√ Penyebab Gagal Ternak Jalak Putih Dan Cara Mengatasinya ...

Jalak putih ialah salah satu jenis burung kicauan yang dinilai tidak mudah dalam perawatannya jika dibandingan dengan jenis burung lainnya. Untuk ternak burung jenis jalak putih juga tergolong sangat sulit, sebab banyak sekali kendalanya jika ternak jalak putih yang sering dialami oleh para peternak. Hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki keahlian khusus yang bisa memelihara dan membudidayakan burung jalak putih hingga sukses.

Burung jalak putih merupakan salah satu jenis burung yang berparas cantik dan memiliki ciri khas yang bisa dilihat dengan jelas pada tampilan fisiknya. Jalak putih juga mempunyai tubuh yang didominasi dengan warna bulu putih.

Pada bagian ujung sayap dan ujung ekornya terdapat bulu berwarna hitam. Jenis burung jalak putih ini juga sangat populer di kalangan para pecinta burung kicauan. Sebab, memiliki keindahan lain dengan bentuk badan yang sangat gagah serta pada bagian paruhnya juga cukup tajam, kuat, dan juga lurus.

Rekomendasi:
√ Cara Sukses Ternak Burung Nuri Pelangi Dan Cara Merawat Anakan-Nya ...

Pada bagian kakinya juga panjang, suaranya terdengar sangat merdu, serta burung ini sangat mampu menirukan jenis suara burung atau hewan yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, jenis burung jalak putih ini juga termasuk salah satu jenis burung yang populasinya semakin langka. Karena sudah mulai jarang terlihat keberadaannya, populasinya juga semakin hari semakin menipis. Bahkan burung jalak putih ini juga nyaris tidak berkembangbiak pada habitatnya. Oleh sebab itu, untuk menangkarkan burung jalak putih ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh jangan untuk coba-coba.


Kesulitan-Kesulitan Dalam Ternak Burung Jalak Putih

Sudah kita ketahui bersama, jika populasi burung jalak putih ini memang semakin menipis. Dengan Cara Ternak jalak putih ini maka salah satu cara untuk tetap menjaga habitatnya agar terus berkembang biak. Namun dalam hal ini tentu saja sangat dibutuhkan adanya keahlian khusus dalam menghadapi kendala ternak jalak putih.

Kendala Ternak Jalak Putih

Dalam usaha ternak burung jalak putih, ada beberapa kendala yang perlu anda ketahui ialah

1. Proses Penjodohan

Dalam proses ternak, burung jalak putih dalam proses perjodohannya memerlukan waktu yang sangat lama. bahkan proses perjodohan ini bisa memerlukan waktu minimal sekitar 3 minggu lebih.

Bahkan setelah burung jalak putih berjodoh, belum tentu burung tersebut akan melakukan kawin. Tentu saja hal Ini merupakan salah satu kendala terbesar untuk ternak burung jalak putih.

selain itu, Umumnya Jalak putih yang betina lebih cenderung agresif. Sedangkan, pada burung jalak putih yang jantan sifatnya lebih cemderung minim agresif.

Oleh sebab itu, birahi pada burung jalak putih yang betina tidak selalu direspons dengan baik oleh burung jalak putih yang jantan. Sehingga, burung jalak putih yang jantan tidak bisa membuahi telurnya. Kendala yang seperti ini bisa juga dipengaruhi oleh usia burung tersebut.

Sebaiknya, Untuk burung jalak putih yang jantan umurnya sekitar 2 tahun dan yang betina sebaiknya umur 1 tahun. dalam usia tersebut, sepasang burung jalak putih ini bisa memiliki birahi yang hampir sama serta cukup matang.

