√ Mengetahui Perbedaan Burung Ciblek Kristal Dan Semi Untuk Masteran

Suara yang dimiliki oleh burung ciblek kristal bisa digunakan untuk memaster burung murai batu, burung kacer dan jenis burung lainnya. Semakin bagus dan baik jika menggunakan burung ciblek kristal sebagai masteran burung lomba.

Sebenarnya untuk memaster burung juga bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan mp3. Untuk mendapatkannya juga hanya perlu download Mp3 masteran di berbagai sumber yang terpercaya.

Hanya saja, memaster burung dengan menggunakan burung asli tentu memberikan hasil yang lebih maksimal dan optimal. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda mengenali ciri ciri burung ciblek kristal yang bagus untuk masteran.


Perbedaan Burung Ciblek Kristal Dan Burung Ciblek Semi Untuk Masteran

Burung ciblek kristal dan ciblek semi memiliki perbedaan yang harus anda ketahui apabila akan digunakan ntuk memaster.

Kedua jenis ciblek ini memang terbilang sulit dibedakan, baik itu dari tampilan fisiknya ataupun suaranya. Hanya saja, dari kualitasnya, Burung ciblek kristal lebih unggul dan bagus jika dibandingkan dengan burung ciblek semi.

Perlu anda ketahui juga, bahwa harga burung ciblek kristal juga lebih mahal dibandingkan dengan burung ciblek semi. Meskipun terbilang mirip, tetapi ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan untuk membedakan kedua jenis burung ini.

Berikut dibawah ini ada beberapa poin yang perlu anda ketahui:

1. Kualitas Suara

Suara burung ciblek kristal sebenarnya bisa dibedakan dengan ciblek semi jika anda mencermati suara yang dikeluarkan-Nya.

Jika diperhatikan, burung ciblek kristal memiliki suara yang lebih nyaring dan keras. suara brennya juga lebih rapat daripada burung ciblek semi.

Saat ini sudah banyak penghobi burung yang beralih menggunakan burung ciblek kristal untuk memaster burung kesayangannya. Dengan menggunakan burung ciblek kristal maka pemasteran berjalan lebih optimal dan cepat.

2. Warna Bulu

Meskipun tampak mirip, namun penampilan pada burung ciblek kristal dan ciblek semi bisa dibedakan. Anda bisa perhatikan pada warna bulunya.

Burung ciblek kristal mempunyai warna bulu dada yang lebih putih bersih hingga ke bagian perutnya. Kemudian terdapat semburat warna hitam yang dominan dibagian dadanya.

Berbeda dengan warna bulu yang ada di dada burung ciblek semi. Warnanya tampak putih dengan sedikit semburat warna hitam. Kemudian ada juga sedikit warna kekuning-kuningan dibagian sekitar perutnya.

Penampilan pada kedua jenis burung ciblek ini memang tidak bisa dibedakan dari kejauhan, tetapi jika diperhatikan dari dekat, anda bisa membedakannya.

3. Mental

Perbedaan burung ciblek kristal dan ciblek semi juga bisa diketahui dari mentalnya. Burung ciblek kristal punya mental fighter yang lebih tangguh dibandingkan ciblek semi.

Karena mental fighter pada burung ciblek kristal lebih bagus, maka burung ini lebih cocok digunakan untuk masteran. Selain itu, burung ciblek kristal juga bisa dilombakan.

Dalam memeliharanya pun, pastikan anda juga memberikan perawatan yang tepat. Mulai dari pemberian pakannya, pemandian, penjemuran, kebersihan kandang, serta pengerodongan sangkar di malam hari.

Pastikan anda tidak sembarang dalam memilih burung masteran. Karena akan memengaruhi hasil nantinya. Supaya hasilnya tidak mengecewakan, sebaiknya anda pahami dulu ciri ciri burung ciblek kristal yang bagus untuk masteran.