√ Panduan Cara Ternak Lovebird Cepat Bertelur, Lakukan 7 Cara Berikut ini Agar Sukses Dan Berhasil

Burung lovebird ialah salah satu jenis burung kicauan yang banyak diminati untuk di jadikan sebagai burung peliharaan.

Di samping memiliki bentuk badan yang cukup indah dan cantik, burung lovebird juga banyak dipelihara karena mempunyai suara kicauan yang khas. oleh sebab itu, banyak sekali orang yang berusaha membudidadyakan burung cantik ini. Namun jika anda ingin menangkarkan sendiri pastinya anda juga harus mengetahui bagaimana caranya agar lovebird cepat bertelur.

Ketka burung lovebird berada di alam liar, burung ini sangat mudah sekali untuk bertelur dan juga mengeraminya. Dan hal Ini terjadi terus-menerus selama indukan betina masih produktif. Tetapi kenapa saat dalam kandang penangkaran justru burung lovebird mengalami kesulitan untuk bertelur?

Untuk itu, anda harus mengetahui bagaimana caranya agar burung lovebird cepat bertelur.
nah, berikut dibawah ini bisa anda simak agar burung lovebird peliharaan anda bisa bertelur dan memiliki banyak anakan.


Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dan Berhasil

Saat ini sudah banyak orang-orang merasa tertarik untuk memelihara sepasang burung lovebird. tentu saja karena dari pesona dan keindahan burung ini.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

1. Sediakan Glodok Atau Sarang Kotak

Sarang kotak atau biasa disebut dengan glodok adalah tempat burung lovebird untuk meletakan telur-telurnya sekaligus mengeraminya.

Oleh sebab itu, anda juga harus tetap memperhatikan beberapa ukuran glodok dan juga tata letaknya yang tepat agar burung lovebird betina bisa cepat bertelur dengan maksimal.

Glodok adalah salah satu tempat untuk kandang khusus yang seringkali dipakai dalam pemeliharaan burung lovebird. Sebab, ketika habitat aslinya, burung lovebird mempunyai sifat alami untuk membentuk sarang dan juga mengerami telur-telurnya. misalnya seperti di lubang-lubang yang ada di pohon kering. Dengan begitu, maka adanya glodok menjadi tempat khusus yang dibuat menyerupai habitat alaminya ketika di alam liar.

Rekomendasi:
√ Jenis Burung Masteran Untuk Lovebird Cepat Gacor Dan Ngekek Panjang Setiap Hari

Nah, Sebaiknya untuk ukuran glodok tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Buatlah ukuran yang pas sesuai dengan ukuran tubuh burung lovebird. sedangkan/pada Lubang pintunya juga jangan terlalu besar, tetapi harus disesuaikan dengan ukuran tubuh burung lovebird yang anda pelihara.

Biasanya untuk luas ukuran bagian ruangan dalam tidak terlalu luas dan tidak pula terlalu sempit. Selanjutnya untuk Serutan kayu yang akan digunakan di dalam kotak glodok memiliki ketebalan 2,5 cm, karena burung lovebird pada umumnya akan menyusun sarang-sarangnya kembali.

2. Pilihlah Indukan Lovebird Yang Tepat

Setelah anda mempersiapkan tempat, langkah yang selanjutnya ialah memilih indukan lovebird betina dan juga jantan, tentunya yang siap untuk dilakukan perkembangbiakan (lovebird mapan).

Dalam hal ini, yang paling sulit ialah membedakan lovebird jantan dan Lovebird betina. bagi pemula, pastinya sangat sulit bahkan memerlukan latihan khusus ketika akan membedakan jenis burung lovebird betina dan jantan.

Indukan yang berkualitas dan bagus tentu saja bisa membuat keturunannya akan memiliki prospek yang bagus. Sebaiknya anda memilih indukan yang sehat wal afiat, gerakannya aktif, nafsu makannya lahap.

Apabila anda ingin menghasilkan telur-telurnya dengan cepat, maka anda bisa memilih berupa indukan lovebird yang sudah siap dikawinkan. Dengan begitu, maka anda tidak perlu lagi menunggu lama. Indukan lovebird yang siap dikawinkan ialah memiliki usia ideal 1 tahun.

3. Penjodohan

Sebelum proses perkembangbiakan dimulai, tentunya terlebih dahulu harus dilakukan proses perjodohan. Nah, Proses ini adalah bagaimana cara anda mengenalkan indukan jantan dan betina yang sudah dipilih.

Langkahnya ialah Dekatkanlah 2 jenis burung lovebird tersebut supaya bisa lebih akrab dan juga mengenal satu sama lain. cara mudahnya ialah, Anda bisa menempatkan sangkar lovebird dalam satu ruangan tetapi harus beda kandang.