Ciri-ciri burung jalak putih yang berjodoh

untuk burung jalak putih yang sudah berjodoh yaitu sepasang burung jalak putih akan tidur berdampingan meskipun dalam sangkar yang terpisah, dan mereka akan berusaha mendekati. Jika kedua burung sudah terlihat seperti itu maka segeralah satukan dalam satu kandang. selanjutnya, anda harus perhatikan dulu selama 1 atau 2 jam. Lihatlah mereka bertengkar atau tidak. Jika mereka berjodoh tentunya mereka tidak akan bertengkar.

2. Masalah Pakan

Dalam usaha ternak burung jalak putih ini tentu saja tidak hanya memperhatikan usianya saja. Namun, untuk keberhasilan dalam ternak burung jalak ini, sebaiknya anda tetap memperhatikan jenis pakannya. Sebab, kendala ternak burung jalak putih ini salah satunya ialah pada masalah pakan-Nya.

Anda juga bisa memacu produktivitasnya, yaitu dengan cara memberikan pakan yang tepat di dalam menyeimbangkan metabolisme tubuh kedua burung jalak. oleh sebab itu, berikanlah kroto ataupun berikan serangga seperti jangkrik. Tujuannya supaya dalam proses produksinya bisa berhasil.

Untuk indukan burung jalak putih pada umumnya akan memerlukan pakan jangkrik sekitar 20 ekor. Namun, apabila terbiasa dengan kroto sebaiknya anda berikan 4 sendok kroto setiap siang hari Atau Bisa juga anda menambahkan berupa buah pisang supaya proses metabolisme dan pencernaannya bisa menjadi semakin lancar.

3. Penyesuaian Kandang

Hal lainnya yang harus anda perhatikan dalam proses ternak burung jalak putih ini ialah menyesuaikan lingkungan luar dan lingkungan di dalam kandangnya.

Dalam penyesuaian lingkungan bagian luar dan bagian dalam kandang ini sangat berpengaruh dalam kesuksesan ternak jalak putih ini. Anda bisa menyediakan berupa kandang permanen yang nyaman dan aman untuk burung.

Sebagai solusinya, anda bisa membuatkan kandang yang bersekat dan mudah untuk dijangkau. Kandang yang dibuat dengan sekat ini untuk ukurannya ialah 30 x 20 x 25 cm dan atas kandangnya tertutup. Kemudian pada bagian bawahnya terbuka, fungsinya yaitu untuk pintu indukan.

Kandang yang terisolasi juga sangat baik untuk anda coba, sebab kandang yang seperti ini bisa memberikan rasa nyaman bagi sang indukan. Terlebih lagi jika proses pengeramannya sampai dengan penetasan telur. Apabila sarang terbuka dan aktivitas di dalam kandang terpantau, tentu hal ini justru bisa menambah kegagalan.

sebaiknya setiap 10 periode peneluran, ubahlah posisi kandangnya pada sisi lain, agar induknya bisa tetap bertelur. Kemudian untuk kelangsungan hidup piyik juga tidak akan terancam. Apabila posisi kandangnya sama, telur akan mudah sekali untuk dirusak atau dibuang oleh induknya. hal Ini merupakan salah satu penyebab kegagalan penangkaran jalak putih yang paling terbesar.

Tips Cara Ternak Jalak Putih Putih Agar Berhasil

Apabila anda akan ternak jalak putih maka perhatikanlah perawatannya yang baik dan benar serta tekun dalam merawatnya. Salah satunya ialah dengan cara memandikan kedua jalak putih di setiap pagi hari di jam-jam yang sama. Setelah itu anda perlu menjemur burung jalak putih di lingkungan luar rumah yang sejuk. Usahakanlah jauh dari polusi dan jemurlah ketika sinar matahari masih redup (jangan diatas jam 9).

Berikan juga vitamin agar burung jalak putih bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain hal itu, jagalah kebersihan tubuh burung jalak serta kebersihan lingkungan kandang jalak putih. Karena jenis burung jalak putih ini juga sangat tidak menyukai dengan tempat-tempat yang keadaannya kotor.

Posting Komentar