√ Beragam Cara Merawat Cendet Madura Yang Baik Dan Benar Agar Rajin Bunyi

Cara Perawatan Cendet Madura
Cendet madura sudah diakui dari berbagai daerah menjadi salah satu burung yang memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh burung cendet di daerah lain. Dengan ciri khas yang dimilikinya tersebut, banyak sekali orang yang memilih cendet madura untuk dipeliharanya. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin memelihara burung cendet madura, maka anda harus mengetahui  cara merawat cendet madura yang sangat khas ini.

Diantara banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh burung cendet madura, salah satunya ialah mental yang cukup kuat. Sebab, mengingat daerah Madura merupakan kawasan pesisir yang tandus dan sumber makanannya terbatas. oleh sebab itu, sifat tempur burung cendet yang muncul sekaligus memiliki mental yang cukup kuat.

Rekomendasi:
√ Perawatan Cara Mengatasi Cendet Suka Ngeruji Agar Normal Kembali


Cara Merawat Cendet Madura Yang Baik Dan Benar
di artikel ini, saya akan berbagi tips cara merawat cendet madura agar bisa cepat gacor. Cara ini kemungkinan hampir sama dengan perawatan burung cendet yang lainnya, namun pembahasan di artikel ini akan lebih spesifik.

jika kita lihat secara garis besar, memelihara burung cendet terlebih dulu harus mengetahui sekaligus memahami apa yang menjadi karakter dan juga kebiasaannya.

Dengan demikian, maka dalam perawatan burung kicau bisa dilakukan dengan mudah dan akan lebih banyak terlihat pengaruhnya. jika hanya sekedar ikut-ikutan tips cara perawatan burung lainnya, tentu saja sebagian besar tidak sesuai.

Dipembahasan artikel suksesperawatan ini pun juga begitu, dalam artian tidak mengajarkan cara merawat burung cendet menggunakan setingan tertentu. Akan tetapi berusaha mengembalikan pada kesukaan burung seperti ketika di alam liarnya. Apa yang disukai oleh burung dan apa yang tidak disukainya, dan anda juga harus mengetahui itu. Dan tentunya hal ini pun memerlukan waktu yang tidak sebentar, sekaligus membutuhkan pengalaman untuk mempelajarinya.

Dengan demikian, maka efek yang diperolehnya akan lebih terlihat dan sesuai harapan. Daripada anda ikut-ikutan settingan cendet yang lain tetapi nyatanya tidak berhasil. Hal itu justru bisa membuat anda membuang-buang waktu. Akan lebih baiknya lagi jika anda membuat perawatan sendiri yang kemungkinan besar akan disukai oleh burung cendet madura.

1. Mandi Dan Penjemuran
Mulai dari yang sederhana dalam perawatan burung cendet madura caranya ialah perhatikan setiap kali burung mandi dan juga berjemur. Kira-kira burung cendet tersebut akan lebih suka berlama-lama mandi ataukah lama dijemur.

Apabila burung cendet tersebut lebih suka mandi daripada berlama-lama berjemur, itu artinya anda harus lebih sering untuk memandikan dan mengurangi lama penjemurannya.

2. Variasikan Jenis Makanannya
Pakan yang diberikan pada burung cendet ini harus bervariasi, mulai dari pakan voer dan juga berbagai makanan ekstra fooding lainnya. Anda bisa mencoba dengan setiap hari memberikan makanan yang berbeda. Misalnya hari ini diberikan ulat kandang, esok harinya diberikan jangkrik sekian ekor dan lusa diberikan kroto. Porsinya juga harus diubah-ubah hingga menemukan porsi yang tepat sesaui kesukaan burung cendet tersebut.

3. Dianginkan atau Dikerodong
Untuk perawatan Sangkar di kerodong, anda juga bisa mengikuti sesuai kondisi cuaca yang ada di sekitarnya. Apabila cuaca sedang dingin, anda bisa mengerodong full sangkar burung. Tetapi jika cuacanya panas dan juga gersang, maka lebih baik burung cendet madura ini dianginkan saja.

4. Pilih Masteran Untuk Cendet
Masteran juga bisa disesuaikan dengan apa yang anda inginkan, tetapi harus diperhatikan seperti apa suara isian burung tersebut. Sebaiknya ketika pemasteran jangan terlalu keras, namun bisa putar audio masteran secara pelan tapi suaranya terdengar jelas.

Apabila jika memakai burung asli akan lebih baik diperdengarkan suaranya saja terlebih dahulu. Jika burung cendet sudah ada peningkatan kinerjanya, maka anda sudah bisa mendekatkan burung masteran tersebut, atau bisa juga dengan cara menyekat dua kandang menggunakan kain kerodong.

