√ 5 Cara Agar Telur Lovebird Menetas Semua, Tanpa "GAGAL"

Penangkar lovebird tentu akan hancur hatinya ketika melihat telur-telur Lovebird tidak menetas semua. Apalagi jika jumlah telurnya tersebut cukup banyak tapi tidak ada yang menetas satupun. Lantas, bagaimanakah cara agar telur Lovebird bisa menetas semua?

Sebelumnya, banyak peternak Lovebird yang merasa kebingungan agar Lovebird bisa cepat bertelur. Namun setelah Lovebirdnya bertelur, permasalahan lain pun muncul karena telur lovebird tidak menetas.

Anda tidak usah khawatir, para penangkar Lovebird pemula memang seringkali mendapati telur Lovebird tidak menetas semua. Hal ini sangat wajar dan bisa dijadikan sebagai pengalaman.

Rekomendasi:
√ 5 Cara Setingan Lovebird Ngekek Panjang Dengan Setetes Madu

Faktor utama yang bisa menunjang telur lovebird bisa menetas semua juga banyak penyebabnya. Tidak hanya pada kualitas telur saja, namun bisa juga dari kondisi indukan, gizi, makanan, faktor lingkungan, tingkat kebersihan sangkar, dan lain-lainnya.

lovebird paud hasil ternak

Jumlah Telur Lovebird

Biasanya ketika lovebird bertelur tidak sekaligus langsung banyak. Namun telur yang pertama dengan telur yang kedua berjarak antara 2-3 hari. Sedangkan Rata-rata telur yang akan di keluarkan Lovebird berjumlah sekitar 3-4 butir. Namun, ada juga Lovebird yang bertelur lebih dari itu, yakni 5-7 butir.

Banyaknya jumlah telur yang di keluarkan indukan memang tidak bisa dipastikan, kemungkinan penyebabnya karena faktor lingkungan, adaptasi, perawatan dan keberuntungan.

Cara Agar Telur Lovebird Menetas Semua
Nah, di artikel kni saya akan membagikan beberapa tips cara agar telur Lovebird bisa menetas semua. Paling tidak, dari empat telur, ada tiga telur yang bisa menetas. Jadi, harus diusahakan minimalnya telur menetas 75 persen.

1. Lokasikan Kandang Dan Lingkungan Menjadi Nyaman

Pada saat proses pengeraman, ciptakanlah suasana kandang dan lingkungannya menjadi nyaman untuk indukan Lovebird. Sebisa mungkin penempatan sangkarnya jangan terlalu ramai atau berisik di dekat kandang.

Jika kandang sudah nyaman, maka Lovebird betina tidak akan keluar masuk dari glodok. Dia akan fokus dan terus mengerami telur-telurnya. Mungkin indukan Lovebird akan keluar glodok hanya untuk makan dan minum saja, kemudian masuk lagi kedalam glodok untuk mengerami telur-telurnya.

2. Berika Indukan Lovebird Pakan Yang Bergizi Dan Berkualitas

Indukan burung Lovebird selalu membutuhkan pakan yang bergizi dan berkualitas. Berikanlah pakan-pakan yang bergizi sebelum proses kawin, seperti milet, canary seed, jagung, kwaci, kangkung, dan tauge.

Selain itu, berikan juga pecahan bata merah dan tulang sotong. Ada lagi yang tak kalah pentingnya yaitu minuman penyubur telur lovebird agar tidak invertil. Nama minuman ini ialah egg stimulant yang bisa diberikan 3 hari sekali. Apabila burung lovebird sudah bertelur, maka anda tidak perlu memberikan minuman tersebut.

3. Pisahkan Lovebird Jantan dari Betina

Apabila indukan Lovebird betina sedang mengerami telur-telurnya, sebaiknya Lovebird jantan dipisah terlebih dulu ke sangkar lainnya. Mengapa harus di pisah?

Alasannya ialah, karena Lovebird yang jantan ingin terus menyalurkan birahi ke Lovebird betina yang sedang mengerami telur-telurnya.

Namun, perlu Anda perhatikan saat anda akan memisahkan lovebird jantan, Lovebird betina jangan sampai terganggu.

Umumnya, Lovebird jantan yang birahinya tinggi tidak peduli dengan kondisi Lovebird betina yang sedang mengerami telur-telurnya. ia bisa langsung menyergap Lovebird betina sehingga akan mengganggu proses mengerami telurnya.

4. Perhatikan Makanan Lovebird Ketika Mengerami Telur

Pemberian Pakan ketika Lovebird mengerami telurnya justru yang standar saja, yaitu milet putih.

Mengapa milet putih saja? Alasannya ialah, karena milet putih tidak akan membuat burung menjadi birahi. Apabila gizinya dirasa kurang, Anda bisa menambahkannya dengan canary seed.

5. Jagalah Kebersihan Kandang

Ketika indukan Lovebird sedang mengerami telurnya, kandangnya juga harus tetap dibersihkan. Paling tidak, bersihkanlah kotorannya di dasar sangkar, ganti pakan minum, dan bersihkan juga sisa-sisa makanan yang jatuh di sekitar area kandang.

Kandang yang kotor bisa berpotensi menjadi timbulnya bibit penyakit. Selain itu, burung juga menjadi tidak nyaman dan sering keluar masuk glodok karena kandangnya tidak nyaman. Hal tersebut tentu menjadikan proses mengerami telur tidak sempurna.

Demikianlah tips supaya telur Lovebird bisa menetas semua. Apa saja yang bisa kita pelajari dari penbahasan kali ini?,  Tentu saja, perawatan, pakan, menjaga lingkungan agar tetap nyaman, serta menjaga kebersihan.

Burung Lovebird betina yang mengerami telurnya membutuhkan tempat yang sunyi, nyaman, dan juga bersih. Selain daripada itu, berikanlah makanan dan minuman yang bergizi dan berkualitas agar telur Lovebird menetas semua dan tidak kosong.