√ 5 Penyebab Burung Kenari Tidak Bertelur Yang Wajib Anda Ketahui

Burung Kenari ialah salah satu jenis burung kicauan dengan warna bulu yang cantik dan suaranya yang merdu yang mudah sekali untuk ditangkarkan. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mengembang biakan atau menernakannya.

Penangkar bisanya sudah dapat memprediksi masa produksinya, dan bisa menanggulangi hal yang dapat mengakibatkan kegagalan dalam menangkarkannya dengan cepat teratasi. Misalnya saja Yaitu dengan melalui berbagai macam cara yang baik, termasuk teknik pemeliharaan.

Biasanya burung kenari betina yang siap berproduksi kurang lebihnya sekitar usia 8 hingga 10 bulan. Burung kenari yang Betina akan melakukan proses reproduksinya pada saat umur tersebut dengan mengindikasikan adanya tanda-tanda Diantaranya yaitu burung betina tersebut telah ada respon pada saat melihat kenari pejantan yang merayunya.

Rekomendasi:
√  Cara Menjodohkan Kenari Yorkshire Agar Sukses Dan Berhasil ...

Selain hal tersebut, biasanya burung kenari betina juga akan menunjukan perilaku baru. Diantaranya yaitu membawa serabut-serabut yang sudah disiapkan oleh penangkar untuk dijadikan  sebagai sarang.

Jika dilihat dari Segi fisik dan juga bisa kita lihat yakni  dengan melihat pada bagian perut dan anus yang telah terlihat membesar, merah dan juga membengkak. Itu semua tergolong tanda-tanda jika burung kenari tersebut telah siap untuk ditangkarkan dan siap untuk dikawinkan.


Penyebab Burung Kenari Tidak Bertelur 

Dalam penangkaran burung kenari terkadang di jumpai persoalan dan masalah yang dihadapi seperti terlambat birahi. Hal ini menyebabkan proses reproduksinya juga akan terlambat.

Dalam suatu permasalahan pernah dijumpai bahwa burung betina yang terlambat birahi, kira-kira berumur 2 tahun yang belum juga memperlihatkan bahwa burung kenari tersebut telah siap untuk ditangkarkan.

Hal-hal yang menyebabkan burung kenari betina terlambat birahi dan penyebab burung kenari susah bertelur ialah karena faktor manajemen pemeliharaan yang kurang maksimal. Selain hal tersebut pemberian pakan yang tidak baik, dan juga hal genitas.

Berikut ini penjelasan tentang burung kenari Tidak bertelur


1. Usia Burung Kenari yang belum menginjak usia produksi

Sama dengan penyebab  burung lovebird yang susah bertelur, di antara penyebab burung kenari yang susah bertelur yakni karena usianya yang belum menginjak masa produksi.

Dengan demikian walaupun indukan burung Kenari betina telah melakukan beberapa kali perkawinan, tetapi belum bisa bertelur juga, maka dapat disebabkan oleh perawatan yang kurang baik.

2. Usia burung Kenari betina yang masih muda

Usia burung Kenari betina yang masih muda bisa menjadi penyebab kenapa burung kenari betina tersebut tidak mau bertelur.  Sebab, meskipun burung Kenari betina dengan Kenari jantan telah kawin, akan tetapi burung Kenari betina belum siap, tetap saja tidak akan bertelur.

3. Kenari betina mandul

Kenari yang tidak kunjung bertelur juga dapat disebabkan oleh faktor kemandulan. Dan untuk hal yang sperti ini pasti akan mengecewakan bagi peternaknya.

Akan tetapi dalam hal ini bisa terjadi disebabkan karena perawatan yang salah. Misalnya saja seperti pemberian pakan tambahan atau ekstra fooding yang salah.

Dengan demikian dapat menyebabkan tubuh Kenari terlampau panas. jenis pakan yang dimaksud yakni niger seed dan juga kroto.

Terkadang bisa juga diakibatkan oleh faktor kegemukan atau obesitas pada burung.

4. Burung Kenari jantan tidak ngisi

Sudah banyak yang mengira jika burung Kenari betina tidak bertelur diakibatkan oleh kemandulannya. Padahal hal itu tidak hanya disebabkan oleh burung kenari betinanya saja. Akan tetapi bisa juga terjadi pada penjantannya yang tidak baik. Diantaranya seperti penjantan yang tidak dapat membuahi betina/ tidak ngisi.

Kenari pejantan yang tidak ngisi dapat disebabkan oleh kegemukan dan juga pejantan yang masih mengalami masa mabung. Oleh sebab itu, akan merasa kesakitan pada saat dikawinkan.

5. Bulu di dekat kloaka terlampau lebat

Pada saat burung Kenari jantan dan betina akan melakukan proses perkawinan usahakanlah agar bisa bersentuhan secara sempurna.

Akan tetapi karena bulu disekitar kloaka yang terlampau lebat, maka proses perkawinannya pun akan menjadi terganggu. Jadi, pada saat hendak mengawinkan burung Kenari jantan dan betina lebih baik pada bulu disekitar kloaka burung betina dipangkas  terlebih dahulu dengan benar.

Posting Komentar