√ Makanan Untuk Burung Kenari Merah Agar Warna Bulunya Tidak Pudar

Burung kenari tergolong salah satu jenis burung kicauan yang memiliki warna bulunya terlihat sangat unik dan juga menawan.  burung kenari yang memliki warna unik untuk dipelihara yakni jenis burung kenari merah.

Burung Kenari jenis red-factor, atau yang sering dikenal dengan burung kenari merah adalah jenis burung kenari yang memiliki pigmen bulu berwarna kemerahan.

Banyak sekali beragam variasi yang dapat anda temui pada burung kenari merah yang ditentukan oleh intesitas warna merah yang terdapat pada bulunya. Contohnya saja seperti red intensive atau merah pekat, dan juga rose (red pastel). Selain warna tersebut ada juga jenis red mosaic (bon putih merah) dan sebagainya.

Agar warna pada burung kenari merah bisa selalu terjaga makasi perhatikanlah dalam sekian banyak hal Antara lain yakni berupa asupan beta karoten yang terdapat pada pemberian makanannya.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Manfaat Wortel Untuk Kenari Dan Cara Pemberiannya ...

Akan tetapi bilamana tidak diberikan dengan perawatan yang tepat, terlebih lagi dari sisi pemberian pakannya yang mengandung beta karotene. Maka warna merah yang terdapat dibagian tubuh burung kenari tersebut dapat mudah sekali menjadi pudar. Khususnya ketika burung itu sedang mengalami masa mabungnya.

Maka dari itu, penting sekali untuk diberikan pakan alami untuk burung kenari merah berupa biji-bijian sebagai makanan utamanya. Selain hal tersebut berikanlah makanan ekstra (extra fooding) seperti halnya buah ataupun sayuran yang banyak mengandung beta karoten.

Anda juga dapat memberikan makanan olahan yang telah dibaur dengan zat pewarna khusus yang alami. Asalkan tidak memakai bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan burung kenari merah peliharaan anda.


Pemberian Pakan Untuk Kenari Merah 

Salah satu hal yang tidak boleh sampai terlewatkan dalam merawat burung kenari merah yakni dalam pemberian pakan yang mengandung pigmen alami. Sebab jika tidak didukung dengan jenis pakanan alami burung kenari merah yang mengandung beta karoten, maka warna merahnya akan cepat memudar dan kembali menjadi warna kuning atau orange yang normal.

Terlebih lagi ketika burung kenari berganti bulu serta pada masa berkembang biak. Namun pada intensitas warna merah yang ada pada varian / strain kenari red intensive, rosse, serta red-mozaik sangat dipengaruhi oleh genetik (keturunan).

Sehingga ada dua hal inti yang sangat dominan pada penampilan warna burung kenari merah, diantaranya yakni genetik dan juga berupa beta karoten dalam pakan burung kenari merah.

Jadi meskipun kita merawat burung kenari merah, dan dalam memelihara anda tidak pernah memberikan makanan yang kaya akan asupan beta karoten, maka warnanya tidak akan bisa bertahan dan malahan akan memudar.

pada permasalahan red intensive, warnanya akan berubah ke warna aslinya (oranye) saat burung menginjak masa mabung maupun saat burung akan bertelur.

Pakan Alami Untuk Burung Kenari Merah 

1. Wortel
Wortel ialah salah satu pakan alami burung kenari merah yang dapat diberikan dalam bentuk utuh yang bisa digantung di jeruji sangkar. Bisa juga diberikan dengan teknik diparut dan hasil parutannya itu disimpan dalam wadah yang terpisah.

2. Ubi jalar 
Ubi jalar juga dapat anda berikan pada burung kenari merah dengan cara direbus terlebih dahulu.

3. Labu
Buah labu seringkali diberikan ketika burung kenari sedang menginjak masa mabung. Tujuannya ialah untuk menjaga supaya warna merah agar tidak berubah dan tetap ada saat bulu-bulu barunya bermunculan.

4. Melon dan Tomat 
Melon dan tomat mempunyai kandungan beta karoten yang cukup, maka anda bisa memberikan untuk dijadikan pakan tambahan burung kenari merah.

Posting Komentar