√ Penyebab Cucak ijo Lumpuh, Ayan Dan Tetelo, Berikut Cara Mengatasi dan Menyembuhkan-Nya ...

Burung cucak ijo merupakan salah satu burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh para kicaumania. Akan tetapi didalam pemeliharaannya tersebut terkadang burung cucak ijo yang dipelihara terkena oleh penyakit tetelo.

Penyakit Lumpuh pada unggas ini yang dinamakan tetelo seringkali menyerang pada jenis burung kicau, khususnya pada burung cucak ijo.

Rekomendasi:
√ Cara Ternak Cucak Ijo Menggunakan Sangkar Gantung


Penyebab Penyakit Lumpuh Pada Burung Cucak Ijo
Penyakit Tetelo termasuk salah satu jenis penyakit yang mematikan apabila tidak segera ditangani dengan cara yang tepat.

Jenis Penyakit ini seringkali menyerang pada burung kicau pada saat musim pancaroba, terlebih lagi jika cuacanya sangat ekstrim.

Jenis penyakit tetelo ini tidak hanya menyerang pada burung-burung dewasa saja. Melainkan pada burung anakan atau trotolan juga sangat mudah terserang  oleh jenis penyakit tetelo.

Oleh sebab itu, sebagian besar dari penghobi burung kicau merasakan khawatir dengan adanya serangan penyakit ini. Sebab, penyakit tetelo bisa menyerang pada burung dari semua umur.

Penyakit tetelo seringkali terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya gejala ataupun tanda-tanda tertentu pada burung.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang pada bagian syaraf burung , dengan demikian maka bisa menyebabkan burung peliharaan anda mengalami lumpuh dan jatuh dari tangkringan.

Selain hal tersebut, penyakit Lumpuh yang terjadi pada burung cucak ijo juga bervariasi, ada yang mengalami lumpuh dibagian sayap saja, namun ada juga lumpuh yang hanya sebagian. Akan tetapi ada juga burung cucak ijo yang lumpuh seluruh badan-Nya.

Ciri-ciri Burung Cucak Ijo Mengalami Lumpuh atau Tetelo
Ciri-ciri burung cucak ijo yang terkena oleh penyakit tetelo ini diantaranya ialah burung cucak ijo yang pada mulanya sehat dan berkicau gacor tiba-tiba mendadak menjadi pendiam dan tidak mau makan seharian.

Selain hal tersebut, burung cucak ijo selalu berada dibawah terus dan tidak mau naik ke atas tangkringan.

Tanda yang lebih jelasnya serta seringkali terjadi ialah burung tersebut tiba-tiba jatuh dan tidak bisa bergerak sama sekali. Namun, mata burung cucak ijo masih bisa terbuka.

Lebih parahnya lagi, seringkali dijumpai burung cucak ijo tiba-tiba kejang ataupun ayan.

Tetelo ini pada umumnya disebabkan oleh virus tertentu yang masuk ke dalam tubuh burung.

Virus penyebab tetelo ini asalnya dari berbagai macam sumber. Misalnya saja berasal dari kandang yang kotor ataupun lingkungan-nya yang cukup kotor.

Maka dari itu, hendaknya kita selalu rajin membersihkan kandang burung agar burung peliharaan kita tidak terjangkit oleh penyakit tetelo.

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Lumpuh atau Penyakit Tetelo
Untuk anda yang menjumpai burung peliharaan anda terkena penyakit tetelo sebaiknya janganlah panik.

Anda mungkin merasa panik karena tidak mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan burung peliharaan-nya tersebut. Sebab apabila salah penanganan, burung pelihraan anda tersebut bisa mengalami kematian.

Dengan demikian, Maka Anda harus mengetahui cara mengatasi cucak ijo mengalami penyakit tetelo tersebut.

Mengatasi burung cucak ijo lumpuh, kejan ataupun tetelo  ini sangat bervariasi, akan tetapi semuanya bertujuan untuk menghilangkan virus dan menjaga burung peliharaannya supaya tetap dalam kondisi vit.  Untuk Pengobatannya bisa berupa bahan alami ataupun bahan kimia.

Pertolongan pertama untuk burung cucak ijo terkena penyakit tetelo bisa anda berikan berupa air gula.

Untuk Langkah pembuatannya yaitu berikan air gula dilarutkan kedalam air hangat. Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan madu untuk pertolongan pertamanya.

Untuk jenis Obat lumpuh pada burung cucak ijo atau Tetelo yang seringkali dipakai dan mudah didapat di toko burung ialah jenis obat anti saraf.

Kemudian untuk Obat alaminya yaitu dengan menggunakan daun saga.
Cara pembuatannya yaitu dengan cara memeras daun saga sampai daunnya tersebut mengeluarkan air, setelah airnya disaring, selanjutnya diberikan pada burung yang terkena penyakit tetelo tersebut.

Perhatian!, Dianjurkan burung yang terkena penyakit lumpuh atau tetelo ini jangan sampai dimandikan terlebih dahulu hingga benar-benar sembuh, dan sebaiknya selalu jaga kebersihan kandang.

Penyakit Tetelo pada umumnya bisa sembuh antara satu hingga tiga hari dari mulai pengobatan yang sudah di sarankan.

Ingat penyakit tetelo juga bisa sembuh dengan cepat, akan tetapi penyakit tetelo juga sangat cepat membunuh burung kesayangan anda apabila tidak segera ditangani.

Posting Komentar