manis ini dipercayai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia yang mencicipinya. Selain itu, khasiat yang ada pada kayu manis tersebut yakni untuk menangkal terjadinya penggumpalan darah.  Bisa juga untuk menurunkan kolesterol yang meningkat, dan untuk menghangatkan tubuh yang sedang kedinginan.

Kayu manis ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes, dll.

Berbagai macam manfaat yang dipunyai oleh kayu manis tersebut  yakni juga dapat bermanfaat untuk burung Lovebird yang memakannya. Ini semua disebabkan pada kayu manis tersebut terdapat kandungan sekian banyak kandungan mineral. Diantaranya sperti kalsium, sumber zat besi, dan juga zat mangan, yang semua zat tersebut berfungsi sangat baik untuk kesehatan.


Manfaat Kayu Manis Untuk Burung Lovebird 

Manfaat kayu manis untuk Burung lovebird ini dapat menangkal dari berbagai macam jenis bakteri yang menyerang burung peliharaan anda kapan saja. Sebab, pada kayu manis tersebut memiliki sifat untuk membunuh bernagai macam jenis bakteri yang sempat hidup di tubuh makhluk hidup.  Oleh karena itu, kayu manis ini sangat dinilai sebagai tumbuhan herbal yang anti bakteri dan juga jamur.

Rekomendasi:
√ Cara Buat Lovebird Tetap Nagen (Tidak Naik Turun Tangkringan) Pada saat Mengikuti Lomba

Sedangkan manfaat kayu manis untuk burung lovebird antara lain yaitu:

1. Untuk Mengatasi Masalah pada Pencernaan Burung Lovebird

Pemberian kayu manis untuk burung Lovebird yang mempunyai masalah pencernaan dapat dijadikan sebagai obat pilihan untuk mengobatinya.

Masalah pencernaan yang sering terjadi pada burung Lovebird ini pada umumnya disebabkan oleh masalah kesalahan pada pemberian makanan ataupun situasi cuaca yang tidak menentu.

2. Untuk Menyeimbangkan Kesuburan Burung Lovebird

Manfaat kayu manis untuk burung lovebird ini juga dapat digunakan sebagai penyeimbang kesuburan pada burung Lovebird. sebab, di dalam kayu manis tersebut terdapat kandungan zat kimia alami yang mempunyai nama cinnamaldehyde. Yang mana paling berperan untuk menambah hormon dan menyeimbangkan kondisi kesuburan.

Oleh karena itu, diberikannya kayu manis ini bertujuan agar burung Lovebird tersebut tingkat birahinya jangan sampai berlebihan.

Cara Pemberian Kayu Manis Untuk Burung Lovebird

Untuk pemberian kayu manis ini pada burung Lovebird dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

1. Memberikan Kayu Manis Secara Utuh

Kayu manis yang anda berikan untuk burung Lovebird dalam bentuk yang utuh ternyata dapat digunakan sebagai alat terapi pada burung. Terlebih lagi ketika burung lovebird tersebut menggigiti atau mematuk-matukinya untuk dimakan.

Pemberian kayu manis dengan cara utuh ini juga dapat berfungsi sebagai terapi burung, sebab aromanya yang memiliki wangi yang khas serta rasanya yang agak pedas.

2. Di berikan Secara Halus

Untuk Pemberiannya juga bisa dengan cara diolah terlebih dahulu yiatu dengan cara menghancurkan kayu manis  tersebut sampai menjadi bubuk-bubuk halus.

Kayu manis yang terksturnya telah menjadi bubuk dapat diberikan kepada burung Lovebird dengan dicampurkan ke dalam pakan burung seperti roti ataupun egg food.

Dengan demikian, maka burung lovebird tersebut dapat memakan kayu manis tersebut sampai habis.

Posting Komentar