√ Jenis Pakan EF Untuk Burung Serindit Agar Gacor Setiap Hari

Burung Serindit merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok kecil yang pada saat ini sudah mulai banyak digemari oleh pecinta burung kicauan yang ada di wilayah indonesia.

Suara kicauannya yang terdengar cukup mendencing diimbangi dengan crecetan khas burung paruh bengkok tersebut bisa menarik perhatian siapa saja yang mendengarnya supaya bisa segera mempunyai burung serindit ini dirumahnya. Entah itu dipelihara untuk dijadikan sebagai masteran ataupun hanya untuk memancing jenis burung lainnya yang berbunyi.

Rekomendasi:
√ Perawatan Kutilang Jambul Yang Harus Anda Ketahui ...

Burung Serindit memang sudah cukup popular dengan suara kicauannya yang khas dengan dencingan.

Akan tetapi untuk suara dencingan serindit tersebut terkadang terdengar agak aneh. Namun bilamana sudah terbiasa mendengar suara dencingan burung serindit tersebut, maka akan terdengar lebih merdu.


Makanan Tambahan Untuk Burung Serindit 

Burung serindit termasuk salah satu jenis burung yang mudah dalam perawatanya. Sebab burung ini sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. namun dalam perawatan burung ini supaya bisa lebih rajin bunyi, yaitu pada masalah pakan agar benar-benar diperhatikan, entah itu dari sisi kuantitas, kualitas, serta dari keragamannya.

1. Biskuit Bayi 
Aneka makanan bayi seperti halnya bubur, sereal, serta biskuit bayi dapat anda berikan sebagai makanan ekstra khusus burung serindit.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya bisa menjadikan burung serindit ini menjadi lebih aktif dan juga dapat rajin untuk berbunyi.

Cara pemberian pakan untuk burung serindit ini juga bervariasi, ada yang cara pemberiannya di campur terlebih dahulu dengan menggunakan air sampai menjadi bubur, atau bisa juga dengan diberikan dalam bentuk remahan yang masih renyah.

2. Buah-buahan yang manis 
Burung serindit juga menyukai dengan buah-buahan yang rasanya manis. Kandungan gula yang ada pada buah-buahan ini cukup tinggi dan akan memberikan energi yang cukup untuk burung serindit di dalam beraktivitas di sepanjang harinya.

Ada berbagai macam buah yang dapat anda berikan untuk burung serindit supaya bisa rajin bunyi. Contohnya seperti halnya buah pepaya, mangga, pisang, semangka, dan lain sebagainya.

Namun sebelum anda memberikannya, usahakanlah buah-buahan tersebut direndam terlebih dahulu memakai air garam. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa toksin dan juga sisa pestisida yang pada umumnya menumpuk.

Maka sebelum anda memberikanya, terlebih dahulu buah-buahan tersebut harus ditiriskan.

3. Nektar dan air gula 
Nektar atau sari bunga adalah salah satu cairan yang mempunyai rasa manis seperti gula yang terdapat dalam bunga dan juga tumbuhan.

Pakan Nektar juga bisa didapatkan dalam bentuk serbuk yang sudah banyak dijual di pasaran maupun di kios burung. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menjadikan nektar buatan dengan cara mencampurkan air putih dan juga gula (untuk perbandingan 1:4).

Agar hasilnya bisa maksimal, berikanlah nektar 2-3 kali seminggu, selain itu anda juga bisa memberikannya saat pagi hari.

4. Polen atau serbuk sari 
Polen juga berasal dari jenis bunga dan tumbuhan. Makanan ekstra fooding untuk burung serindit berupa polen ini berbentuk seperti serbuk ataupun tepung.


Polen juga sering disebut dengan superfood, karena mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Pada umumnya polen diberikan dengan cara dicampurkan bersamaan dengan pakan biji-bijian, atau bisa ditempatkan pada wadah cepuk pakan yang terpisah.

5. Sayuran segar 
Jenis pakan Sayur-sayuran yang masih segar sebaiknya selalu anda siapkan setiap hari untuk makanan ekstra fooding serindit peliharaan Anda.

Sayuran merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tetap menjaga kondisi tubuh burung supaya tidak mudah terserang oleh penyakit.

Anda juga dapat memberikan berupa tomat, wortel parut, jagung muda, kangkung, serta kecambah, tauge.

Posting Komentar