5. Bersihkanlah Kandang Secara Rutin
Burung cendet merupakan salah satu burung yang terbiasa melihat sarangnya bersih. Itu artinya anda juga harus rutin membersihkan sangkar burung setiap hari. Sambil anda membersihkan sangkar, anda juga harus mengganti pakan dan juga tempat minum burung di dalam sangkar.

6. Tangkringan
Jika anda baru saja membeli burung cendet madura, sebaiknya beli sangkar dan tangkringan sekalian. sebab, biasanya burung sudah terbiasa dengan kondisi sangkar dan juga tangkringan yang lama.

Jika keduanya diganti dengan yang baru, biasanya burung tersebut harus beradaptasi lagi. Jika burung tidak kuat, maka akibatnya burung cendet tersebut bisa stres dan melakukan hal-hal aneh seperti salto ataupun sikap lainnya.

Cara Perawatan Burung Cendet Harian
Untuk perawatan sehari-harinya, burung cendet bisa dimandikan, Dan cara memandikannya bisa dilakukan setiap hari atau tergantung dari kebiasaan burung. Apabila saat ini burung dalam kondisi mabung, sebaiknya jangan dimandikan.

namun jika tidak dalam mabung, anda bisa memandikannya sesuai porsi waktunya. Sambil burung dimandikan, sebaiknya sangkar burung cendet juga harus dibersihkan.

Selanjutnya, Burung cendet bisa anda diberikan berupa pakan ekstra fooding sesuai dengan kebiasaannya. Misalnya ketika pagi hari diberikan jangkrik sebanyak 3 ekor dan sore harinya 3 ekor. burung Cendet juga bisa diberikan kroto ataupun ulat kandang, tetapi karena kroto sudah mulai langka, anda bisa memberikannya berupa ulat kandang.

Selanjutnya, Penjemuran untuk burung cendet madura bisa anda lakukan dalam waktu yang sebentar atau lama tergantung dari masing-masing kesukaan burung. pada saat siang hari, sangkar burung cendet tidak perlu dikerodong, namun kerodong bisa diberikan saat malam hari atau cuaca hujan dan ketika pergi lomba. Untuk hariannya ketika anda kerja, sebaiknya burung cendet madura tidak usah dikerodong. Cukup dengan diangin-anginkan saja dibagian belakang rumah ataupun bisa juga di teras.

Selanjutnya, Untuk cara pemasteran burung cendet biasa menggunakan Suara masteran burung lovebird, gereja tarung, burung cililin, tengkek buto, belalang kecek, suara jangkrik dan juga burung kenari. Jika anda sudah mengetahui seperti apa setingan untuk burung cendet madura yang tepat, sebaiknya anda lakukan perawatannya secara konsisten dan juga sabar. Jangan di gonta-ganti lagi settingannya, hal ini bertujuan agar burung cendet madura tidak stres.

Jika perlu, anda bisa memberikan asupan nutrisi seperti multivitamin, vitamin dan juga suplemen untuk burung cendet madura. Apabila anda merasa takut dengan suplemen yang mengandung bahan kimia, anda juga bisa membuatkannya berupa jamu tradisional untuk burung cendet.

Racikan Pakan Untuk Burung Cendet Madura
Agar burung cendet madura peliharaan anda rajin bunyi, sediakan racikan makanan untuk burung cendet dengan bahan-bahannya sederhana ini: sediakan tahu putih secukupnya, 2 buah tomat, 1 kg ikan berukuran sedang, 2 kg tepung jagung dan juga 2 butir telur ayam.

Cara pembuatannya ialah:
1. Pertama, sisik ikan dibersihkan terlebih dulu, kemudian digiling menggunakan mesin penggiling daging ataupun bisa juga di blender. Namun sebelumnya, sebaiknya ikan harus dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dalam menggilingnya.

2. Langkah yang selanjutnya, tahu putih dan tomat harus dipotong-potong terlebih dulu, lalu campurkan dengan daging ikan dan juga telur. Setelah itu, campurkan lagi dengan menggunakan tepung jagung.

Jika semuanya sudah tercampur rata, bahan-bahan tadi dikeringkan memakai oven selama 20-30 menit. Jangan sampai adonan tersebut gosong ataupun hangus, cukup diangkat saat terlihat kering lalu dijemur dibawah terik sinar matahari.

Jika racikan pakan untuk burung cendet sudah kering sempurna. Maka anda sudah bisa memberikannya ke burung cendet untuk pakan harian.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara merawat burung cendet madura yang tepat, maka mulai sekarang anda harus bisa memperlakukan burung cendet madura dengan baik dan benar.

Posting Komentar