√ 9 Cara Setingan Cucak Ijo Bongkar Isian Agar Tidak Gembos Ketika Mengikuti Lomba

Burung Cucak ijo atau yang lebih dikenal dengan CI menjadi salah satu burung kicauan yang sudah mempunyai banyak penggemar. Burung ini memiliki popularitas yang awet apabila dibandingkan dengan burung kicauan jenis lainnya. Harga pasaran burung cucak ijo juga termasuk lebih stabil dan tidak pernah mengalami penurunan ataupun kenaikan yang signifikan.

Burung cucak ijo juga menjadi salah satu jenis burung kicauan yang mempunyai kecerdasan luar biasa. sebab, burung ini bisa meniru suara jenis burung lainnya meskipun dalam waktu yang singkat, bahkan untuk suara yang disukainya bisa ditirukan hanya dengan sekali mendengar. Karena burung cucak ijo mempunyai kecerdasan dalam menirukan suara dari burung lainnya yang bisa dilakukan dengan fasih dan juga cepat. Tentu saja, Burung cucak ijo Menjadikan burung kicauan yang paling digemari oleh para pecinta burung di Indonesia.

Rekomendasi:
√ Penyebab Cucak ijo Lumpuh, Ayan Dan Tetelo, Berikut Cara Mengatasi dan Menyembuhkan-Nya ...

Tetapi dibalik kecerdasannya tersebut, Ternyata burung cucak ijo ini memiliki kelemahan karena mudah lupa dengan suara isian-nya sendiri. Apalagi pada saat ngurak atau masa mabung, maka burung ini bisa lupa dengan materi isiannya.

oleh karena itu, kita harus bisa mengetahui bagaimana cara setingan yang cocok untuk burung cucak ijo agar tidak gembos dan bisa tampil prima ketika mengikuti lomba.


Setingan Cucak Ijo Agar Tidak Gembos
Ada beberapa penyebab yang bisa membuat burung cucak ijo tidak bongkar isian dan hanya gembos saat dilombakan, Yaitu Seperti tingkat birahinya yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. hal Ini karena kurang tepatnya setingan extra fooding harian ataupun pada saat menjelang lomba.

Untuk itu, kita harus benar-benar mengetahui seperti apa setingan yang pas untuk burung cucak ijo agar tidak gembos dan bisa tampil prima ketika mengikuti lomba di lapangan.

Meskipun memiliki segudang materi isian, tapi terkadang burung cucak ijo juga tidak mau bongkar isiannya. hanya suara monoton saja yang keluar. Bahkan terkadang karena latahnya tersebut, burung cucak ijo tersebut justru menirukan suara cucak ijo yang lainnya saat dilombakan. Dan mudah melupakan materi isiannya sendiri.

Agar hal itu tidak terjadi, berikut ini cara setingan cucak ijo agar tidak gembos dan tampil prima yang bisa anda coba:

Setingan Cucak Ijo Agar Bongkar Isian Dan Ngentrok
Pada dasarnya burung cucak ijo ialah salah satu termasuk dari jenis burung liar. Hidupnya berlangsung dengan cara berkelompok. Terkadang berpindah tempat dari satu daerah ke tempat daerah yang lainnya. Tetapi sekarang ini sudah banyak yang menangkarkan berbagai macam jenis burung cucak ijo menjadi burung kicauan yang di gemari. sebab, burung ini sangat mudah dijinakkan dan terbilang mudah juga dari segi perawatannya.

Kelebihan lainnya burung cucak ijo ini yaitu perawatannya hampir sama menyerupai setingan hariannya. Yang membedakannya ialah hanya beberapa hari sebelum perlombaan dimulai, anda perlu melakukan settingan yang cukup untuk burung cucak ijo.

misalnya, Anda perlu sedikit menambahkan berupa pakan extra fooding dan menambahkan jam istirahatnya saat menjelang lomba tiba. Karena anda tentu saja tidak mau jika burung peliharaan anda gembos karena kehabisan tenaga.

Bagi anda yang ingin mengetahui dan ingin mencobanya, anda bisa menyimak ulasan dan informasi mengenai setingan lomba burung untuk burung cucak ijo berikut ini:

1. Sebelum di hari perlombaan, tepatnya tiga hari sebelum menjelang lomba.
burung cucak ijo wajib untuk di full krodong dan hentikanlah untuk ditemukan dengan burung cucak ijo yang lain. Hal ini bertujuan supaya burung cucak ijo tersebut menyimpan tenaga dan staminanya, supaya nantinya tidak mengalami gembos saat di gantangan di perlombaan.
2. Selanjutnya berikanlah perawatan mandi dan penjemuran, tapi jangan terlalu lama. penjemuran cukup selama 30 menit saja.
3. Berikan pakan berupa buah pepaya di H- 3 dan H- 2, sementara untuk di H- 1 anda bisa memberikannya berupa buah pisang.
4. Untuk pemberian pakan EF anda bisa memberikannya 5 ekor jangkrik pada saat pagi hari dan 5 ekornya lagi pada saat sore hari.
5. Satu jam sebelum di gantangkan, sebaiknya diangin-anginkan sebentar. Hal ini bertujuan agar burung cucak ijo bisa menyesuaikan diri dengan suasana yang ada di area lomba.
6. Berikanlah jangkrik 5 ekor dan juga ulat hongkong sebanyak 7 ekor saja.
7. kemudian bersihkanlah kandang dari kotoran dan sisa-sisa pakan yang berjatuhan.
8. Jika burung cucak ijo akan naik gantangan, sebaiknya berikan satu ekor jangkrik lagi. Amatilah burung cucak ijo milik anda ketika digantangkan.
9. Apakah burung tersebut bisa bekerja secara maksimal dengan bongkar isian sambil bergaya ngentrok? atau hanya berkicau tanpa ada gaya sama sekali?

Apabila burung cucak ijo sudah bekerja saat di lapangan, anda bisa meneruskan setingan tersebut untuk lomba berikutnya. Kalau ternyata belum maksimal, maka anda bisa mengoreksi apa yang kurang dari setingan tersebut

Posting Komentar