Cara ini sangat efektif, sebab suara burung lovebird betina lainnya yang sedang bertelur bisa memancing burung lovebird betina yang dalam penjodohan agar segera kawin dan juga bertelur.

selanjutnya, Anda juga bisa melakukan penjemuran indukan lovebird jantan dan betina secara bersamaan. Karena hal ini bisa mempercepat proses perjodohan-nya. Tetapi sebaiknya sebelum dilakukan proses ini anda tidak boleh mencampurkan semua burung lovebird dalam satu kandang. sebab,  dapat memicu perkelahian.

Burung lovebird ketika menyerang pada umumnya suka mematuki kaki hingga timbul kecacatan ataupun luka pada bagian kakinya.

4. Hangatkan Kandang Dengan Lampu

Lampu yang sering dipakai adalah lampu full spektrum, sebab lampu ini dipercaya dapat membantu burung lovebird untuk merasa hangat dan juga nyaman. Dengan begitu, maka burung lovebird bisa bertelur dengan cepat.

Untuk Lampu full spektrum memiliki  suhu sekitar 5500 k dan memiliki warna cahaya yang mirip dengan sinar matahari. atau jika anda bingung bisa membelinya di toko burung terdekat.

Lampu spectrum ini sangat baik untuk kesehatan dan semua jenis burung kicauan,  termasuk untuk burung lovebird. Anda bisa menempatkannya pada bagian atas kandang dan bisa mengaturnya kapan lampu tersebut akan dinyalakan. Sebaiknya lampu spectrum dimatikan pada saat malam hari supaya burung merasakan berada di alam liarnya.

5. Rutin Ganti Pakan dan Minum

Burung Lovebird betina yang tidak juga bertelur bisa disiasati dengan cara mengubah menu makanannya. sebagai Contohnya yaitu dengan memberikan makanan yang bisa memicu hormon dari burung lovebird yang betina.

Agar burung lovebird bisa lebih cepat bertelur ada beberapa makanan yang sangat disarankan ialah seperti biji kwaci, tulang sotong, kangkung dan juga tauge.

Tulang sotong ialah dibutuhkan untuk burung lovebird betina agar memiliki persediaan kalsium yang cukup yang dibutuhkan. misalnya yaitu dalam proses pembungkusan sel-sel telur dalam cangkang ataupun bahan kerabang yang ada dalam oviduct.

Untuk pemberian satu sendok kwaci ialah setiap dua kali sehari sangat bagus sekali  untuk burung lovebird yang sedang bertelur Ataupun yang belum bertelur.

Selanjutnya, untuk minumnya juga harus anda perhatikan. Sebaiknya minuman untuk burung lovebird setiap hari harus diganti dengan yang baru. Disamping itu, bersihkanlah tempat minumnya dengan cara digosok mengggunakan sikat gigi. Kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Jika sudah bersih, kemudian berikanlah minuman berupa aqua galon ataupun air pam yang sudah di masak.

6. Berikan Suplemen Tambahan Untuk Lovebird

Untuk menambah birahi pada burung lovebird, anda bisa memberikan suplemen tambahan yaitu berupa suplemen ebod breeding yang dapat menambah birahi sekaligus bisa memperbaiki kualitas telur pada indukan.

Dengan memberikan berupa suplemen ebod breeding maka bisa meningkatkan birahi pada lovebird jantan dan juga lovebird yang betina. Selain hal itu juga akan meningkatkan kualitas telurnya. kemudian, Kesehatan anakan burung lovebird yang baru menetas juga akan terjaga dengan baik setelah pemberian suplemen ini.

selain menggunakan ebod breeding, anda juga bisa menggunakan berupa suplemen BirdMature yang dipercaya bisa meningkatkan birahi burung lovebird yang jantan dan betina. Bahkan sejak awal mulai penjodohan hingga lovebird bertelur.

7. Jauhkanlah Lovebird Dari Gangguan

Ketika anda sedang melakukan ternak lovebird, sebaiknya suasana sekitar kandang harus tetap aman dan nyaman dari gangguan hewan lain ataupun aktifitas sekitar.

Adapun gangguan dari hewan lain ialah seperti tokek, kecoa, tikus, ayam, kucing, anjing, dan lain sebagainya. Apabila anda ingin memperoleh suasana lingkungan yang aman dan nyaman untuk ternak lovebird, anda harus menjauhkan dari hewan-hewan tersebut. atau dengan menyediakan ruangan khusus untuk ternak lovebird.

Dengan melakukan berbagai macam tips cara di atas, maka  tentunya anda sudah bisa menerapkan cara-cara agar lovebird bisa cepat bertelur. Dengan begitu, anda akan bisa menangkarkan burung lovebird sendiri di rumah dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Posting Komentar